Contoh CV Bahasa Indonesia Yang Menarik + Tips Menulisnya

Buat resume saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Budaya melamar pekerjaan tentu saja berbeda di tiap negara. Cara benar menulis cv lamaran kerja juga pastinya tidak sama persis. Anda harus sangat hati - hati saat membuat curriculum vitae karena dokumen ini sangat penting dalam menentukan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 2 ulasan pelanggan

Untuk daftar riwayat hidup bahasa Indonesia, bisa dibilang cara menulisnya sedikit unik dibanding daftar riwayat hidup bahasa lain, misalnya cv bahasa Inggris.

Banyak pelamar kerja terburu – buru dalam membuat curriculum vitae dan menggunakan contoh cv yang ada di internet, dan mereka tidak sadar kalau kebanyakan daftar riwayat hidup yang ditemukan di internet disesuaikan ke budaya melamar pekerjaan di negara barat.

Oleh karena itu, kami membuat artikel ini untuk mengajari Anda bagaimana cara benar untuk menulis cv bahasa Indonesia. Kami juga akan memberitahu Anda sejumlah tips efektif dan juga kesalahan yang sering dilakukan oleh pelamar kerja. Pastikan Anda membaca sampai akhir!

Perbedaan Melamar Pekerjaan Di Indonesia & Negara Lain

Seperti yang sudah kami sebut, tiap negara memiliki budaya dan prosedur yang berbeda saat melamar pekerjaan. Untuk Indonesia sendiri ada beberapa tradisi mengajukan lowongan yang kerap dianggap ‘aneh’ jika dilakukan di negara lain.

Salah satunya adalah melampirkan foto Anda pada curriculum vitae. Di kebanyakan negara, menaruh foto Anda pada judul cv adalah sebuah tabu, yang artinya sangat tidak boleh untuk dilakukan.

Alasannya adalah kemungkinan adanya prasangka atau bias pada pihak perekrut. Seorang perekrut HRD bisa saja membuat asumsi salah secara sadar atau tidak berdasarkan penampilan pelamar.

Misalnya, seorang perekrut bisa saja berat sebelah terhadap satu jenis kelamin atau satu ras. Ini tentu saja tidak adil bagi pelamar lain, dan juga tidak baik untuk perusahaan karena proses rekrutmen tidak berdasarkan kemampuan.

Oleh karena itu, foto biasanya hanya dilampirkan di bidang – bidang dimana penampilan memiliki peran seleksi penting. Contohnya seperti dalam bidang pemodelan, atau pramugari.

Hal ini sangat beda dengan di Indonesia, dimana mayoritas perusahaan akan meminta Anda untuk melampirkan foto. HRD di Indonesia merasa kalau foto dapat menunjukan karakter seorang pelamar dan dapat dijadikan faktor seleksi. Terlebih lagi, foto juga dipakai perusahaan untuk memverifikasi identitas pelamar saat masuk tahap wawancara.

Perbedaan lain antara melamar kerja di Indonesia dan diluar negeri adalah informasi pribadi yang ditulis. Untuk negara lain, data pribadi yang perlu ditulis biasanya hanya yang sangat dasar seperti nama lengkap, nomor telepon, alamat email, dan profil Linkedin.

Ini berbeda dengan melamar kerja di Indonesia dimana Anda biasanya diperlukan untuk mencantum beberapa informasi lain. Salah satunya adalah alamat tempat tinggal lengkap. Perusahaan ingin mengetahui alamat Anda untuk melihat seberapa jauh Anda dari kantor.

Kebanyakan perusahaan juga memberi uang untuk transportasi, misalnya untuk bensin atau kendaraan umum, jadi mereka ingin tahu tempat tinggal Anda untuk menghitung kira – kira berapa biaya transportasi yang harus diberi nanti.

Satu lagi informasi pribadi yang diperlukan di Indonesia adalah tanggal lahir. Info ini tidak diperlukan saat melamar kerja di luar negeri atau perusahaan asing. Namun, jika melamar lowongan di Indonesia, tanggal lahir harus dicantumkan karena perusahaan menggunakan umur Anda sebagai faktor seleksi juga.

