CV ATS Friendly – Contoh, Template, Dan Semua Yang Perlu Anda Ketahui

Buat resume saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Seiring berjalannya waktu, dunia melamar kerja juga tetap berubah dan berevolusi. Ada beberapa teknik screening dan metode seleksi yang dikembangkan oleh para perusahaan untuk memastikan mereka menyeleksi kandidat terbaik.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Salah satu metode yang paling gemar digunakan perusahaan, terutama perusahaan besar, untuk mempercepat proses seleksi adalah dengan menerapkan sistem ATS.

Sistem otomatis ini bukan hanya membuat pemrosesan cv menjadi lebih cepat, namun juga membantu HRD untuk memilih pelamar kerja yang paling cocok untuk lowongan kerja tersebut.

Sayangnya, banyak orang yang masih belum memiliki pengetahuan mengenai cara menulis cv yang ATS friendly. Padahal mayoritas perusahaan besar di Indonesia dan seluruh dunia, yang juga merupakan perusahaan – perusahaan dengan gaji dan tunjangan tertinggi, sangat mengandalkan sistem ATS.

Panduan ini akan mengajari Anda semua hal yang terkait dengan sistem ATS dan cara menulis curriculum vitae yang ATS friendly. Kami juga akan memberi contoh resume yang ramah ATS serta beberapa tips ekstra untuk memastikan lamaran kerja Anda selalu terbaca oleh sistem.

Jadi, kalau Anda ingin pasti lolos ke tahap seleksi berikutnya, pastikan Anda membaca artikel ini dan menyesuaikan isi cv dengan saran – saran kami!

Apa itu ATS?

Tunggu! Sebelum Anda mencari tahu cara menulis curriculum vitae yang ATS friendly, ada baiknya Anda pelajari dulu apa itu sebenarnya sistem ATS.

Jadi, ATS itu adalah singkatan dari Applicant Tracking System. ATS merupakan sebuah sistem atau software otomatis yang dipakai oleh HRD untuk mempermudah proses rekrutmen. Sistem ini bisa mengumpulkan, membaca, dan menyaring ratusan hingga ribuan cv dengan cepat. Bahkan, ATS juga bisa mengirim lamaran secara otomatis ke pelamar terpilih!

Cara kerjanya adalah dengan pertama membaca cv, lalu mencatat jumlah keyword yang ada pada cv tersebut. Setelah itu, berdasarkan kata – kata kunci ini, sistem ATS akan memberi nilai pada tiap lamaran.

CV dengan nilai tertinggi akan direkomendasikan pada HRD dan akan ditinjau secara manual, sedangkan Cv dengan nilai rendah akan secara otomatis ditolak.

Perusahaan – perusahaan sangat bergantung pada software ini karena memroses ratusan cv secara manual untuk tiap lowongan kerja jelas hal yang mustahil. Sistem ATS memastikan seluruh prosedur berjalan secara efisien, efektif, dan dalam waktu sesingkat mungkin.

Apa itu CV ATS Friendly?

CV yang ATS Friendly adalah sebuah cv yang ditulis secara khusus dengan menggunakan format cv ATS. Hal ini dilakukan agar resume tersebut dapat lancar dibaca oleh sistem dan bisa lolos screening dengan mudah.

Sebuah cv yang tidak memperhatikan ATS dan ditulis dalam format yang salah akan sulit untuk melewati proses penyortiran dan seleksi ATS. Alhasil, kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan impian tersebut menjadi lebih kecil.

Mengapa Resume Anda Harus Ramah ATS?

Seperti yang tadi kami sebut, memastikan bahwa cv Anda sudah ATS friendly merupakan kunci penting untuk melamar kerja dengan sukses. Yuk simak sejumlah alasan mengapa hal ini sangat penting:

Penggunaan ATS Ramai Di Kalangan Perusahaan Besar

📌Menurut penelitian, 99% perusahaan Fortune 500 (yaitu 500 perusahaan terbesar di Amerika Serikat) menggunakan software ATS selama proses perekrutan.

Indonesia juga mengalami hal yang sama, karena semakin banyak perusahaan besar dan ternama memilih untuk mengimplementasi alat ini. Jadi, jika Anda ingin mengisi posisi di perusahaan besar dan mendapatkan gaji yang tinggi, cv lamaran Anda perlu ramah ATS.

ATS Digunakan Untuk Tahap Seleksi Awal

Saat Anda mengirim lamaran kerja ke perusahaan, cv Anda tidak akan langsung dibaca oleh perekrut dari bagian HRD. CV Anda akan diproses dan disortir lebih dulu oleh ATS menggunakan keyword yang ada dalam cv, lalu baru setelah itu akan HRD baca. Bahkan, mayoritas cv yang diterima perusahaan akan didiskualifikasi secara otomatis oleh ATS.

