CV Guru Musik yang Menarik: Tutorial dan Tips dalam Membuatnya

Buat resume saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Kebutuhan akan guru musik yang berkompetensi di Indonesia terus meningkat dari waktu ke waktu. Dengan kemunculan konten kreator di bidang musik, semakin banyak orang yang ingin belajar musik dengan baik dan benar.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Menurut Quipper.com, ada 10 prospek kerja yang bisa Anda pilih jika ingin berkarir di industri musik, seperti penyiar, produser TV atau radio, event Organizer, Produser rekaman/musik, Penata musik, Guru SD-SMA, Dosen, Terapis musik, atau Seniman dengan rentang gaji Rp2.500.000 hingga Rp10.000.000.

Melihat potensi tersebut, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan bagaimana cara menyusun curriculum vitae profesi guru musik.

Contoh Curriculum Vitae Guru Musik yang Menarik dan Simple

Untuk dapat menyusun CV guru musik yang menarik dan sederhana, Anda wajib menyertakan seluruh informasi terbaru yang terkait dengan alamat, latar belakang pendidikan,  pengalaman kerja, beserta sertifikat keahlian tutor musik yang Anda telah miliki. Penjelasan detail sebagai berikut:

ANDRI MULYANA

GURU MUSIK

085123456789
Jl. Harapan Bangsa Nomor 212 Surabaya, 60111
anrdimulyana123@gmail.com
Linkedin.com/in/andrimulyana1234
28 Februari 1990

Tentang Saya
Memiliki pengalaman kerja sebagai guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dan guru privat gitar klasik selama lebih dari 3 tahun, mampu membaca dan menulis not balok serta berkomunikasi baik dengan siswa. Berhasil memenangkan kejuaraan nasional dengan peringkat satu, 3 kejuaraan tingkat provinsi Jawa Timur, dan 5 kejuaraan tingkat Kabupaten/Kota bersama grup paduan suara SMA 34 Surabaya.

Pengalaman Kerja

SMA 34 Surabaya
Juni 2018– Sekarang

Deskripsi Tugas :

  • Membuat RPP
  • Menjadi wali kelas
  • Membina ekstrakurikuler paduan suara, band, dan drum band

Yamaha Music School Surabaya
Januari 2019– Sekarang

Deskripsi Tugas :

  • Membuat lesson plan
  • Menyerahkan tugas ke orang tua murid
  • Menjelaskan perkembangan murid pada orang tua murid 

Pendidikan
Universitas Pendidikan Indonesia 2015
Sarjana Pendidikan; IPK 3.8/4

Minat/Hobi
Membaca, Menulis, Fotografi

Keahlian Lain
Microsoft Office, Public Speaking, Classroom Management, Berpikir Kreatif, Patience, Adobe Photoshop, bahasa Inggris.

Contoh cv di atas tersebut dapat disempurnakan dengan penambahan informasi penting yang relevan dengan pekerjaan seorang pengajar yang bergerak di bidang tarik suara. Misalnya, Anda dapat menambahkan keterangan telah menempuh ujian sertifikasi di beberapa sekolah musik, atau lembaga kursus lainnya. Berikut ini contoh resume yang Anda dapat jadikan acuan.

ANDI MULYANA

GURU MUSIK

Jl. Harapan Bangsa Nomor 212 Surabaya, 60111
085123456789
anrdimulyana123@gmail.com
LinkedIn: Andimulyana123

Tentang Saya
Saya berpengalaman sebagai guru musik di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan tempat kursus musik selama lebih dari 3 tahun. Memiliki keterampilan dalam mengelola pembelajaran dalam kelas, meningkatkatkan motivasi belajar murid, membuat RPP/lesson plan, dan membina ekstrakurikuler sehingga mampu meraih juara 1 dalam berbagai perlombaan tingkat Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional.

Pengalaman Kerja

Guru Musik
SMA 34 Surabaya (Juni 2018 – sekarang)

  • Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama satu tahun untuk kelas 1, 2, dan 3 sehingga materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik.
  • Membina kelas 2 sebagai wali kelas dan memotivasi murid untuk menjadi lebih kreatif sehingga dapat memenangkan perlombaan seni musik antar kelas selama dua tahun berturut-turut.
  • Membina ekstrakurikuler paduan suara, band, dan drum band selama 3 tahun dan membuat aransemen musik untuk masing-masing tim sehingga berhasil membawa pulang berbagai piala bergengsi.

