Contoh Resume Keamanan

Petugas Keamanan berpatroli dan memantau tempat untuk mencegah pencurian, kekerasan, atau pelanggaran aturan. Ini adalah pekerjaan yang berbahaya, itulah sebabnya potensi pekerjaan tinggi. Namun, persaingan untuk pekerjaan keamanan juga cukup ketat. Menurut biro statistik tenaga kerja, pada Mei 2020, upah tahunan rata-rata seorang Petugas Keamanan adalah $ 34.360 dengan hanya 1.054.400 yang bekerja di industri secara nasional.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Karena kenyataan bahwa tenaga kerja di pasar keamanan sangat kompetitif, anda memerlukan resume Petugas Keamanan yang efektif untuk menonjol.

Untungnya, kami di sini untuk membantu anda menulis resume keamanan terbaik dengan bantuan contoh resume keamanan kami dan tip.

Cara Menulis Resume Keamanan? Bagaimana Menulis Resume Keamanan?

Industri keamanan sangat ketat dalam persaingan. Seorang profesional keamanan harus memiliki keterampilan dan pengalaman untuk melindungi properti pribadi tetapi mungkin tidak tahu cara menulis resume Petugas Keamanan.

Panduan kami untuk menulis aplikasi yang kuat akan memastikan kesuksesan pekerjaan anda.

Di atas contoh resume Petugas Keamanan kami, artikel ini akan menunjukkan kepada anda informasi langkah demi langkah yang diperlukan untuk membuat resume yang kuat.

Ketika datang ke aplikasi keamanan, anda perlu menyertakan beberapa bagian. Bagian ini berfungsi sebagai cara untuk menggambarkan pengalaman kerja, tujuan karir, dan pencapaian anda sebelumnya.

 Memastikan bahwa semua bagian resume ditulis dengan baik sangat penting untuk mendapatkan perhatian calon pemberi kerja dan melompat di depan kandidat lainnya. 

Template resume keamanan yang kuat harus berisi bagian berikut:

  • Info kontak
  • Objektif
  • Pengalaman
  • Keterampilan
  • pendidikan
Artikel ini akan menunjukkan kepada anda cara menulis dan menyempurnakan resume Petugas Keamanan, dari atas ke bawah. Jika anda tertarik untuk melihat contoh resume Petugas Keamanan yang efektif, kunjungi situs web kami.

Tulis Tujuan Resume Terbaik

Aman untuk mengasumsikan bahwa manajer perekrutan di sektor keamanan menerima banyak aplikasi setiap hari. Perekrut sibuk dan kemungkinan besar tidak akan punya waktu untuk membaca semua resume yang dikirimkan kepada mereka.

Cara yang baik untuk menonjol dari kerumunan kandidat adalah dengan menulis tujuan resume.

Jika menurut anda tujuan resume tidak cocok untuk aplikasi anda, anda dapat menulis rangkuman sebagai gantinya.

Bagian tujuan resume berada di bagian atas resume anda dan merupakan cara yang kuat untuk menarik perhatian manajer perekrutan. Seharusnya hanya beberapa kalimat.

Anda perlu membicarakan tujuan karir, pencapaian, dan keterampilan anda secara langsung, tepat, dan kompak.

Bayangkan bahwa ini adalah promosi penjualan anda kepada majikan tentang mengapa mereka harus mempekerjakan anda; anda membuat pernyataan tentang bagaimana anda dapat menguntungkan perusahaan melalui keterampilan dan keahlian anda.

Lihat contoh objektif resume yang efektif dan tidak efektif di bawah ini. Anda dapat melihat contoh resume Petugas Keamanan yang lebih luas di situs web kami.

Contoh Tujuan Resume Petugas Keamanan

Petugas Keamanan tidak bersenjata yang berusaha menerapkan keterampilan layanan pelanggan dan pencegahan pencurian di perusahaan. Memberikan layanan keamanan di XYZ Festival, di mana sejumlah interaksi tegang para penonton diredakan. Memperoleh pelatihan keamanan di program pelatihan penegakan hukum.
Pekerja keras siap memberikan layanan keamanan bagi Perusahaan. Seorang aktif yang ingin menjalani pelatihan keamanan di perusahaan anda. Memecahkan sejumlah situasi darurat.

Apa Format Terbaik Untuk Resume Keamanan?

