Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Siswa SMK Yang Baru Lulus

Buat resume dan surat lamaran saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Kelulusan: sesuatu yang ditunggu - tunggu oleh semua mahasiswa. Selesai sudah masa - masa SMK Anda yang penuh canda tawa serta kesulitan. Akan tetapi, ini bukanlah akhir. Masih ada banyak tantangan yang harus Anda hadapi, dan salah satu dari tantangan tersebut adalah mencari kerja.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5.0
Dari 1 ulasan pelanggan

Melamar pekerjaan bukanlah sesuatu yang patut Anda anggap remeh. Proses seleksi para perusahaan sangat ketat, dan persaingan untuk menempati posisi yang terbuka sangat sengit. Karena itu, semua dokumen yang Anda kirim mulai dari Curriculum Vitae (CV) sampai surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan sempurna.

Kalau Anda bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja untuk lulusan SMK yang benar, Anda tidak perlu khawatir!

Kami sudah merancang panduan lengkap ini untuk mengajari Anda cara menulis surat lamaran pekerjaan lulusan SMK yang akan disukai HRD. Lalu, kami akan memberi tips – tips agar surat lamaran Anda lebih efektif serta menunjukkan pada Anda beberapa contoh surat lamaran kerja lulusan SMK yang menarik. Sebab itu, pastikan untuk membaca sampai selesai!

Daftar isi

Apa Itu Surat Lamaran Kerja?

Surat lamaran pekerjaan merupakan sebuah surat pendek yang perlu Anda buat untuk melamar pekerjaan. Dokumen ini, yang disebut cover letter dalam bahasa Inggris, biasanya dikirim bersama Curriculum vitae untuk tujuan melamar sebuah lowongan pekerjaan.

Dalam surat lamaran kerja SMK, Anda harus menjelaskan kepada HRD mengapa Anda adalah kandidat yang paling tepat untuk menempati posisi itu.

Cara Anda melakukan ini adalah dengan memperkenalkan diri secara sopan, memberitahu perusahaan tentang potensi dan kemampuan Anda, cantumkan keterampilan relevan yang Anda miliki, serta menginformasikan hal – hal lain mengenai diri Anda yang bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan.

Dokumen surat lamaran kerja terkadang bersifat opsional untuk melamar ke sejumlah perusahaan, sedangkan beberapa perusahaan lain mengharuskan Anda untuk membuatnya.

Tapi, bagaimanapun juga menulis surat lamaran pekerjaan adalah sesuatu yang sangat kami sarankan. Ini karena sebuah cover letter yang menarik akan membuat Anda lebih “menonjol” dari pelamar kerja lain, serta menunjukkan pada HRD kalau Anda serius untuk melamar.

Langkah – Langkah Menulis Surat Lamaran Kerja Fresh Graduate SMK

Berlawanan dengan pandangan umum, dokumen ini sebenarnya cukup simpel loh! Berikut ini kami akan menunjukkan kepada Anda apa saja langkah – langkah yang diperlukan untuk membuat surat lamaran kerja lulusan SMK yang efektif:

Tulis Tanggal Dan Tempat Menulis

Untuk memulai surat Anda, hal pertama yang harus Anda tulis adalah tanggal serta tempat dimana Anda menulis. Ini sebenarnya sebuah norma yang berlaku saat menulis surat jenis apapun.

Tujuan menulis komponen ini adalah untuk menginformasikan tanggal Anda menulis serta lokasi dimana Anda menulis surat tersebut kepada HRD. Sejujurnya, perusahaan tidak begitu mementingkan komponen ini, tapi tetap saja akan lebih baik jika Anda menulisnya karena akan menunjukkan kalau Anda mengetahui cara memulai surat secara formal.

Berikut adalah contoh penulisan tanggal & tempat menulis surat lamaran kerja SMK:

Jakarta, 17 Agustus 2021

Tambahkan Perihal Lamaran Serta Penerima Yang Anda Tuju

Berikutnya adalah bagian perihal dan tujuan surat. Disini, Anda harus memberitahu surat ini tentang apa dan juga cantumkan secara jelas kepada siapa Anda mengirim dokumen tersebut. Guna komponen ini adalah untuk memastikan surat lamaran kerja SMK Anda sampai kepada orang yang benar.

Ada berbagai hal yang cenderung ditemukan dalam bagian ini seperti nama orang yang dituju, nama perusahaan, dan alamat perusahaan. Berikut contoh penulisannya:

Perihal: Lamaran Kerja

Kepada Yth.
Bpk. Bima Sudarso
Kepala HRD PT Samudera Biru
Jl. Asia Afrika Kav.44 No.1, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 18340

Oh iya, kalau Anda tidak dapat mencari tahu dengan pasti siapa nama orang yang akan membaca surat lamaran Anda, menulis nama perusahaan saja sudah cukup.