Pendidikan

Universitas Pendidikan Indonesia,  2011-2015
Sarjana Pendidikan,
IPK: 3.8/4

Keterampilan

  • Mampu membaca dan menulis not balok
  • Public speaking
  • Classroom management

Bahasa

  • Menguasai Bahasa Inggris Aktif

Kursus
Yamaha Music School, Purwa Caraka Music School, Music School of Indonesian (MSI)

Sertifikasi
Grade 5 Gitar Klasik, Rock, Akustik bersertifikat, Grade 4 gitar Jazz & Blues bersertifikat, Grade 3 Piano bersertifikat

Petunjuk teknis untuk membuat CV Guru Musik

Setelah melihat resume guru musik yang menarik dan simple serta informasi tambahan yang harus ada, maka langkah selanjutnya adalah dengan memperhatikan format tata letak yang ingin Anda gunakan dalam resume Anda.  Tata letak adalah bagian yang memberikan informasi tentang pribadi Anda dan portofolio yang Anda punya. Kemudian, tentukan seperti apa portofolio dan pribadi Anda akan tampil dalam desain resume. Dikenal tiga jenis format tata letak yaitu kronologis,fungsional dan paduan keduanya atau hybrid.

📌Tips:Format kronologis menampilkan portofolio dan pribadi Anda sesuai dengan urutan waktu. Sebaliknya pada format fungsional yang ditekankan adalah capaian prestasi dalam pengalaman kerja. Perpaduan kedua tata letak ini dapat digunakan dalam format hybrid.

Tata Letak Terbaik untuk Curriculum Vitae Guru Musik

Guru musik adalah profesi atau pekerjaan dalam bidang seni, oleh karena itu Anda  harus mengetahui beberapa checklist di bawah ini sebelum menyerahkan CV atau lamaran kerja guru.

  • Judul
  • Tentang Saya
  • Pengalaman kerja
  • Keterampilan
  • Portofolio
  • Pendidikan
  • Sertifikat bidang Musik
  • Informasi tambahan

Dalam penentuan tata letak, umumnya tipe fungsional digunakan oleh pelamar di bidang seni karena memuat portofolio personal, sedangkan tipe kronologis lebih banyak digunakan oleh fresh graduate karena di dalamnya ada sejarah personal diri yang disusun berdasarkan urutan waktu. Anda dapat menggabungkan kedua format tersebut untuk menambahkan keterangan yang hanya dapat dituliskan dengan penggabungan keduanya.

📌Pro tips: Bagi pencari kerja di bidang seni sangat disarankan untuk menggunakan struktur fungsional maupun hybrid. Dengan begitu perusahaan dapat mengetahui kemampuan Anda dari portofolio, keterampilan, serta pengalaman kerja Anda sebelumnya.

cv guru musik

Tips menulis judul yang dapat menarik perhatian HRD

Judul dalam setiap resume adalah bagian yang paling utama. Fungsi judul ini adalah untuk mempermudah Automatic Tracking System (ATS). Beberapa perusahaan saat ini sudah menggunakan ATS tidak hanya untuk memudahkan dalam proses seleksi kandidat tetapi juga membantu para kandidat dalam mengunggah resume mereka tanpa biaya alias gratis. ATS tersedia dalam website perusahaan.  ATS akan menyeleksi CV yang masuk menggunakan kata kunci yang terdapat pada judul atau header. Oleh sebab itu, Anda harus menghindari kesalahan saat menulis resume. Cantumkan dengan jelas informasi yang dibutuhkan seperti nama lengkap, posisi yang akan dilamar, alamat email, nomor telepon, pendidikan, pengalaman, dan akun media sosial seperti LinkedIn, Instagram, Twitter.

📌Pro tips: Tulis nama lengkap serta posisi yang akan dilamar menggunakan ukuran font 14-16, Gunakan dokumen dengan format pdf dan upayakan menaruh beberapa informasi relevan dalam satu halaman kertas ukuran A4. Dengan format, resume Anda akan lebih mudah di download oleh HRD.

