Menyempurnakan Resume

Anda telah menunggu lama untuk pekerjaan impian anda, dan dalam pencarian pekerjaan anda hari ini, anda menemukan kesempatan yang tepat.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 2 ulasan pelanggan

Anda melanjutkan untuk memperbarui resume anda, menyusun surat lamaran anda, dan meninjaunya sebelum mengirimnya ke perekrut.

Resume dan surat lamaran baik-baik saja, tetapi menurut anda itu tidak akan mengesankan perekrut.

Jadi anda bertanya pada diri sendiri, “Apakah ini template resume yang sempurna untuk digunakan? Bagaimana saya mengubah ini menjadi resume yang sempurna?” 

Tidak mudah untuk menulis resume jika seratus pencari kerja lainnya mengincar pekerjaan impian anda. 

Mengirimkan resume bagus yang segera menarik perhatian perekrut akan sangat membantu. 

Kami telah menyusun panduan untuk menulis resume sempurna anda berdasarkan tip yang diberikan oleh pakar karir. Berikut ini akan menunjukkan kepada anda seni menyempurnakan resume . anda juga akan menemukan tautan ke contoh dan templat resume yang sempurna.

Langkah-Langkah yang Harus anda Ikuti Untuk Membuat Resume yang Sempurna 

anda mencari nasihat karir dari mentor anda. 

anda menghabiskan waktu menyusun atau memperbarui resume anda, berhati-hatilah untuk mengikuti panduan yang ditawarkan oleh pakar karir. 

Tetapi apakah usaha anda akan menghasilkan pekerjaan yang anda inginkan? 

Ikuti panduan langkah demi langkah ini sehingga anda dapat membuat resume anda sendiri. 

Apa yang Dicari Pengusaha dalam Resume?

Bagaimana seharusnya resume yang sempurna?

Dengan begitu banyak pekerjaan yang harus diisi dan begitu banyak resume untuk ditinjau, perekrut dan perekrut cenderung menyukai resume yang rapi dan mudah dilihat. 

Mereka mencari resume yang memperhatikan kualifikasi anda yang relevan dengan pekerjaan, seperti keterampilan khusus yang anda peroleh. 

Apa Format Sempurna untuk Resume? 

Salah satu kunci untuk menulis resume yang ideal adalah memilih format yang tepat. 

Menurut penulis resume profesional, ada tiga jenis format resume yang dapat anda gunakan. 

Format yang paling akrab dengan majikan adalah resume kronologis. Format ini memfokuskan perhatian pada pengalaman kerja, tugas, dan riwayat kerja anda. 

anda mencantumkan semua peran pekerjaan atau pekerjaan anda dalam urutan kronologis terbalik, yaitu pekerjaan terbaru di bagian atas dan pekerjaan pertama di bagian bawah. Format ini memberi tahu pemburu kepala bagaimana pengalaman kerja anda telah membentuk dan mempersiapkan anda untuk pekerjaan ideal anda. 

Jenis lainnya adalah format fungsional berbasis keterampilan, yang menekankan keterampilan anda yang relevan. Jenis format resume ini adalah yang terbaik bagi pemburu pekerjaan tingkat pemula untuk menarik perhatian pada keterampilan mereka alih-alih kurangnya pengalaman yang relevan. 

Format yang sama juga dapat digunakan oleh mereka yang beralih ke industri baru atau mereka yang memiliki kesenjangan resume – periode ketika pencari kerja menganggur. 

Tipe ketiga adalah format kombinasi, disebut demikian karena menggabungkan keterampilan dan rangkuman  profesional yang disorot dalam format fungsional dan pengalaman kerja yang ditekankan dalam format kronologis. Format ini tidak cocok untuk pemburu pekerjaan tingkat pemula. 

Pengubah karir yang ingin menonjolkan keterampilan mereka yang dapat ditransfer akan mendapat manfaat dari format kombinasi. 