Oleh karena itu, jika Anda memiliki banyak pengalaman kerja dan semua jenis skill yang dibutuhkan tapi CV tidak ATS friendly, lamaran kerja Anda tetap tidak akan lolos proses screening pertama.

Lebih Nyaman, Cepat, Dan Mudah Dibaca Oleh Manusia

Anda melamar lowongan di perusahaan yang tidak memiliki ATS? Jangan lalai dan tetap perhatikan format cv ya!

Sebuah cv yang di format dengan baik dan ramah ATS sudah pasti juga akan mudah untuk dibaca oleh manusia. Ini karena resume ATS friendly memiliki penampilan yang rapi, desain cv profesional, dan struktur yang ideal.

Alhasil, walaupun perekrut hanya membaca CV selama rata – rata 7 detik, Anda tetap bisa menarik perhatian mereka dengan cepat dan memberi kesan positif.

Cara Membuat CV Yang ATS Friendly

Anda sekarang sudah mengerti apa itu ATS dan mengapa sangat penting untuk memperhatikannya.

Tapi apakah Anda tahu bagaimana cara membuat cv ATS friendly?

Tenang, cara menulisnya tidak begitu sulit. Berikut langkah – langkah menulis CV ATS friendly:

1. Pelajari Dulu Posisi Yang Anda Lamar

Sebelum Anda mulai menulis resume, ada baiknya Anda mencari tahu lebih lanjut mengenai posisi – posisi yang dilamar.

Anda perlu memperhatikan keyword penting apa saja yang kira – kira akan dicari oleh ATS. Hal ini dapat dilakukan dengan membaca iklan lowongan pekerjaan secara seksama. Lalu, Anda perlu menulis kata – kata kunci tersebut ke dalam CV agar lamaran Anda masuk kriteria yang diinginkan perekrut, dan alhasil cv anda mendapat nilai tinggi dari ATS.

Berikut adalah contoh beberapa keyword untuk posisi website developer:

BENAR
Contoh Iklan Lowongan
Kualifikasi:

  • Minimum gelar sarjana (S1) dalam jurusan IT apapun
  • Mahir dalam bahasa pemrograman JavaScript, HTML, PHP, dan CSS
  • Berpengalaman dengan MySQL dan CMS
  • Memiliki jiwa kepemimpinan dan kerjasama tim yang baik
  • Bisa berkomunikasi lisan dan tertulis secara efektif
  • Bisa menyelesaikan masalah dengan berpikir secara kritis

Keyword Yang Mungkin Dicari ATS:

  • S1
  • S2
  • S3
  • JavaScript
  • HTML
  • PHP
  • CSS
  • MySQL
  • CMS
  • Komunikasi
  • Berpikir Kritis
  • Kerjasama Tim
  • Kepemimpinan
Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh diatas, keyword yang dicari HRD biasanya terkait dengan kualifikasi riwayat pendidikan, hard skill, dan juga soft skill.

Anda perlu memastikan kalau bagian latar belakang edukasi dan bagian komponen di CV Anda sudah sesuai dengan iklan lowongan kerja.

2. Gunakan Template CV Yang Ramah ATS

Apakah Anda tahu kalau seperempat dari semua CV yang diterima HRD biasanya tidak bisa di-scan oleh ATS? Alasan terbesar untuk hal tersebut adalah banyaknya pelamar kerja yang menggunakan template cv tidak ramah ATS.

Template cv yang tidak ATS friendly merupakan template yang memiliki desain berlebihan. Ini bisa berarti template tersebut terlalu warna – warni, mencolok, atau unik tata letaknya. ATS menyukai cv yang berdesain simpel, rapi, dan profesional. Tapi, ini tidak berarti bahwa resume Anda harus kaku dan membosankan.

Anda bisa menggunakan template yang simpel namun menarik agar optimal untuk dibaca ATS dan juga perekrut manusia. Klik di sini untuk melihat template – template Cv kami yang efektif!

3. Tulis Header Tiap Bagian Komponen CV Dengan Benar

Komponen – komponen yang mengisi sebuah CV lamaran kerja cukup standar. Ini biasa mencakup sebuah judul, ringkasan cv, pengalaman kerja, riwayat edukasi, keterampilan, dan informasi tambahan lain.

Pada masing – masing bagian, tentu ada sebuah header. Header yang Anda tulis harus standar dan dapat dibaca oleh ATS. Anda juga boleh menulis header dalam bahasa Inggris karena banyak software ATS yang diprogram untuk membaca header dalam bahasa tersebut.