Ada banyak faktor yang dapat membuat atau menghancurkan aplikasi anda. Memiliki aliran logis ke konten dalam resume anda adalah cara yang baik untuk mendapatkan perhatian manajer perekrutan. Salah satu elemen terpenting untuk membuat aplikasi yang sukses adalah memilih format resume yang benar.

Memastikan bahwa setiap bagian ditulis dengan benar dengan tata letak yang sesuai sangat penting, terutama untuk bagian deskripsi pekerjaan. Banyak profesional keamanan gagal menyadari hal ini.

Sebagian besar aplikasi Petugas Keamanan yang dikirim ke perusahaan perekrutan cenderung hanya menyatakan pengalaman kerja dan keterampilan terkait pekerjaan para kandidat; ini adalah pendekatan yang tidak efektif dan akan membahayakan peluang kerja anda.

Cara yang baik untuk mendapatkan minat majikan adalah dengan menggunakan format kronologis terbalik untuk resume anda. Pada dasarnya, anda harus mengutamakan pengalaman kerja terbaru anda, di bagian deskripsi pekerjaan. Dengan cara ini alur bagian pengalaman resume anda akan logis.

Pekerjaan anda dengan format resume tidak perlu diakhiri dengan pemformatan kronologis terbalik. Menggunakan template resume yang menarik dapat menjadi faktor penentu dalam mendapatkan pekerjaan. Untuk lebih banyak ide template dan format, lihat contoh resume kami.

Bagaimana Menulis Deskripsi Pekerjaan dan Tugas dalam Resume Keamanan?

Menjadi satpam itu sulit karena menarik. Pekerjaan anda sebagai seorang profesional yang bertugas melindungi aset perusahaan baik siang maupun malam. Anda menjalani pelatihan yang diperlukan untuk dapat menangani ancaman, baik fisik maupun verbal.

Aman untuk mengatakan bahwa selama anda bekerja sebagai profesional keamanan, anda telah mengumpulkan beberapa pengalaman di sepanjang jalan. Cara yang baik untuk menunjukkan hal ini kepada atasan adalah dengan meletakkan pengalaman dan pencapaian pekerjaan masa lalu ini di bagian deskripsi pekerjaan di resume anda.

Bagian deskripsi pekerjaan, juga dikenal sebagai bagian riwayat pekerjaan yang relevan dari aplikasi anda harus berbicara tentang pekerjaan anda sebelumnya. Sama seperti semua bagian lain dari resume keamanan anda, bagian ini perlu ditulis secara ringkas dan komprehensif.

Pada dasarnya, anda menjelaskan bagaimana pekerjaan anda sebelumnya memberi anda kualifikasi untuk peran keamanan di perusahaan yang anda lamar.

Cobalah untuk berbicara tentang contoh di mana anda harus menggunakan pengetahuan dan ketegasan anda sebagai Petugas Keamanan dalam menghadapi keadaan darurat seperti bahaya kebakaran untuk melindungi properti majikan anda; atau bagaimana kehadiran keamanan anda mengurangi frekuensi aktivitas ilegal di dan di sekitar fasilitas.

Tambahan yang bagus untuk bagian deskripsi pekerjaan adalah pengalaman kerja sebelumnya dalam penegakan hukum. Ini langsung menunjukkan keakraban anda dengan posisi keamanan.

Contoh Deskripsi Pekerjaan Keamanan

Pengalaman
Petugas Keamanan Bersenjata

Layanan Keamanan Gotham
   06/2015 – 11/2018
   Jakarta, Indonesia

  • Memantau bangunan gedung dengan 200+ pengunjung setiap hari melalui CCTV.
  • Membentuk jalur patroli untuk personel keamanan di sekitar area yang diminati untuk mengendalikan pelanggaran aturan dan meningkatkan perlindungan.
  • Kurangi jumlah insiden mencurigakan hingga 50% dengan investigasi rutin dan menyeluruh terhadap titik akses gedung.
  • Menggunakan keterampilan layanan pelanggan dalam tindakan saat berinteraksi dengan pengunjung dan penyewa.
  • Melaporkan aktivitas mencurigakan dan keberadaan orang-orang yang berkepentingan di sekitar gedung.
Berikut contoh deskripsi pekerjaan satpam yang efektif. Bagian ini terdiri dari poin-poin yang berisi informasi penting dan langsung tentang posisi Petugas Keamanan.

Deskripsi pekerjaan yang kuat memiliki kalimat pendek berdasarkan pernyataan yang menggambarkan pencapaian anda di masa lalu.