Buka Surat Dengan Cara Yang Menarik

Selesai menulis perihal dan tujuan, sekarang saatnya Anda mulai menulis surat! Awal surat lamaran kerja sangat krusial bagi peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan, karena disinilah dimana Anda memberi kesan pertama pada perekrut.

Agar kesan pertama yang diberikan positif, Anda perlu memastikan untuk menyapa pembaca secara sopan serta membuka surat dengan nada antusias dan sikap profesional.

Cara menyapa yang paling baik digunakan adalah “Dengan Hormat”, tapi Anda juga bisa menggunakan sapaan bahasa Inggris “Dear Mr XYZ”. Untuk paragraf introduksi, Anda perlu menulis dari mana Anda mendapat informasi mengenai lowongan serta apa yang hendak Anda lakukan lewat surat ini (tentu saja melamar!).

Di bawah ini adalah contoh bagian sapaan dan introduksi yang betul:

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari iklan lowongan yang diunggah pada platform Jobseeker, saya mengetahui kalau PT Samudera Biru sedang membuka lowongan untuk posisi akuntan. Karena itu, saya membuat surat ini untuk melamar lowongan tersebut. Berikut ini telah saya cantumkan data diri saya secara singkat:

Jangan Lupa Mencantumkan Informasi Pribadi Dan Kontak

Sehabis membuat paragraf pembuka dan (mudah – mudahan) memberi kesan pertama yang positif, sekarang waktunya untuk menulis informasi pribadi dan kontak Anda. Fungsi menulis data diri pada surat lamaran kerja adalah untuk memperkenalkan diri lewat memberi informasi dasar, sedangkan menulis informasi kontak jelas agar HRD bisa menghubungi Anda nanti.

Suatu hal penting yang perlu Anda perhatikan saat menentukan info pribadi apa yang akan ditulis adalah posisi yang dilamar. Diluar data diri yang umum, ada beberapa profesi yang memerlukan Anda untuk mengungkapkan hal – hal spesifik. Contohnya; untuk melamar posisi pramugari, mereka biasanya akan meminta Anda untuk memberitahu berat serta tinggi badan Anda.

Alhasil, Anda perlu pikirkan baik – baik apa saja info pribadi yang mungkin diperlukan HRD untuk posisi yang Anda lamar.

Selain itu, satu lagi hal yang harus Anda ketahui adalah perbedaan antara melamar ke perusahaan lokal dan perusahaan asing. Pasalnya, saat menulis cover letter untuk melamar pekerjaan di negara atau perusahaan luar, Anda tidak perlu menulis komponen ini. Alasannya adalah perusahaan asing cenderung tidak memerlukan info pribadi yang begitu detail.

Ada beberapa hal yang perlu Anda masukan ke dalam data diri surat lamaran kerja:

  • Nama lengkap yang sesuai dengan KTP yang Anda lampirkan
  • Alamat Email
  • Nomor Telepon
  • Alamat Tempat Tinggal saat ini
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Riwayat Pendidikan
  • Status Pernikahan (opsional)

Di bawah ini adalah cara penulisan data diri pada surat lamaran kerja lulusan SMK yang benar:

Nama: Siska Widya
Jenis Kelamin: Perempuan
Tempat / Tanggal Lahir: 14 Januari 2003
Status Pernikahan: Belum Menikah
Pendidikan Terakhir: SMK Jurusan Akuntansi
Nama Sekolah: SMKN 2 Jakarta Barat
Alamat Tempat Tinggal: Jl. Setiabudi Utara No. 20, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 11730
Alamat Email: siskawidya41@gmail.com
Nomor Telepon: +62 8123456789

Tunjukkan Kelebihan Anda

Komponen yang berikut ini adalah salah satu bagian terpenting dalam surat lamaran pekerjaan Anda.

Disini Anda akan menulis semua kelebihan yang Anda miliki sebagai seorang pelamar, termasuk keterampilan, pengalaman relevan, serta potensi. Anda juga boleh menulis tentang motivasi Anda melamar serta potensi Anda sebagai calon pekerja, yang penting semua yang ditulis relevan pada lowongan itu.

Lalu bagaimana jika Anda belum memiliki pengalaman kerja profesional?