Namun, karena sebagian besar pemberi kerja tidak terbiasa dengan format ini, pelamar kerja cenderung menghindari format ini. 

Selalu Gunakan Template yang Tepat untuk Resume anda 

Konten dan penampilan resume anda harus mencerminkan tingkat profesionalisme dan kreativitas anda. 

Biasanya, resume harus memiliki bagian berikut, yang akan kita bahas secara rinci.

  • Informasi Kontak
  • Rangkuman Profesional
  • Keterampilan
  • Pengalaman Kerja
  • Pendidikan

Namun, manajer SDM tidak akan langsung melihat konten tersebut. Sebaliknya, mereka akan melihat tata letak dan penyajian konten. Jadi, bagaimana anda memformat resume yang sempurna? 

Berikut adalah tip ahli untuk memformat resume yang bagus. 

Rancang template yang elegan dan ramping menggunakan panduan berikut: 

  • Gunakan jenis font sederhana dan ukuran font tidak lebih kecil dari 11.
  • Terapkan margin yang berukuran setidaknya 0,7 inci.
  • Pertahankan ruang putih yang cukup untuk memisahkan bagian satu sama lain.
  • Pertahankan tata letak yang sederhana dan hindari desain hiasan.
  • anda dapat menggunakan warna untuk menyorot judul atau bagian, tetapi jangan berlebihan dalam menggunakan warna.
  • Menahan diri dari menggunakan grafik dan clipart di resume anda.
  • Kecuali diinstruksikan, jangan simpan resume anda dalam format PDF karena beberapa sistem pelacakan pelamar (ATS) memindai PDF sebagai gambar dan tidak akan menangkap informasi yang anda bagikan di resume anda.

Lihat templat resume melalui tautan ini: https://cvmenarik.com/resume-template/

Selalu Sertakan Tujuan atau Rangkuman dalam Resume anda

Jika anda seorang pencari kerja yang berpengalaman, manajer HR pasti ingin tahu nilai apa yang dapat anda tambahkan ke perusahaan mereka. 

Rangkuman profesional memberikan gambaran umum kepada calon atasan anda tentang mengapa anda sangat cocok untuk pekerjaan itu. 

Di sisi lain, jika anda baru dalam pencarian kerja, pengalaman kerja atau riwayat pekerjaan anda tidak terkait dengan pekerjaan yang anda lamar, anda bisa mendapatkan perhatian perekrut dengan pernyataan objektif yang ditulis dengan baik. 

Pernyataan rangkuman  resume atau pernyataan objektif resume anda harus berada di bagian atas resume anda, mengikuti detail kontak anda. Ini akan menjadi hal pertama yang akan dibaca oleh calon majikan anda tentang nilai anda bagi mereka. 

Cara Menulis Tujuan atau Rangkuman Resume yang Sempurna

Menjadi penting bahwa anda menulis pernyataan rangkuman  resume atau resume rangkuman  objektif yang akan dengan mudah terhubung dengan perekrut. 

Saat anda menulis pernyataan rangkuman , ingatlah hal-hal berikut: 

  • Batasi pernyataan rangkuman  menjadi satu atau tiga kalimat yang menggambarkan kemampuan anda.
  • Fokus pada pencapaian penting anda daripada pada tugas sehari-hari atau pencapaian harapan pekerjaan minimum.
    Misalnya, alih-alih menulis, “Saya berurusan dengan klien yang sulit,” tulis, “Secara konsisten mencapai peringkat kepuasan pelanggan tertinggi mulai dari 96,1 hingga 98,9% selama empat tahun terakhir.” 
  • Personalisasi rangkuman  anda dengan menyebutkan nama perusahaan yang ingin anda ikuti.
    Misalnya, alih-alih menulis, “Mencari kemajuan karir dengan bank bergengsi,” anda menulis, “Mencari kemajuan karir dengan Citigroup Inc.” 

Rangkuman tujuan resume anda harus memberi tahu perekrut apa yang anda bawa saat anda bergabung dengan mereka – dengan atau tanpa pengalaman serupa. 

