Contoh Resume Analis Bisnis

Sebagai seorang Analis Bisnis, anda merupakan seorang profesional yang membantu perusahaan meningkatkan laba dan tingkat pertumbuhan mereka. Anda paham bagaimana menyajikan temuan analitis kepada rekan kerja anda secara tepat dan bekerja dengan berbagai jenis data.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan
Meskipun persyaratan posisi bisnis melibatkan berbagai keahlian, menulis resume Analis Bisnis yang baik mungkin bukanlah salah satunya. Untungnya, anda tidak perlu khawatir. Tim kami di sini untuk membantu memandu anda melalui proses penulisan resume Analis Bisnis yang baik.

Artikel kami akan mengajarkan anda cara membuat surat lamaran yang efektif dengan bantuan contoh resume Analis Bisnis. Kami menjamin bahwa tip dan contoh kami akan memberi anda lebih banyak kesempatan wawancara.

Misi kami yaitu membantu perekrut melihat nilai yang dapat anda beri ke perusahaan mereka.

Apa yang Harus Dimasukkan Dalam Resume Analis Bisnis

Analis Bisnis

Sebagian besar dari kita semua harus melalui proses melamar kerja setidaknya sekali dalam karir kita. Awalnya mungkin tampak sedikit menantang, tetapi ada beberapa cara untuk mempercepat prosesnya. Contoh resume Analis Bisnis kami ada di sini untuk membantu.

Sebagai seorang Analis Bisnis, saya memahami berbagai macam kewajiban yang terkait dengan jenis pekerjaan ini. Anda mungkin mencoba membuat visualisasi data excel suatu ketika dan mengatur kumpulan data di SQL pada hari berikutnya. Memuat semua pengalaman anda yang bersangkutan di atas selembar kertas bisa jadi rumit dengan begitu banyaknya hal yang terjadi. Anda perlu menunjukkan kepada perusahaan bahwa anda dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan mereka.

Mengetahui cara menulis resume yang baik dan komprehensif adalah cara terbaik untuk menarik perhatian perekrut pada keahlian anda. Ini berlaku untuk posisi Analis Bisnis pemula dan senior.

Lamaran anda harus benar-benar terformat; meliputi bagian pendidikan, rangkuman, dan pengalaman dan juga harus menunjukkan keahlian anda. Ada banyak unsur yang perlu dipertimbangkan saat menulis resume Analis Bisnis. 

 Resume yang baik akan membuat anda lebih cepat dipekerjakan dan meningkatkan peluang mendapatkan tawaran pekerjaan dari pekerjaan Analis Bisnis yang anda impikan. 

Berikut adalah tiga faktor utama yang perlu dipertimbangkan untuk membantu membuat resume Analis Bisnis menonjol:

  • Anda harus menjelaskan keahlian dan pencapaian anda menggunakan susunan kata yang sesuai dengan pekerjaan. Perusahaan menggunakan filter kata kunci otomatis untuk menggolongkan pelamar dengan cepat. Perusahaan yang sudah terkenal dapat menerima ratusan lamaran setiap harinya. Untuk membuat prosesnya lebih efisien, HRD atau divisi SDM menggunakan program untuk menemukan resume dengan kata kunci yang paling sesuai.
  • Sangat penting untuk memformat resume anda. Menyusun lamaran anda menjadi beberapa bagian akan membuatnya lebih mudah dipahami, mudah dibaca, dan terlihat lebih profesional. Cobalah untuk menyimpan semua informasi pada satu halaman;  lebih baik jika teks bersifat informatif dan singkat.
  • Bangun ketertarikan pembaca dengan mendeskripsikan secara efektif pengalaman kerja anda sebelumnya. Beri tahu pembaca bagaimana anda memberi keuntungan kepada atasan anda sebelumnya melalui tanggung jawab yang anda pegang. Buat pekekrut melihat nilai anda dari pengalaman anda.