Berikut cara menulis header yang benar untuk cv ATS friendly:

Header Yang Betul Header Yang Salah Header Dalam Bahasa Inggris
Ringkasan / Objektif Tentang Saya Summary / Objective
Informasi Kontak Cara Menghubungi Saya Contact
Edukasi / Pendidikan Latar Belakang Akademik Education
Pengalaman Kerja Tempat Saya Bekerja Work Experience
Keterampilan Apa Yang Saya Bisa Lakukan Skills

4. Isi Resume Dengan Informasi Yang Relevan Pada Pekerjaan

Selesai membuat header untuk tiap bagian, sekarang saatnya untuk mengisinya dengan informasi. Pastikan Anda hanya menulis hal – hal yang relevan pada kriteria perekrut, atau bisa saja CV Anda ditolak oleh ATS.

Oh iya, Anda juga tidak boleh memiliki typo pada cv. Ini karena ATS bisa saja salah membaca informasi dan alhasil salah menilai lamaran Anda. Kebanyakan perekrut juga menganggap typo dalam resume sebagai tanda ketidaksiapan dan tidak profesional.

5. Pastikan Format Penulisan CV Sudah ATS Friendly

Format penulisan adalah hal krusial untuk membuat cv ATS friendly. Anda perlu memastikan mesin dan orang HRD bisa membacanya.

Jadi, kami sarankan Anda mengikuti pedoman format penulisan dibawah ini:

  • Ukuran Font tidak boleh terlalu besar atau kecil. Gunakan font ukuran 14 pt untuk teks header dan ukuran 11 pt saja untuk teks lainnya.
  • Jenis Font yang digunakan harus berdesain sederhana dan mudah untuk dibaca. Sejumlah jenis font yang paling sering dipakai untuk menulis daftar riwayat hidup termasuk Calibri, Verdana, Arial, dan Lato.
  • Margin 1 inci harus diterapkan pada tiap sisi dokumen agar terlihat rapi di mata perekrut.
  • Panjang CV lebih baik tidak melebihi 2 lembar ukuran A4, karena sebagian besar sistem ATS hanya bisa membaca maksimal 2 halaman.

6. Save Dokumen Anda Dalam Format File Yang Optimal

Pertama, hal yang perlu Anda ketahui adalah format bentuk foto sama sekali tidak boleh. Sistem ATS tidak bisa membaca dan menilai file yang berbentuk JPG, PNG, dan JPEG. Hanya ada 2 bentuk file yang boleh Anda gunakan: Microsoft Word dan PDF.

Mayoritas sistem ATS lebih kompatibel dengan bentuk file Word. Sebaliknya, perekrut manusia lebih menyukai bentuk PDF karena lebih mudah untuk dibuka, dibaca, dan dinilai.

Oleh karena itu Anda perlu mengirim CV sesuai persyaratan yang biasanya tertera pada iklan lowongan. Jika tidak ada, Anda bisa menghubungi perusahaan secara langsung dan bertanya.

Berikut adalah beberapa perbedaan yang perlu dipertimbangkan antara bentuk PDF dan Word:

Word PDF
Lebih mudah diedit Kalau sudah di-save, sulit untuk diedit lagi
Bisa dibaca oleh semua software ATS Tidak bisa dibaca oleh sistem-sistem ATS versi lama
Isi dokumen bisa berubah posisi jika dibuka dalam versi Ms Word berbeda Isi dan tampilan dokumen jauh lebih konsisten, alhasil lebih disukai perekrut manusia

7. Lakukan Tes Dan Pengecekan Akhir

Langkah terakhir sebelum mengirim CV adalah memastikan kalau semuanya sudah betul. Anda bisa meminta teman atau keluarga Anda untuk mengecek apakah CV Anda sudah terlihat bagus. Anda juga bisa menggunakan cv tester online atau software pengecek tata bahasa dan ejaan untuk memastikan resume Anda bebas dari kesalahan.

Tips Agar CV Anda Selalu Lolos Applicant Tracking System

Gunakan Bullet Point Atau Numbering

Penampilan CV yang sistematis sangat disukai ATS. Ini karena cv perlu terlihat rapi agar ramah ATS friendly. Jadi, kami sarankan Anda untuk menggunakan bullet point atau numbering saat menulis informasi – informasi pada CV Anda.