Contoh Cv Bahasa Indonesia Yang Profesional

Berikut adalah contoh cv yang menarik dalam bahasa Indonesia:

LISA MARIA HUTAPEA

MARKETING ASSOCIATE

(+62) 8123456789
Jalan Kuta Baru Raya Gang A No. 12, Kota Tangerang 10280
lisahutapea19@yahoo.com
Linkedin.com/in/lisahutapea19
22 Juli 1997

Summary
lulusan Universitas Prasetiya Mulya tahun 2019 yang memiliki passion untuk dunia marketing. Telah bekerja selama 2.5 tahun dalam bidang tersebut di perusahaan ternama, dan berhasil meningkatkan jumlah pengunjung situs sebanyak 21% dalam waktu 3 bulan. Berpengalaman dalam marketing media sosial, penulisan SEO, dan juga market research. Berharap untuk bergabung dengan [nama perusahaan] dan mengisi lowongan marketing associate.

Pengalaman
Marketing Associate
PT Gojek Indonesia
September 2019 – Maret 2022

  • Mendesain 3 posting gambar dan story untuk instagram perusahaan per minggu
  • Bekerja sama dengan tim marketing untuk membuat kampanye promosi media sosial yang bertujuan untuk meningkatkan reputasi perusahaan; sukses dalam membantu traffic website naik sebanyak 21% dalam kurun 3 bulan
  • Menjalani riset pasar tentang preferensi dan perilaku konsumen
  • Menggunakan anggaran marketing dengan efektif, berhasil mengurangi pengeluaran pemasaran perusahaan sebanyak 8%

Riwayat Pendidikan
Universitas Prasetiya Mulya, 2015 – 2019
S1 Manajemen Marketing
IPK 3,6 / 4,0

  • Menjalankan kerja magang di PT Pemasaran Global Ilustrasi selama 6 bulan
  • Menjabat sebagai kepala organisasi Persatuan Siswa Indonesia tahun ajaran 2017 – 2019

Keterampilan

  • Ketelitian
  • Bekerja di bawah tekanan
  • Manajemen waktu
  • Kepemimpinan
  • SEO dan ASO
  • Research & Analitik
  • Marketing Surel
  • Penggunaan software kata kunci

Kemampuan Bahasa

  • Bahasa Indonesia (Native)
  • Bahasa Perancis (Fluent)
  • Bahasa Inggris (Intermediate)
  • Bahasa Mandarin (Beginner)

Sertifikasi

  • Sertifikat OMCP
  • Sertifikat Google Analytics
Ingin melihat contoh cv untuk tiap profesi? Silahkan klik di sini.

Tips Untuk Menulis CV Lamaran Kerja Bahasa Indonesia Yang Jitu

Mulai menulis cv Bahasa Indonesia Anda yang pertama mungkin terlihat berat. Oleh karena itu, kami anjurkan Anda ikuti tips – tips berikut agar daftar riwayat hidup Anda akan efektif:

Sertakan keterampilan yang sesuai

Saat melamar lowongan pekerjaan, Anda tentu saja perlu memberi kesan baik pada perekrut yang membaca cv. Salah satu cara terbaik untuk melakukan hal tersebut adalah dengan menulis semua skill relevan yang Anda miliki.

Bagaimana cara tahu skill apa saja yang mereka cari?

Caranya adalah dengan membaca iklan lowongan kerja dengan seksama. Akan ada beberapa kata kunci disitu yang akan memberi petunjuk akan apa saja keterampilan yang dicari perusahaan. Jika Anda menulis komponen keterampilan dengan cara ini, Anda sudah pasti akan menarik perhatian HRD.

Pastikan semua data pribadi dan informasi kontak sudah lengkap

Sudah kami sebut tadi kalau pada cv Bahasa Indonesia, info pribadi dan kontak Anda harus lengkap. Jika tidak, perusahaan akan lebih sulit untuk mengenal siapa diri Anda.

Satu lagi hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah memastikan semua info kontak sudah up – to – date. Jika nomor telepon Anda sudah tidak aktif atau alamat email yang ditulis jarang Anda buka, maka HRD akan kesulitan untuk menghubungi Anda. Selalu ingat untuk memperbarui info kontak pada cv agar mudah untuk menghubungi Anda.

Tulis Semua Komponen Dengan Lengkap

Kelengkapan resume adalah faktor yang sering dilupakan oleh para pelamar kerja. Sebuah cv yang lengkap akan membuatnya lebih menarik di mata HRD. Terlebih lagi, resume yang tidak lengkap akan memberi kesan kalau Anda tidak menyiapkan lamaran dengan baik dan serius.