Contoh penulisan judul Curriculum Vitae Guru Musik yang benar dan salah

Berikut ini contoh penulisan judul cv yang benar yang bisa Anda gunakan:

BENAR

ANDI MULYANA

GURU MUSIK

Jl. Harapan Bangsa Nomor 212 Surabaya, 60111
085123456789
anrdimulyana123@gmail.com
LinkedIn: Andimulyana123

SALAH

ANDI MLYANA

GURU MSIK

Jl. Harapan Bangsa Nomor 212 Surabaya, 60111
085123456789
anrdimulyana123@gmail.com
LinkedIn: Andimulyana123

Foto yang Harus Anda Cantumkan dalam Curriculum Vitae Guru Musik

Seringkali ada perusahaan yang menginginkan pelamar kerja untuk mencantumkan foto berwarna baik dengan mengunggahnya ke dalam sistem ATS atau melampirkannya bersama dengan curriculum vitae. Gunakan foto terbaru dengan pakaian formal yang sopan, rapi, dan memiliki latar belakang putih serta menghadap ke depan kamera.Ukuran yang ideal dan mudah diunduh oleh bagian personalia perusahaan adalah  3×4 dengan resolusi 300 dpi atau 354×572 pixel.

cv guru musik

Tips menulis Pengalaman Kerja yang Efisien

Untuk Anda yang berpengalaman menjadi guru musik, tentu tidak akan kesulitan saat harus menjelaskan pengalaman kerja dalam cv Anda. Berikut ini contoh menuliskan pengalaman kerja memakai struktur campuran yang benar.

BENAR
Pengalaman Kerja
Guru Musik SMA
SMA 34 Surabaya (Juni 2018 – sekarang)

  • Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama satu tahun untuk kelas 1, 2, dan 3 sehingga materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik.
  • Membina kelas 2 sebagai wali kelas dan memotivasi murid untuk menjadi lebih kreatif sehingga dapat memenangkan perlombaan seni musik antar kelas selama dua tahun berturut-turut.
SALAH
Pengalaman kerja
Guru Musik
SMA 34 Surabaya

  • Membuat RPP
  • Membina kelas 2
Jika Anda belum memiliki pengalaman kerja menjadi guru musik, tidak perlu berkecil hati karena Anda dapat menuliskan kegiatan-kegiatan yang relevan dengan bidang seni dan musik ke dalam bagian dari portofolio pengganti pengalaman kerja Anda.

BENAR
Pengalaman Kerja
Guru PPL Mata Pelajaran Seni Musik SMPN 1 Surabaya

  • Membantu guru seni musik di SMPN 1 Surabaya mengajarkan pelajaran untuk kelas 7
  • Membantu membuat RPP untuk guru seni musik di SMPN 1 Surabaya
SALAH
Pengalaman Kerja
Ketua BEM Universitas Pendidikan Indonesia

  • Mengadakan acara seminar kewirausahaan untuk mahasiswa UPI
  • Mengadakan acara gathering organisasi mahasiswa Jawa Timur di UPI
📌Pro Tips: Tulis data dan informasi dengan rinci dan jelas agar meningkatkan persentase CV guru musik Anda lolos ke sesi selanjutnya

Cara Menuliskan riwayat pendidikan resume guru musik

Riwayat pendidikan menjadi bukti kompetensi dan nilai akademis yang diperoleh selama sekolah atau kuliah. Kedua unsur ini memperlihatkan talenta Anda di bidang seni musik atau vokal sekaligus juga sekolah almamater Anda. Ini disebabkan beberapa sekolah musik memiliki kurikulum khusus bagi para calon guru musik di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA) bahkan sampai tingkat universitas.

Struktur Penulisan Riwayat Pendidikan dalam CV

Berikut ini contoh struktur penulisan riwayat pendidikan dalam CV guru musik yang benar:

  • Tuliskan gelar yang Anda miliki baik Sarjana maupun Magister
  • Nama almamater dan tahun kelulusan
  • Tuliskan IPK yang Anda peroleh

Contoh Riwayat Pendidikan Pada CV Guru Musik

Universitas Pendidikan Indonesia,  2011-2015
Bandung, Jawa Barat
Sarjana Pendidikan, IPK: 3.8/4
📌Pro Tips:Beberapa perusahaan swasta dan pemerintah mengutamakan nama lembaga pendidikan musik tertentu dalam menilai kualifikasi kandidat guru musik

Keterampilan yang wajib ditulis dalam resume guru musik

Dalam bermusik, keterampilan hard skill (kemampuan memainkan alat musik) maupun soft skills (kemampuan tambahan yang menunjang hard skill) perlu dicantumkan dalam resume Anda sehingga pihak sekolah atau perusahaan dapat mempertimbangkan Anda sebagai kandidat kuat mereka.