Di sisi lain, inilah deskripsi pekerjaan yang TIDAK seharusnya terlihat.

Pengalaman
Petugas Keamanan Bersenjata

Layanan Keamanan Gotham
   06/2015 – 11/2018
   Jakarta, Indonesia

  • Terjaganya ancaman keamanan seminimal mungkin.
  • Karyawan yang disaring dan pintu masuk pelanggan resmi.
  • Bekerja sebagai Petugas Keamanan bersenjata di gedung.
Ini adalah deskripsi pekerjaan yang tidak efektif. Tanggung jawab hanya dicantumkan dengan poin-poin, sementara tidak memberikan konteks tambahan apa pun pada konten.

Contoh Resume Petugas Keamanan Tanpa pengalaman

Jika anda baru memulai dan sedang mencari posisi satpam tanpa pengalaman sebelumnya, anda tidak perlu khawatir. Kami memiliki anda tertutup. Di bawah ini kami telah menyediakan contoh deskripsi pekerjaan Petugas Keamanan untuk Petugas Keamanan tingkat pemula.

Pengalaman Petugas Keamanan
2016-2018

  • Memastikan pencegahan pencurian saat bekerja di toko ritel. Melihat dan melaporkan empat kasus pengutilan.
  • Sukarela sebagai Petugas Keamanan selama dua konser terbuka dan menghentikan dua individu agresif berubah menjadi perkelahian fisik.
  • Sebagai bartender membantu satpam saat shift malam.
  • Bekerja sebagai resepsionis di Gotham Security Services, menjawab panggilan telepon, melakukan tugas administrasi, dan memberikan informasi yang relevan kepada pengunjung perusahaan.
Bahkan sebagai kandidat tingkat pemula, anda dapat membuat resume Petugas Keamanan anda bersinar dengan mencantumkan pengalaman kerja terkait keamanan yang anda miliki di masa lalu.

Contoh di atas dengan sempurna menunjukkan bagaimana kandidat berhasil memastikan keamanan di area tempat dia bekerja.

Keterampilan Teratas untuk Resume Keamanan

Aplikasi Petugas Keamanan profesional harus memiliki kualifikasi keamanan yang sesuai dan pengetahuan tentang standar kepatuhan keselamatan yang terdaftar.

Selain kualifikasi yang akan anda bicarakan dalam deskripsi pekerjaan, cara yang bagus untuk membuat perusahaan perekrutan lebih terkesan adalah dengan menambahkan bagian keterampilan di resume anda.

Bagian keterampilan adalah tempat anda dapat membuat daftar kemampuan anda yang paling cocok untuk peran profesional keamanan.

Anda dapat memasukkan berbagai macam keterampilan di sini. Ini bisa berupa sifat pribadi yang sesuai dengan posisi yang dapat membawa manfaat bagi perusahaan perekrutan, atau keterampilannya bisa lebih teknis.

Soft skills seperti komunikasi interpersonal yang baik akan menunjukkan kepada atasan bahwa anda dapat bekerja dengan baik dengan personel dan pengunjung.

Di sisi lain, menyertakan kemampuan yang berasal dari riwayat pekerjaan anda di masa lalu terbukti sangat berharga bagi efektivitas resume anda. Menunjukkan keakraban dengan sistem keamanan misalnya dapat membuat resume anda banyak diminati.

Berikut daftar keterampilan yang dapat anda sertakan di bagian keterampilan resume:

  • Berpikir kritis
  • Pemantauan Kamera Pengawas
  • Peralatan Pengawasan
  • Pengetahuan Peradilan Pidana
  • Komunikasi
  • Keterampilan Layanan Pelanggan
  • Koordinasi
  • Ronda
  • Teliti
  • Giat belajar
  • Pertolongan Pertama dan CPR
  • Manajemen waktu
  • Kemampuan interpersonal
  • Keterampilan Observasi
  • Kepekaan
  • Kemampuan berkomunikasi
  • Senjata api
  • Resolusi konflik
  • Perundingan
  • Mendengarkan
  • Keteguhan
  • Pemecahan masalah
  • Surat izin Mengemudi

Kualifikasi Akademik

Biro Statistik Tenaga Kerja menemukan bahwa satpam umumnya hanya membutuhkan ijazah sekolah menengah atas atau sederajat, sementara beberapa pekerjaan bahkan tidak memiliki persyaratan pendidikan.