Kalian pasti sudah tahu kan komponen apa saja yang ada dalam cv Bahasa Indonesia?

Kalau belum, Anda bisa mengikuti daftar berikut:

  • Judul
  • Summary / Objektif CV
  • Pengalaman Kerja
  • Riwayat Pendidikan
  • keterampilan
  • Informasi Tambahan (seperti kemampuan bahasa, skill komputasi, dan lain – lain

Beri Deskripsi Pengalaman Kerja Dan Edukasi Yang Terperinci

Saat menulis pengalaman kerja dan riwayat edukasi terbaru, Anda tidak boleh hanya menulis tempat dan waktu. Anda juga perlu menulis deskripsi tugas dan juga prestasi yang diraih.

Deskripsi pengalaman merupakan hal krusial dan seringkali menjadi faktor seleksi utama yang dipakai perusahaan. Anda perlu menjelaskannya dengan singkat namun terperinci, dan usahakan juga untuk menggunakan data numerik agar HRD bisa dapat gambaran yang lebih jelas.

Pilih format CV yang optimal

Apakah Anda tahu kalau presentasi lamaran kerja itu sama pentingnya dengan isi? Terutama di Indonesia, dimana para perekrut sering menolak cv tanpa membacanya karena presentasi awal yang buruk. Hindari hal tersebut dengan memberi cv yang berpenampilan estetik.

Salah satu cara untuk meraih hal tersebut adalah dengan memilih format cv yang benar. Format penulisan resume yang ideal adalah seperti pada berikut:

  • Jenis font sederhana seperti Arial atau Calibri
  • Ukuran Font 11 pt untuk teks badan dan 14 pt untuk header
  • Bentuk file PDF
  • Margin 1 inci pada tiap sisi
  • Jarak antar baris 1.15 pt

Selain format penulisan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah desain template cv yang digunakan. Kami sarankan Anda menggunakan template cv dengan desain sederhana namun profesional karena template warna – warni atau berlebihan akan mengganggu perekrut yang membaca.

CV harus singkat dan tidak boleh bertele – tele

Tips berikutnya adalah memastikan cv tidak terlalu panjang. Perusahaan sudah pasti akan menerima ratusan atau ribuan CV untuk tiap lowongan, jadi mereka tidak bisa menggunakan waktu banyak untuk membaca satu lamaran. Bahkan, resume yang terlalu panjang terkadang akan didiskualifikasi tanpa dibaca.

Oleh karena itu, pastikan resume Anda hanya sepanjang 1 sampai 2 halaman A4. Limit ini tidak hanya di Indonesia, tapi sama untuk seluruh dunia. Anda tidak boleh bertele – tele dan harus tulis langsung ke intinya.

Cantumkan portfolio lengkap jika diperlukan

Tips kami yang terakhir adalah untuk mencantumkan portfolio. Sejumlah industri dan bidang tertentu membutuhkan Anda untuk melampirkan portofolio kerja Anda. Ini termasuk bidang fotografi, desain grafis, dan lain – lain.

Kesalahan Umum Saat Menulis Daftar Riwayat Hidup Bahasa Indonesia

Untuk menulis sebuah cv Bahasa Indonesia yang sempurna dan efektif, Anda tentu saja harus menghindari kesalahan – kesalahan besar. Berikut adalah sejumlah kesalahan umum yang kerap dilakukan banyak pencari kerja:

  • Menggunakan satu resume untuk melamar ke banyak perusahaan: ini biasa disebut spamming, dan tidak berarti peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan akan naik. Anda lebih baik menulis satu cv untuk tiap lowongan agar dapat disesuaikan ke keperluan masing – masing HRD.
  • Tidak mengecek tata bahasa dan ejaan: sebuah cv yang memiliki banyak kesalahan tata bahasa dan ejaan akan terlihat kurang profesional. Untuk itu, Anda perlu mengecek kembali dokumen Anda sebelum mengirimnya. Ada beberapa cara untuk melakukan hal ini termasuk meminta teman untuk mengeceknya atau cek langsung menggunakan software online pengecek tata bahasa.
  • Format CV yang berantakan: konsistensi dalam format penulisan adalah kunci untuk sebuah resume yang rapi. Artinya pemformatan yang dipakai harus sama untuk seluruh dokumen. Kalau tidak, cv Anda akan terlihat berantakan dan mungkin sedikit sulit untuk dibaca.

Gunakan Template CV Menarik Kami Di Sini!