Tenang saja, memang sudah sewajarnya fresh graduate SMK memiliki minim pengalaman. Anda bisa mengganti pengalaman profesional dengan pengalaman relevan seperti mengikuti organisasi, kerja sukarelawan, atau pengalaman magang. Lalu, Anda juga bisa menutupi kurangnya pengalaman dengan menulis lebih banyak keterampilan.

Berikut adalah sejumlah keterampilan yang sering dicantumkan oleh para lulusan SMK:

  • Kepemimpinan
  • Manajemen waktu
  • Multitasking
  • Keterampilan komputer (Word, Excel, dan lain – lain)
  • Teliti
  • Skill komunikasi
  • Dapat bekerja dalam tim
  • Dan lain – lain

Pastinya, skill yang Anda tulis harus sesuai ya dengan posisi yang dilamar. Kalau tidak keterampilan yang dicantumkan tidak akan membantu lamaran Anda. Ada baiknya juga Anda menulis skill dalam bentuk kalimat, dan hanya tulis sekitar 3 skill yang paling utama. Untuk skill lainnya, bisa Anda tulis pada Curriculum vitae.

Di bawah ini adalah contoh bagian kualifikasi yang bagus:

Saya merupakan lulusan SMKN 2 Jakarta Barat tahun 2021 yang dalam kondisi sehat rohani dan jasmani. Sejak muda, saya sayang tertarik pada bidang keuangan dan akuntansi. Itu adalah alasan mengapa saya akhirnya menjabat sebagai bendahara OSIS sekolah untuk tahun 2019 – 2021. Sebagai seseorang yang teliti, mahir menggunakan komputer, dan mengetahui secara mendalam mengenai prosedur akuntansi, saya ingin berprofesi sebagai seorang akuntansi dan memulai karir saya di perusahaan Bapak / Ibu.

Tambah Juga Daftar Lampiran

Diluar surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup, ternyata masih banyak lagi loh dokumen lain yang diperlukan untuk melamar kerja. Anda perlu lampirkan berkas dukungan agar lamaran Anda lebih jitu.

Apa saja dokumen yang diperlukan biasanya tercantum pada iklan lowongan. Namun jika tidak, Anda bisa menghubungi HRD secara langsung dan tanya apa saja dokumen yang mereka butuhkan.

Setelah melampirkan dokumen – dokumen itu, Anda perlu membuat daftar dalam surat lamaran kerja. Berikut adalah contoh daftar dokumen pelengkap pada surat lamaran kerja SMK:

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan sudah dokumen – dokumen berikut:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah
  • Pas foto terbaru
  • SKCK
  • Fotokopi Ijazah SMK
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Fotokopi Sertifikat Pelatihan Akuntansi Online

Tutup Dengan Baik Dan Beri Tanda Tangan

Nah, akhirnya kita sampai juga pada akhir surat Anda. Untuk bagian terakhir ini, Anda akan menutup surat dan memberi tanda tangan. Cara menutup surat harus sopan dan formal. Jangan lupa juga untuk memberi terima kasih pada perekrut atas waktunya. Anda juga bisa beritahu harapan Anda untuk masuk ke tahap interview.

Berikut ini contoh paragraf penutup yang baik:

Demikian surat lamaran saya yang telah ditulis dengan sebenar – benarnya. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan waktu yang Bapak / Ibu luangkan untuk membaca surat ini. Kedepannya saya berharap bisa bertemu Bapak / Ibu secara langsung untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai lamaran saya.

Hormat Saya,
Siska Widya

5 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA / SMK

Masih belum puas dengan surat lamaran kerja Anda? Yok ikuti tips – tips berikut ini agar cover letter kamu menjadi lebih bagus!

Lakukan Research Terlebih Dahulu

Sebelum mulai menulis surat lamaran kerja, ada baiknya Anda melakukan research terlebih dahulu.

Baca iklan lowongan dengan seksama, pelajari deskripsi tugas dan persyaratan dengan baik, dan usahakan juga untuk menemukan nama dan jabatan orang yang akan membaca surat Anda. Dengan begini, Anda bisa melakukan proses penulisan surat lamaran dan tahap interview dengan lebih lancar

Surat Lamaran Kerja Harus Singkat, Padat, Jelas

Apakah Anda tahu kalau seorang perekrut bisa membaca puluhan atau bahkan sampai ratusan lamaran tiap harinya? Karena itu, mereka seringkali membaca surat lamaran kerja dengan cepat. Bahkan jika sebuah surat lamaran terlalu panjang mereka bisa saja diskualifikasi langsung tanpa membacanya!

Oleh karena itu, pastikan kalau surat lamaran Anda singkat, padat, dan jelas. Masukkan saja informasi terpenting, dan pastikan dokumen tidak melebihi 1 halaman A4.