Manfaatkan keterampilan anda yang dapat ditransfer untuk menunjukkan bahwa keterampilan atau pengalaman anda relevan dengan pekerjaan itu. 

  • Buka dengan deskripsi diri anda
  • Jadikan tujuan resume anda menonjol dengan angka.
  • Hindari penggunaan kata ganti orang pertama.

 Berikut adalah contoh pernyataan objektif resume yang baik: 

“Lulusan Manajemen Bisnis yang memiliki motivasi diri dengan IPK 3,8 dan penghargaan luar biasa untuk memenangkan lebih dari 12 kandidat lainnya dalam kompetisi wirausaha mahasiswa di seluruh kota, yang ingin memulai karir dengan DEF Investments sebagai Management Trainee; Ingin memanfaatkan keterampilan pemasaran yang kuat dan kecerdasan finansial untuk membantu DEF Investments dengan tujuan bisnisnya. 

Tips Membuat Pengalaman Kerja anda Menonjol 

Pengalaman Kerja yang anda bagikan di resume anda harus memberi tahu perekrut kisah yang kuat secara lebih rinci tentang riwayat pekerjaan anda, dilakukan dalam urutan kronologis terbalik. 

Mari kita lihat format presentasi pekerjaan saat ini dan pekerjaan sebelumnya. 

Jabatan Resmi 

Informasi ini harus berada di bagian atas setiap entri di bagian Pengalaman Kerja. 

Buatlah menonjol baik dengan membuatnya tebal atau menggunakan ukuran font yang lebih besar dengan 1 atau 2 poin dari sisa item dalam entri itu. 

Beberapa perusahaan menggunakan jabatan pekerjaan yang unik. Akan membantu jika anda menunjukkan istilah yang setara di sebelahnya. 

Judul pekerjaan Kaizen Supervisor adalah contohnya. Ini mengacu pada perbaikan terus-menerus, yang oleh perusahaan lain disebut Rekayasa Ulang Proses. 

Jadi di resume anda, seharusnya terlihat seperti ini: 

Kaizen Supervisor (Process Re-engineering Supervisor) 

Nama perusahaan 

Di bawah judul pekerjaan, tunjukkan nama bisnis perusahaan anda saat ini atau sebelumnya. Sertakan kota dan negara bagian di mana ia berada. 

Jika anda bekerja di luar negeri, tambahkan nama negara tempat perusahaan tersebut berada. 

Jangka Waktu Tertanggung

Berapa lama perusahaan itu mempekerjakan anda? Tunjukkan bulan dan tahun anda memulai dan bulan serta tanggal berakhirnya pekerjaan anda dengan mereka. 

anda tidak perlu menunjukkan tanggal. Menentukan hanya tahun-tahun yang tercakup juga dapat diterima. 

Tugas dan Tanggung Jawab Utama 

anda tidak perlu membuat daftar tugas khusus yang menyertai pekerjaan itu; sebaliknya, fokuslah pada tugas dan tanggung jawab yang relevan dengan posisi yang anda lamar. 

Tugas dan tanggung jawab ini harus dijelaskan dalam poin-poin, dengan setiap poin-poin mewakili satu tugas atau tanggung jawab penting. Lima hingga enam poin peluru per pekerjaan sudah cukup. 

Gunakan kata kerja tindakan yang kuat untuk menggarisbawahi nilai setiap tugas dan tanggung jawab. 

Kata kerja tindakan ini harus mengikuti aturan tata bahasa pada kata kerja tegang. 

Jika anda menggambarkan pekerjaan saat ini, kata kerja tindakan anda harus dalam bentuk sekarang dan yang berkaitan dengan pekerjaan anda di masa lalu, harus memiliki kata kerja tindakan dalam bentuk lampau. 

Prestasi anda 

Daftar tugas dan tanggung jawab anda menunjukkan apa yang dapat anda lakukan, tetapi pencapaian anda berbicara tentang seberapa baik anda melakukannya. 