Hard Skills Guru Musik

  • Penyusunan kurikulum
  • Pembuatan RPP
  • Pembuatan media pembelajaran
  • Membuat soal ujian
  • Penguasaan teori musik dan teknik-teknik bermain alat musik

Soft Skills Guru Musik

  • Meningkatkan motivasi murid
  • Public Speaking
  • Menjaga hubungan baik dengan murid dan orang tua murid
  • Problem Solving
  • Memberikan feedback pada murid
  • Menuliskan laporan untuk orang tua murid
📌Tips: Jika Anda mempunyai kemampuan menggunakan software yang berhubungan dengan musik, cantumkan hal ini dalam portofolio untuk menjadi nilai tambah

Menulis Ringkasan Profesional dalam CV: Bagaimana caranya?

Ringkasan profesional dalam sebuah cv biasanya diletakkan di bagian atas dan berfungsi untuk menjelaskan ringkasan karir sekaligus pencapaian yang Anda miliki di bidang musik. Anda hanya perlu membuatnya secara ringkas dan padat (maksimal 5 kalimat).

Contoh Ringkasan Profesional Guru Musik

BENAR
Guru musik dengan pengalaman mengajar seni musik serta membimbing murid di Sekolah Menengah Atas dan tempat kursus selama lebih dari 3 tahun. Telah melatih lebih dari 500 murid untuk menjadi expert di bidang seni musik.

Contoh Ringkasan Profesional Guru Musik untuk Lulusan Baru

BENAR
Sarjana Pendidikan Seni Musik yang mempunyai pengalaman Program Pengalaman Lapangan di SMPN 1 Surabaya selama 6 bulan. Telah mengajarkan teori musik dan teknik praktis bermusik kepada seluruh murid kelas 7.

Informasi Tambahan

Di sini Anda dapat menuliskan pencapaian serta kemampuan pendukung yang mungkin dibutuhkan untuk menjadi seorang guru musik. Berikut merupakan hal-hal yang bisa Anda tambahkan di bagian ini.

Keahlian Alat Musik dan Sertifikasi

Selain menguasai teori musik dan teknik mengajar, seorang guru musik juga harus mempunyai keahlian bermain alat musik dengan sertifikat profesi guna menambah nilai mereka di hadapan tim HRD. Contoh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengeluarkan sertifikasi keahlian pendidik bagi guru SMA/SMK.

📌Pro Tips: Dokumen sertifikat keahlian dapat Anda unggah dalam format PDF agar memudahkan sistem untuk download dengan cepat.

Bahasa

Keterampilan menggunakan bahasa asing juga menjadi nilai tambah bagi pada tutor musik karena beberapa perusahaan seringkali memiliki program pengembangan pribadi individu pegawai dengan mengirimkan mereka mengikuti konser di luar negeri yang tidak hanya membutuhkan keterampilan teknis bermusik tetapi juga keterampilan bahasa. Berikut contoh penulisan keterampilan ini dalam resume Anda.

  • Nilai Score TOEFL 650
  • Nilai Score IELTS 8

Minat

Minat yang ditulis dalam daftar riwayat hidup sebaiknya singkat namun relevan dengan pengalaman Anda sebagai guru musik. Misalnya, Anda menuliskan menyanyi dan bermain alat musik sebagai salah satu minat yang terkait dengan bidang seni dan musik.