Rangkuman Resume Analis Bisnis

Perusahaan menerima banyak resume dari orang-orang yang mencoba menempati posisi Analis Bisnis yang tersedia. Kita dapat berasumsi bahwa pihak perekrut tidak membaca setiap resume secara menyeluruh. Menurut sebuah studi baru, perekrut hanya menghabiskan 6 detik untuk setiap resume.

Tip profesional untuk memperkenalkan diri anda secara cepat dan efisien kepada pembaca adalah dengan menulis paragraf pembuka, yang juga dikenal sebagai rangkuman.

Bagian ini berada di atas resume anda, di bawah informasi kontak anda dan bisa hanya terdiri dari beberapa kalimat saja.

Anda harus menunjukkan keterampilan dan pencapaian sembari menunjukkan nilai yang dapat anda bawa ke perusahaan. Bayangkan saja anda sedang melakukan promosi penjualan. 

Bagian rangkuman sangat penting untuk resume Analis Bisnis anda, karena dapat memberi efek positif yang kuat pada ketertarikan dan keputusan perekrut untuk mempekerjakan anda. Cobalah untuk menyesuaikan dengan tujuan karir anda juga.

Contoh rangkuman yang Efektif

Rangkuman

Analis Sistem Bisnis dengan pengalaman lima tahun di sektor perbankan dan teknologi informasi. Pencapaian yang paling menonjol termasuk meningkatkan pendapatan kampanye kartu kredit tahunan sebesar 15% dengan mengoptimalkan database klien SQL. Memiliki Analisis Data Analis Bisnis, berkeinginan untuk dapat menerapkan keahlian analisis saya untuk meningkatkan bisnis di Bank Rakyat.

Ini adalah rangkuman resume Analis Bisnis yang solid. Di dalamnya menyajikan pencapaian dan metrik masa lalu anda yang menunjukkan bagaimana anda memberi manfaat bagi perusahaan anda sebelumnya. Rangkuman menyebutkan keterlibatan dalam tim proyek dengan berpartisipasi dalam proyek optimasi bisnis.

Selain itu, ini secara singkat menyinggung perihal pendidikan dan tujuan anda untuk mendaftar ke bank. Semakin lengkap dan pendek paragraf pembuka anda, semakin terlihat  efektif paragraf tersebut.

Menulis rangkuman profesional bisa jadi sulit, pastikan untuk tidak membuatnya terlalu pendek atau ambigu. 

Contoh rangkuman yang kurang efektif

Rangkuman 

Analis data bisnis dengan pengalaman bertahun-tahun dalam menganalisis pelaksanaan bisnis perusahaan dan mengembangkan strategi untuk menghemat uang pada aset. 

Ini adalah contoh rangkuman resume Analis Bisnis yang kurang baik. Tidak ada substansi atau informasi berharga yang ditemukan di sini. Perekrut tidak akan dapat memahami di mana anda bekerja atau apa saja hal spesifik untuk peran Analis Bisnis. rangkumannya tidak banyak menjelaskan, dan terlalu ambigu.

Selalu pastikan bahwa rangkuman profesional anda dapat dimengerti dan menampilkan citra yang berwawasan dan luas tentang anda sebagai Analis Bisnis.

Bagian Pengalaman Kerja di Resume Analis Bisnis

Setelah anda selesai dengan rangkuman profesional, sekarang saatnya untuk mulai menangani bagian paling penting dari resume anda – bagian pengalaman. Di sinilah anda menjelaskan pengalaman dan pencapaian kerja anda yang bersangkutan di masa lalu secara terperinci dan mudah dimengerti.

Bagian pengalaman adalah dimana perekrut dapat mengetahui lebih lanjut tentang anda dan kelayakan anda untuk posisi tersebut. Bahkan resume Analis Bisnis tingkat pemula membutuhkan bagian pengalaman yang jelas dan menyentuh.