Banyak pelamar lain akan mengklaim tugas dan tanggung jawab yang sama, dan jika anda ingin membedakan diri anda dari mereka, masuk akal untuk menyoroti tingkat kemahiran anda. 

Gunakan poin-poin untuk mempresentasikan pencapaian anda.

Contoh

Di bawah ini adalah contoh efektif dari entri pengalaman kerja dalam resume pelamar Pelatih Senior 

Spesialis Pelatihan
XYZ Telekomunikasi, Inc.
San Francisco, California,
September 2014 – Desember 2020
Tugas dan Tanggung Jawab Utama:

  • Merancang, menyampaikan, dan mengevaluasi program pelatihan inti XYZ yang terdiri dari Orientasi Perusahaan, Pengetahuan Produk, dan Keunggulan Layanan Pelanggan
  • Menjadwalkan pelaksanaan program pelatihan inti untuk mencapai target jumlah karyawan yang dilatih dalam tahun ini
  • Mengontrol dan memantau anggaran yang dialokasikan untuk program pelatihan inti
  • Program pelatihan soft skill yang dirancang dan difasilitasi bersama seperti Keterampilan Komunikasi Bisnis yang Efektif, Manajemen Waktu, dan Kecerdasan Emosional, dengan Spesialis Pelatihan Senior
  • Menulis panduan fasilitator untuk program pelatihan inti dan modul program pelatihan soft skill yang ditugaskan
  • Pelatih lini yang dibantu dalam merancang program pelatihan keterampilan

Prestasi Utama:

  • Pencapaian 100% peserta pelatihan yang ditargetkan untuk setiap program pelatihan inti
  • Secara konsisten mencapai peringkat evaluasi pelatih yang sangat baik
  • Tercatat rata-rata penghematan 3,9% selama tiga tahun terakhir untuk biaya program pelatihan inti

Di bawah ini adalah entri pengalaman kerja yang sama tetapi ditulis berbeda 

Spesialis Pelatihan
XYZ Telekomunikasi, Inc.
San Francisco, California,
September 2014 – Desember 2020
Tugas dan Tanggung Jawab Utama:

  • Menulis garis besar dan menyiapkan presentasi PowerPoint untuk beberapa program pelatihan
  • Mempersiapkan dan merilis kalender pelatihan tahunan
  • Meringkas dan melaporkan biaya pelatihan setiap bulan
  • Spesialis Pelatihan Senior yang dibantu dalam desain dan penyampaian program pelatihan yang dipilih sesuai kebutuhan
  • Memberikan bantuan kepada pelatih lini dalam merancang program pelatihan teknis

Prestasi Utama:

  • Menyelesaikan semua program pelatihan terjadwal sesuai jadwal
  • Meminimalkan biaya pelatihan
  • Secara konsisten mendapat peringkat tinggi dalam evaluasi pelatihan

Versi mana yang akan lebih menarik bagi pakar karier? 

Beberapa Posisi, Satu Majikan

Pengalaman kerja anda mungkin hanya dengan satu majikan, tetapi anda memiliki banyak pekerjaan dengan mereka. 

Dalam kasus seperti itu, anda dapat meletakkan nama pemberi kerja di bagian atas dan mencantumkan semua posisi yang anda miliki dengan mereka, atau memisahkan berbagai posisi dengan mengikuti format yang dijelaskan di atas.

Selalu Sertakan Informasi Pendidikan di Resume anda 

Bagian Pendidikan resume anda harus mudah ditulis. 

Kredensial akademik anda menambah nilai pada resume anda tetapi harus dibatasi pada nama sekolah yang anda hadiri, gelar apa yang anda dapatkan, dan tahun kelulusan. 

Kursus jangka pendek yang relevan dengan posisi yang anda lamar juga akan membantu. 