Pastikan Untuk Melamar Hanya 1 Posisi Per Perusahaan

Seperti yang sudah kami sebut, sistem ATS bisa merangkum dan mencatat semua informasi dan data pelamar. Karena itu, kalau Anda melamar ke dua posisi atau lebih di perusahaan yang sama, HRD sudah pasti akan mengetahuinya. Mereka dapat berpikir kalau Anda tidak fokus pada satu lowongan dan hanya melamar secara spam.

Tulis Kepanjangan Semua Singkatan

Selalu tulis kepanjangan dari semua singkatan yang Anda gunakan! Ini agar apapun yang Anda jelaskan tetap jelas. Contoh beberapa singkatan yang perlu ditulis kepanjangannya seperti SEO (Search Engine Optimization), AI (Artificial Intelligence), EMT (Emergency Medical Technician), dan lain – lain.

Kesalahan Yang Harus Anda Hindari Saat Menulis CV Ramah ATS

Menggunakan Elemen – Elemen Yang Tidak ATS Friendly

Ada sejumlah elemen yang tidak bisa dibaca oleh software ATS. Ini termasuk hal – hal seperti foto, grafik, gambar, ikon, text box, dan lain – lain. Pastikan Anda tidak menulis semua hal ini kalau Anda ingin membuat cv ATS friendly.

Menulis Informasi Dalam Bentuk Tabel

Informasi dalam bentuk tabel seringkali sulit untuk diproses oleh ATS. ini karena bentuk tabel dapat membuat informasi terlihat mengacak dan mencampur. Karena hal tersebut, informasi yang ada pada tabel biasanya tidak terbaca oleh ATS dan tidak mempengaruhi nilai ATS Anda.

Tidak Mengecek Sebelum Mengirim

Ini adalah kesalahan yang fatal namun sangat sering dilakukan oleh para pelamar kerja. Mengecek cv Anda dulu tiap kali ingin melamar pekerjaan adalah sebuah kebiasaan yang baik. Melakukan hal ini bisa saja meningkatkan kualitas cv Anda secara menyeluruh.

Contoh CV ATS Friendly

CINDY DWIPUTRI

SOCIAL MEDIA MARKETING

(+62) 81234567890
Komplek Bunaken Timur Jalan Raja Lima Raya Blok F No. 20, Jakarta Pusat 10730
cindydwiputri11@gmail.com
Linkedin.com/in/cindydwiputri11
13 Maret 1992

Ringkasan
Seorang profesional yang kreatif dan berjiwa kepemimpinan dengan lebih dari 8 tahun pengalaman dalam bidang social media marketing. Terlatih dalam copywriting dan penggunaan software analitik. Memiliki passion besar untuk dunia media sosial dan juga teknologi terbaru.

Pengalaman Kerja
Social Media Marketing
PT Minuman 123 Indonesia
Januari 2018 – Febuari 2022

  • Memimpin dan bekerjasama dengan tim untuk menciptakan iklan dan kampanye media sosial untuk meningkatkan brand awareness perusahaan
  • Berhasil meningkatkan follower media sosial perusahaan sebanyak 25 000 follower dalam waktu 6 bulan
  • Mendapatkan penghargaan Employee of the Month sebanyak 10 kali

Social Media Marketing
PT Smartphone AAA
Agustus 2013 – Januari 2018

  • Bertanggung jawab untuk menyeleksi, bernegosiasi, dan mengelola para KOL (key opinion leaders) dan artis untuk menjadi brand ambassador perusahaan
  • Merancang dan meluncurkan kampanye media sosial untuk mempromosikan kerjasama perusahaan dengan game mobile ternama dari perusahaan XYZ
  • Berhasil meningkatkan tingkat interaksi di semua platform media sosial perusahaan sebanyak 20% dalam waktu 3 bulan

Pendidikan
Universitas Pelita Harapan, 2009 – 2013
Sarjana Bisnis Administrasi (S1)
IPK 3,9 / 4,0

  • Meraih penghargaan Mahasiswa Terbaik Tahun 2011

Keterampilan

  • Copywriting
  • SEO (Search Engine Optimization)
  • ASO (App Store Optimization)
  • Google Analytics
  • Skill Komunikasi Efisien
  • Kepemimpinan
  • Kreatif

Kemampuan Bahasa

  • Bahasa Indonesia – Native
  • Bahasa Inggris – Fluent
  • Bahasa Jepang – Intermediate

Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh diatas, semua peraturan ATS diikuti. Informasi ditulis dalam bentuk bullet point, semua header ditulis dengan benar, tidak ada elemen – elemen yang tidak bisa dibaca ATS, dan lain – lain. Kalau Anda ingin mendapatkan pekerjaan itu, pastikan Anda mengikuti cv ATS friendly diatas!