Jika anda memulai sebagai Analis Bisnis dan tidak pernah mengisi peranan itu, jangan khawatir; anda dapat memasukkan pengalaman kerja sebelumnya dari pekerjaan yang berbeda. Anda dapat menunjukkan keterampilan yang anda pelajari dan manfaatkan  dari pekerjaan sebelumnya yang masih bersangkutan dengan Analis Bisnis.

Misalnya, jika sebelumnya anda pernah bekerja sebagai akuntan, anda dapat menunjukkan penggunaan keahlian yang dibutuhkan di kedua bidang pekerjaan. Kedua pekerjaan tersebut mengharuskan anda untuk menjadi analitis dan menggunakan ilmu organisasi data. 

Lihat template resume Analis Bisnis kami serta template surat lamaran, untuk lebih memahami pemformatan yang diperlukan.

Kami di sini untuk membantu anda menulis dan memformat bagian pengalaman terbaik dengan mengikuti tip berikut:

Temukan keseimbangan antara istilah awam dan jargon industri

Temukan keseimbangan antara istilah awam dan jargon industri

Menulis resume sempurna dengan menggambarkan pengalaman kerja anda adalah hal yang menantang. Namun, menyampaikan maksud anda sangat penting pada bagian lamaran anda.

Anda harus dapat menggunakan kata-kata yang umum di samping istilah bisnis dengan baik. Perpaduan lugas namun meliputi banyak hal dari berbagai kata kunci terkait bisnis dapat langsung menarik perhatian perekrut. Penggunaan bahasa gaul juga harus diperhatikan agar tidak berlebihan.

Tip pro adalah menelaah bidang Analis Bisnis serta perusahaan tempat anda melamar, sebelum menulis bagian pengalaman. Memahami jargon dan kata kunci khusus bisnis dapat membedakan anda dari para pesaing.

Beberapa perusahaan menggunakan program pemindaian kata untuk kata kunci; departemen SDM lainnya mungkin membaca lamaran setiap hari. Pastikan pengalaman anda jelas dan mudah dibaca serta berisi istilah khusus industri di sepanjang kalimat.

Tunjukkan keserbagunaan dan keahlian anda

Pekerjaan seorang Analis atau Konsultan Bisnis melibatkan berbagai macam tanggung jawab. Tugas kerja Analis Bisnis berbeda-beda di setiap perusahaan dan sektor pekerjaan.

Seorang konsultan bisnis keuangan akan diberi tanggung jawab yang berbeda dari yang bekerja di sektor perawatan kesehatan. Ini seharusnya tidak menghentikan anda untuk mencoba membuat cabang ke industri yang berbeda.

Sebagai seorang Analis Bisnis, keterampilan yang anda peroleh di satu posisi masih dapat berguna di perusahaan lain yang menjalankan jenis bisnis yang berbeda. Analis bisnis TI (teknologi informasi) memiliki keterampilan sama yang dapat digunakan di sektor ritail. 

Anda harus menyajikan keterampilan dan pengetahuan yang dapat ditafsirkan ke dalam peran Analis Bisnis yang berbeda. Berikut adalah beberapa keterampilan yang akan diperhatikan oleh setiap perusahaan:

  • Analisis statistik dan prediksi
  • Membuat laporan rinci yang menguraikan kinerja, tujuan, sumber daya, dan kesenjangan kinerja perusahaan saat ini
  • Menganalisis tren pasar dan mengungkap peluang untuk pertumbuhan
  • Membangun visualisasi data statistik melalui data perusahaan
  • Analisis bisnis

Tunjukkan nilai anda

Ketika berbicara tentang peran seorang Analis Bisnis, menggambarkan pengalaman dan peran Analis Bisnis anda dalam beberapa kalimat dapat menjadi tantangan. Itulah mengapa anda perlu fokus untuk menunjukkan pencapaian anda di bagian pengalaman anda, secara verbal dan numerik.

Perusahaan mencari kandidat yang akan menguntungkan mereka dan memiliki efek positif pada keuangan dan efisiensi bisnis. anda dapat membangun nilai untuk diri anda sendiri dengan menunjukkan perolehan. Lihat template CV kami untuk lebih banyak sampel resume.