Namun, jika anda tidak memiliki pengalaman kerja, Bagian Pendidikan harus muncul sebelum bagian Pengalaman Kerja dan menunjukkan lebih banyak detail untuk mengimbangi kurangnya pengalaman profesional. 

Resume anda harus mencakup pekerjaan sukarela yang relevan, afiliasi klub atau kelompok, dan kegiatan ekstrakurikuler untuk menunjukkan bahwa anda telah memperoleh beberapa tingkat pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan untuk membantu pekerjaan itu. 

Menghadirkan Kombinasi Hard dan Soft Skill 

Perekrut menyukai pencari kerja dengan keterampilan khusus yang sesuai dengan persyaratan pekerjaan, jadi anda perlu membuat keterampilan anda sangat terlihat. 

Daftarkan keahlian anda, mulai dengan yang paling relevan dengan pekerjaan itu; mengacu pada deskripsi pekerjaan. 

Kenali hard skill dan soft skillnya. 

Keterampilan keras akan mengacu pada keterampilan teknis atau keterampilan khusus pekerjaan, misalnya, perbaikan jaringan, manajemen biaya, dll. 

Soft skill, di sisi lain, adalah keterampilan yang berkaitan dengan manajemen diri dan hubungan dengan orang lain. Contoh keterampilan ini termasuk keterampilan interaksi, nilai kerja, dll. 

Seringkali, perekrut lebih memperhatikan keterampilan keras karena selain lebih mudah diukur dan dibuktikan, pengusaha lebih suka mempekerjakan orang yang sudah memiliki keterampilan teknis. 

Selalu cari kata kunci dalam deskripsi pekerjaan untuk membantu anda mengidentifikasi keahlian apa yang penting bagi calon pemberi kerja. 

Jangan Lupa Tentang Informasi Kontak 

Nama anda harus dipusatkan di bagian paling atas resume anda. anda dapat meninggalkan nama tengah anda. 

Tepat di bawah nama anda, tunjukkan informasi “harus dimiliki” berikut: 

Nomor telepon 

Gunakan nomor ponsel pribadi anda dan bukan nomor telepon rumah anda. anda tidak tahu kapan calon majikan akan menelepon, jadi mereka harus menghubungi anda melalui ponsel anda. 

Alamat email pribadi 

Jika anda saat ini bekerja, jangan gunakan alamat email perusahaan anda karena tidak etis. Gunakan alamat email formal yang terdiri dari nama atau inisial anda. 

Hindari alamat email seperti sweettooth@gmail.com. 

URL LinkedIn

Karena ini adalah platform untuk para profesional, tidak apa-apa untuk menyertakan profil LinkedIn anda. 

Meskipun saat ini dapat diterima untuk memasukkan situs web pribadi dan akun media sosial anda sebagai informasi kontak, menggunakannya dalam resume anda adalah opsional. 

Alamat rumah anda juga merupakan informasi opsional kecuali iklan pekerjaan menentukan lain. 

Namun, anda harus menghilangkan yang berikut ini: 

Tanggal lahir 

Undang-undang ketenagakerjaan melarang ageism, jadi anda tidak perlu menunjukkan tanggal lahir anda kecuali jika diperlukan. 

Alamat email kedua, alamat surat, atau nomor telepon 

anda tidak ingin membingungkan atasan anda tentang cara menghubungi anda, jadi tetap berpegang pada nomor telepon dan alamat email utama anda . 

Kunci Utama dan Tips Tambahan untuk Resume Sempurna

Saran karir yang lebih baik adalah anda menulis resume dan surat lamaran yang akan membedakan anda dari pelamar lain.

Selain panduan langkah demi langkah yang kami berikan kepada anda, kami membagikan tips tambahan di sini untuk membantu anda menulis resume.

Pemindai dan Sistem Pelacakan

Dengan otomatisasi prosedur perekrutan, lebih banyak perusahaan mengandalkan sistem pelacakan pelamar. Sistem ini menilai resume berdasarkan kata kunci yang cocok dengan deskripsi pekerjaan.