Lampirkan Juga Daftar Riwayat Hidup Bersama Cover Letter

Ada sebuah dokumen, yang bersama dengan surat lamaran, termasuk sebagai 2 dokumen terpenting untuk melamar kerja. Dokumen ini tentu saja adalah Curriculum Vitae. Pastikan Anda tidak lupa untuk melampirkan dokumen ini bersama cover letter ya!

Untuk melihat contoh cv lulusan SMA yang profesional, silahkan bisa klik di sini.

Jangan Bohong, Jangan Melebih – Lebihkan

Memberi informasi palsu atau yang tidak sepenuhnya benar adalah hal yang sangat berbahaya. Ya, mungkin surat lamaran Anda bisa terlihat lebih bagus. Tapi bagaimana jika HRD tahu kalau Anda berbohong? Anda pasti akan ditolak untuk lowongan tersebut, dan bahkan Anda mungkin saja di-blacklist dari industri tersebut. Jadi agar aman, lebih baik Anda sepenuhnya jujur!

Cek Kembali Sebelum Mengirim

Selesai menulis surat lamaran kerja SMK Anda, sekarang Anda perlu mengecek kembali. Pastikan semua informasi sudah tertulis dengan benar dan jelas, lalu cek juga jika ada kesalahan tulis atau tidak. Penulisan harus sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) ya!

Anda bisa melakukan pengecekan akhir sendiri atau minta bantuan teman. Satu lagi cara yang bisa Anda gunakan adalah dengan memakai software pengecek tata bahasa dan tata ejaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMK

Untuk membantu Anda menulis surat lamaran Anda, berikut adalah sebuah contoh surat lamaran kerja SMK yang bisa Anda gunakan sebagai referensi selama menulis:

Contoh Surat Lamaran Kerja Lulusan SMA Yang Menarik

Jakarta, 17 Agustus 2021

Perihal: Lamaran Kerja

Kepada Yth.
Bpk. Bima Sudarso
Kepala HRD PT Samudera Biru
Jl. Asia Afrika Kav.44 No.1, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 18340

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari iklan lowongan yang diunggah pada platform Jobseeker, saya mengetahui kalau PT Samudera Biru sedang membuka lowongan untuk posisi akuntan. Karena itu, saya membuat surat ini untuk melamar lowongan tersebut. Berikut ini telah saya cantumkan data diri saya secara singkat:

Nama: Siska Widya
Jenis Kelamin: Perempuan
Tempat / Tanggal Lahir: 14 Januari 2003
Status Pernikahan: Belum Menikah
Pendidikan Terakhir: SMK Jurusan Akuntansi
Nama Sekolah: SMKN 2 Jakarta Barat
Alamat Tempat Tinggal: Jl. Setiabudi Utara No. 20, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, 11730
Alamat Email: siskawidya41@gmail.com
Nomor Telepon: +62 8123456789

Saya merupakan lulusan SMKN 2 Jakarta Barat tahun 2021 yang dalam kondisi sehat rohani dan jasmani. Sejak muda, saya sayang tertarik pada bidang keuangan dan akuntansi. Itu adalah alasan mengapa saya akhirnya menjabat sebagai bendahara OSIS sekolah untuk tahun 2019 – 2021.

Sebagai seseorang yang teliti, mahir menggunakan komputer, dan mengetahui secara mendalam mengenai prosedur akuntansi, saya ingin berprofesi sebagai seorang akuntansi dan memulai karir saya di perusahaan Bapak / Ibu.

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan sudah dokumen – dokumen berikut:

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah
  • Pas foto terbaru
  • SKCK
  • Fotokopi Ijazah SMK
  • Curriculum Vitae (CV)
  • Fotokopi Transkrip Nilai
  • Fotokopi Sertifikat Pelatihan Akuntansi Online

Demikian surat lamaran saya yang telah ditulis dengan sebenar – benarnya. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas perhatian dan waktu yang Bapak / Ibu luangkan untuk membaca surat ini. Kedepannya saya berharap bisa bertemu Bapak / Ibu secara langsung untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai lamaran saya.

Hormat Saya,
Siska Widya

Penutup

Demikian sudah panduan kami untuk menulis surat lamaran kerja siswa SMK. Iya, memang banyak hal yang perlu diperhatikan saat membuat dokumen ini. Tapi kalau Anda sudah membaca seluruh artikel dengan seksama, maka kami yakin Anda bisa membuat surat lamaran yang menarik dengan mudah. Jika Anda juga ingin membuat resume untuk melamar kerja, Anda boleh klik tombol ini.