Trik untuk memperbesar peluang CV Guru Musik Anda Diterima Perusahaan

  • Sampaikan prestasi dalam bidang organisasi di kampus bagi Anda yang belum memiliki pengalaman kerja
  • Menulis prestasi di perusahaan lama bagi Anda yang sudah mempunyai pengalaman kerja
  • Deskripsikan diri Anda secara singkat dan padat sehingga bisa dibaca cepat oleh HRD. Usahakan tidak menggunakan kalimat yang terlalu panjang
  • Utamakan tata letak serta struktur sebagaimana dijelaskan sebelumnya
  • Menuliskan atasan atau klien atau orang lain yang bisa memberikan rekomendasi secara tertulis mengenai performa Anda selama bekerja
  • Menghubungi orang-orang yang kompeten melalui LinkedIn
  • Menuliskan curriculum vitae Anda dalam Bahasa Inggris untuk mencerminkan keahlian berbahasa asing Anda.
  • Menuliskan font cetak tebal pada beberapa bagian informasi pribadi seperti nama, nomor telepon dan alamat email.

Frequently Asked Question

Apa perbedaan Curriculum Vitae dengan ATS dengan Curriculum Vitae biasa?

Curriculum Vitae (CV) ATS adalah platform media online yang digunakan untuk mempermudah kandidat sehingga Anda tidak perlu memusingkan format, tata letak, maupun data yang harus disiapkan pada resume guru musik. ATS mencari setiap resume menggunakan mesin pelacak khusus karena itu Anda harus jeli dalam mencantumkan kata kunci yang mudah ditemukan oleh search engine. Sementara dalam Curriculum Vitae biasa, Anda harus membuat format dan tata letak secara manual menggunakan microsoft word.

Apakah desain yang bagus bisa menjamin dipanggil interview?

Template atau desain tidak mempunyai pengaruh terhadap lolosnya CV Anda, sebaiknya gunakan desain yang sederhana dan mudah dibaca oleh HRD.

Apakah jika tidak memiliki keahlian alat musik dapat menjadi guru musik?

Untuk menjadi guru musik, keahlian alat musik mutlak harus Anda miliki. Akan tetapi jika Anda belum mempunyai keahlian ini, Anda bisa belajar secara otodidak atau bergabung bersama lembaga kursus musik.

Apakah ada biaya untuk melamar menjadi guru musik?

Perusahaan tidak pernah meminta biaya untuk setiap CV yang dikirimkan oleh kandidat, beberapa bahkan memiliki platform gratis yang tersedia di website perusahaan atau sekolah tempat Anda melamar.

Berapa lama saya harus menunggu seleksi wawancara yang dilakukan tim HRD?

Umumnya HRD memerlukan waktu selama dua minggu setelah lowongan ditutup untuk menyeleksi CV yang Anda kirimkan, walaupun sebenarnya tidak ada standar pasti untuk hal ini.

Apa saja bidang guru musik yang memiliki peluang kerja tinggi?

Umumnya guru musik di indonesia bisa menjadi guru musik private maupun di sekolah swasta dan negeri.

Kesimpulan cara menulis cv guru musik

Setelah mengetahui dan mempelajari cara penulisan CV guru musik yang menarik, berikut ini kesimpulan yang Anda jadikan checklist sebelum mengirimkan CV guru musik Anda ke pihak perusahaan:

  • Gunakan kalimat informatif dan formal serta menarik bagi HRD.
  • Gunakan kalimat objek jika belum memiliki kemampuan
  • Perhatikan urutan daftar riwayat hidup Anda: judul, tentang saya, pengalaman kerja, keterampilan, portofolio, riwayat pendidikan, sertifikat musik, dan data tambahan lainnya
  • Hanya cantumkan kemampuan yang relevan dengan seni musik
  • Gunakan poin-poin di bagian kemampuan, riwayat pekerjaan, serta bagian lain yang memerlukan penjabaran
  • Jika resume guru musik Anda menggunakan Bahasa Inggris, minta ahli untuk mengeceknya
  • Sisipkan keyword untuk perusahaan yang mengharuskan resume Anda ATS friendly
  • Periksa satu kali lagi sebelum mengirim resume guru musik.
  • Siapkan dokumen data dukung yang dibutuhkan hard copynya, karena beberapa perusahaan seringkali memeriksa keaslian dokumen pada saat wawancara.

Coba lebih banyak template untuk CV Anda

CV Guru Musik (ID)-Chicago.pdf CV Guru Musik (ID)-Rotterdam.pdf
CV Guru Musik (ID)-Riga.pdf CV Guru Musik (ID)-Sydney.pdf