Lihat deskripsi pekerjaan dan cari kata kunci yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab anda saat ini dan sebelumnya. Gunakan kata kunci tersebut dalam menguraikan riwayat pekerjaan anda.

Hindari menggunakan informasi kontak anda sebagai header dan footer karena pemindai resume tidak menangkap bagian ini.

Bagian Tambahan

Jika anda kurang pengalaman, anda selalu dapat menggunakan pendekatan berbasis keterampilan dalam aplikasi anda.

Tambahkan bagian untuk Menyertakan informasi lain yang menekankan kecocokan anda untuk pekerjaan itu, misalnya, sertifikasi, penghargaan, hobi, afiliasi klub, dan pengalaman sukarelawan.

Daftar sertifikasi tercakup di bawah ini di bagian Pertanyaan yang Sering Diajukan.

Penghargaan

Anda dapat menempatkan penghargaan anda sebagai bagian dari pencapaian anda di bagian riwayat pekerjaan, tetapi jika anda memiliki lebih dari satu, tidakkah anda ingin menunjukkannya dengan membuat bagian terpisah?

Daftar semua penghargaan anda dalam urutan kronologis terbalik.

Tentukan nama setiap penghargaan, tahun anda mendapatkannya, dan organisasi apa yang memberikannya kepada anda.

Potongan informasi ini berguna ketika anda tidak memiliki pengalaman kerja relevan yang memadai yang cocok dengan pekerjaan tersebut.

Pekerjaan sukarela

Pekerjaan sukarela harus dimasukkan dalam bagian pengalaman kerja jika keterampilan yang diperoleh relevan dengan pekerjaan itu.

Jika anda memiliki beberapa pengalaman relawan, relevan atau tidak, anda dapat menempatkannya di bagian terpisah.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apa itu Resume?

Resume merangkum pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja anda yang diperoleh dari sepuluh tahun bekerja.

Ini adalah dokumen yang sangat penting bagi pencari kerja karena merupakan dasar perekrut untuk menilai kecocokan anda untuk pekerjaan itu.

Berapa Lama Seharusnya Resume?

Idealnya, resume harus sepanjang satu halaman, tetapi tergantung pada panjang pengalaman profesional anda, resume bisa mencapai dua halaman.

Untuk menghindari resume yang panjang, batasi jumlah pekerjaan yang anda tunjukkan di bagian Pengalaman Kerja hingga sepuluh tahun pekerjaan anda, atau 15 tahun jika bertujuan untuk posisi manajemen tingkat atas.

Bagaimana Membuat Daftar Referensi di Resume?

Daftar referensi anda harus berada di halaman terpisah dari resume anda, diberi label yang sesuai.

Sebutkan tiga referensi, yang menunjukkan nama lengkap mereka, jabatan resmi, perusahaan tempat mereka bekerja, dan detail kontak mereka. Ketiganya pasti memiliki hubungan profesional dengan anda.

Mintalah izin dari referensi anda sebelum mencantumkan nama mereka.

Bisakah Resume Menjadi Dua Halaman?

Resume harus muat dalam satu halaman jika pelamar kerja adalah pencari kerja baru, kandidat tingkat pemula, atau mereka yang memiliki riwayat kerja kurang dari lima tahun.

Pencari kerja dengan pengalaman kerja yang lebih luas dapat memuat resume mereka dalam dua halaman.

Bagaimana Mendaftar Sertifikasi di Resume?

Anda harus menambahkan bagian baru dengan judul Sertifikasi ke resume anda, tetapi hanya jika anda memiliki sertifikasi yang relevan; jika tidak, anda dapat melewati bagian ini.

Sertifikasi menyajikan bukti kecocokan anda untuk pekerjaan itu, tetapi tidak sama dengan penghargaan. Sertifikasi biasanya diberikan setelah lulus tes.

Untuk resume sample lainnya, klik tautan ini: https://resume-example.com/cv/