Berikut adalah beberapa contoh hasil sebelumnya yang dapat anda tunjukkan kepada perekrut:

  • Meningkatkan penjualan bersih untuk kampanye pemasaran kartu kredit liburan sebesar 15%
  • Penurunan pengembalian dana toko pelanggan sebesar 10%
  • Mengoptimalkan database klien melalui skrip SQL
  • Meningkatkan efisiensi proses bisnis tim melalui penerapan strategi pengoptimalan

Contoh pengalaman resume Analis Bisnis yang efektif

Seperti yang kita ketahui, bagian pengalaman adalah bagian terpenting dari resume. Menyampaikan pengalaman dan prestasi anda dari pekerjaan sebelumnya adalah hal yang diperlukan.

Cara terbaik untuk menulis bagian pengalaman adalah dengan menggunakan kata kunci dengan sedikit jargon bisnis, menunjukkan keahlian dan pencapaian anda, serta menunjukkan nilai anda sebagai seorang karyawan.

Berikut adalah contoh pengalaman kerja Analis Bisnis yang efektif:

PENGALAMAN

Analis Bisnis
Bank Rakyat
06/2015 – 11/2018
Jakarta, Indonesia

  • Proses pengumpulan data yang disempurnakan untuk database SQL perusahaan, meningkatkan efisiensi tim analitik sebesar 15% dan mengurangi kesalahan katalog.
  • Peningkatan portal pelanggan Internet Banking – meningkatkan pengguna baru sebesar 12%.
  • Melakukan proyek organisasi database Excel untuk departemen pemasaran.
  • Meningkatkan proyeksi tingkat aktivasi kartu kredit visa sebesar 7% untuk kampanye pemasaran.

Contoh pengalaman resume Analis Bisnis yang kurang efektif

Saat anda memperbaiki bagian pengalaman untuk sebuah lamaran, sangatlah memungkinkan untuk memberikan informasi yang terlalu sedikit. Anda harus memastikan bahwa tulisan anda lugas dan menjelaskan pekerjaan masa lalu dan proses bisnis anda dengan cara yang menjual.

Berikut adalah contoh yang salah dalam penulisan pengalaman kerja anda sebelumnya:

PENGALAMAN

Analis Bisnis
Bank Rakyat
06/2015 – 11/2018
Jakarta, Indonesia

  • Memperbaiki proses pengumpulan data database perusahaan dan proses bisnis lainnya.
  • Portal Internet Banking yang meningkat.
  • Meningkatkan penggunaan kartu kredit melalui kampanye pemasaran perusahaan.

Bagaimana menulis bagian pendidikan

Bagian pendidikan adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kualifikasi anda di mata perekrut. Di atas bagian pengalaman, menjelaskan pendidikan dan kelas terkait pekerjaan anda dapat meningkatkan minat perekrut dalam resume anda.

Jika anda berada di posisi senior dan sudah memiliki pengalaman beberapa tahun, buatlah bagian pendidikan anda sangat singkat. Jika anda seorang Analis Bisnis tingkat pemula, sertakan kelas bersangkutan yang anda ambil di sekolah yang membuat anda memenuhi syarat untuk peran tersebut. 

Contoh Bagian Pendidikan

Ini adalah contoh bagian pendidikan pelamar tingkat awal yang benar.

Pendidikan

Sarjana Ilmu Ekonomi
Universitas Jakarta
2015 – 2019

  • Mata kuliah yang relevan: Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan, Menganalisis dan Mengelola

Informasi, Ekonometrika, Ekonomi Mikro Empiris, Ekonomi Makro,

Ekonomi Mikro / Teori Permainan, Ekonomi Internasional dan Pembangunan

  • IPK: 3.78

Penting untuk dicatat bahwa pelamar Analis Bisnis yang berpengalaman tidak perlu menyertakan kursus yang relevan. Berikan nama sekolah anda, gelar yang anda peroleh, dan jurusan anda.