Meskipun ini mungkin terjadi pada beberapa pekerjaan, menambahkan bagian pendidikan yang ditulis dengan baik ke resume anda akan membantu anda mendapatkan peran keamanan upah yang lebih baik dengan kualifikasi yang lebih tinggi. Latar belakang pendidikan menunjukkan kepada perekrut bahwa anda memahami praktik terbaik industri.

Sebagai contoh, pertunjukan keamanan di industri militer atau perbankan membutuhkan bukti pendidikan serta pelatihan ekstensif.

Untuk informasi lebih lanjut tentang bagian pendidikan, anda dapat melihat contoh resume Petugas Keamanan kami di situs web kami.

Hobi dan minat

Berlawanan dengan kepercayaan populer, menambahkan hobi dan minat dalam resume anda sebenarnya adalah ide yang bagus.

Kami di sini untuk memberi tahu anda bahwa ya, menambahkan bagian hobi dan minat ke resume anda benar-benar dapat membantu aplikasi bersinar.

Dengan memasukkan minat anda pada aplikasi, anda memberi perekrut informasi yang lebih mendalam tentang siapa anda sebagai pribadi. Ini pada gilirannya akan menciptakan lebih banyak minat pada pembaca dan berpotensi menghasilkan panggilan balik.

Minat adalah subjek yang ingin anda pelajari lebih lanjut, sedangkan hobi adalah aktivitas yang anda lakukan untuk bersenang-senang.

Saat ini, budaya tentang memasukkan bagian hobi dan minat berubah. Berbicara secara singkat tentang aktivitas di luar pekerjaan anda di resume anda akan menunjukkan bahwa anda bukan hanya seorang gerutuan acak, mencoba menjadi roda penggerak di mesin. Perekrut menyukai kepribadian.

FAQs

  • Apa tujuan yang baik untuk resume untuk Petugas Keamanan?

Tujuan resume keamanan yang baik seharusnya hanya terdiri dari beberapa kalimat. anda perlu membicarakan tujuan karir, pencapaian, dan keterampilan anda secara langsung, tepat, dan kompak.

Nyatakan bahwa anda mencoba menerapkan kemampuan profesional anda pada pekerjaan itu. Setelah itu, coba gambarkan pencapaian anda yang relevan di masa lalu – ini seharusnya hanya satu kalimat. 

Memasukkan informasi yang diperlukan ke dalam paragraf kecil akan memungkinkan manajer perekrutan untuk membaca tujuan dengan mudah dan mendapatkan minat pada aplikasi anda.

  • Bagaimana cara meningkatkan resume tingkat pemula keamanan siber?

Jika anda adalah pelamar tingkat pemula, tidak perlu khawatir. Anda dapat membuat resume anda lebih efektif dalam beberapa cara.

Karena anda tidak memiliki banyak pengalaman, pastikan bagian tujuan dan keterampilan anda sesuai dengan persyaratan pekerjaan. Sertakan kata kunci penting yang terkait dengan industri serta keterampilan lunak (soft skills) dan teknis yang dapat.

Pastikan untuk menyertakan sertifikasi dan pengetahuan program di bagian keterampilan anda.

Jika anda tidak memiliki banyak pengalaman kerja di bidang keamanan siber, coba sertakan riwayat pekerjaan sebelumnya yang terkait dalam deskripsi pekerjaan anda.

Misalnya, bagaimana anda harus memantau gedung kantor melalui kamera dan saluran yang berbeda; atau bagaimana anda memiliki akses ke program yang mengontrol pintu keamanan tempat.

  • Bagaimana cara membuat daftar sertifikasi pada resume keamanan?

Sertifikasi adalah tolok ukur yang sangat berharga dan penting untuk keahlian Petugas Keamanan. Mempekerjakan manajer akan lebih cenderung memilih resume anda dari kumpulan kandidat, hanya karena anda memiliki lisensi.

Ada beberapa cara untuk menyertakan sertifikasi anda di resume:

  • Di awal resume anda, di sebelah nama anda.
  • Kalimat pengantar pertama dari tujuan resume anda.
  • Di bagian keterampilan.
  • Membuat bagian sertifikasi di resume anda.

Lihat contoh sertifikasi paling umum untuk Petugas Keamanan:

  • Kartu Petugas Keamanan
  • Lisensi Keamanan Kelas D
  • Lisensi Keamanan Kelas G
  • Pertolongan pertama
  • RJP
  • Pengendalian massa
  • Kontrol akses
  • Perilaku TKP
  • Pelatihan Etika