Gunakan keahlian Terbaik anda pada Resume Analis Bisnis

Secara umum, meskipun rentang tanggung jawab dapat bervariasi di berbagai perusahaan, keahlian Analis Bisnis tetaplah serupa. Sebagai seorang analis, anda perlu mengetahui cara bekerja dengan kumpulan data besar dan mengaturnya menggunakan program perselisihan data.

Alat pelaporan yang dibutuhkan Analis Bisnis saat ini sudah terkenal. Program analis data seperti SQL, Excel, dan Power BI, harus menjadi bagian dari persenjataan anda karena pengetahuan ini diperlukan di semua bidang dalam profesi.

Di atas pengetahuan anda tentang program terkait, anda juga harus menyesuaikan dengan pengetahuan tentang analisis statistik.

Berikut daftar keterampilan yang harus anda sertakan dalam resume Analis Bisnis:

  • SQL (MySQL, PostgreSQL, SQLite, SQL Server)
  • Microsoft Excel
  • Powerpoint, Google Slide
  • Tableau, Power BI
  • R, Python
  • Analisis regresi linier, pengujian A/B
  • Tim bisnis terkemuka

Tip Tambahan untuk Membuat Resume Analis Bisnis yang baik

Setelah anda memiliki resume yang lengkap, sekarang saatnya untuk melamar posisi yang berbeda. Namun, jika anda berpikir untuk membawa proses lamaran anda ke tingkat selanjutnya, anda harus mendapatkan beberapa sertifikasi.

Meskipun sertifikasi membutuhkan biaya, anda akan dapat memasangkannya dengan resume anda. Ini akan memberi pesan yang kuat kepada perekrut bahwa anda mengetahui aturan bisnis.

Sertifikasi akan membantu anda mencapai pekerjaan impian anda lebih cepat. Berikut adalah daftar sertifikasi Analis Bisnis kami yang bermanfaat:

  • Programmer Java SE8 Bersertifikat
  • Sertifikat Kemampuan dalam Analisis Bisnis (CCBA)
  • Profesional dalam Analisis Bisnis (PMI-PBA)
  • Profesional Analisis Bisnis Bersertifikat (CBAP)

Poin Penting

  • Analis bisnis harus memiliki beragam keterampilan dan pengetahuan, jadi jangan takut untuk memasukkan banyak keterampilan terkait dalam resume anda.
  • Meskipun anda baru memulai, anda harus menyertakan pengalaman kerja dari pekerjaan lain yang harus menggunakan analitik.
  • Jelaskan bagaimana pencapaian anda bermanfaat bagi perusahaan anda sebelumnya; melakukan hal itu akan menciptakan ketertarikan terhadap resume anda dan frekuensi tawaran pekerjaan akan meningkat.

FAQ

  • Seberapa panjang resume Analis Bisnis seharusnya?

anda harus mempertahankan format dalam satu halaman. Jika lebih dari satu halaman, perekrut kemungkinan hanya akan membacanya sekilas, ini akan mengurangi peluang anda untuk diterima. Lihat contoh resume Analis Bisnis kami.

  • Haruskah saya memasukkan proyek dalam resume Analis Bisnis?

Ya, deskripsi proyek anda harus dimasukkan dalam bagian pengalaman resume anda. Jelaskan keterlibatan anda dalam proyek dan apa yang anda capai dalam bentuk poin-poin. Lihat contoh resume Analis Bisnis kami.

  • Apa yang dicari manajer perekrutan dalam resume Analis Bisnis?

Banyak pihak perekrut menggunakan program pemindaian kata. Anda harus memasukkan kata kunci dan istilah terkait bisnis untuk menarik perhatian perekrut. Pastikan untuk tidak terlalu sering menggunakan jenis bahasa ini dalam resume Analis Bisnis anda. Lihat lebih banyak contoh dalam contoh resume kami.