Resume untuk Ketua Tim

Jika anda adalah seseorang yang mencoba melamar posisi kepemimpinan langsung, anda perlu mencontohkan kualitas kritis yang ditemukan dalam diri seorang pemimpin.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 2 ulasan pelanggan

Kualitas kepemimpinan ini dapat mencakup segala hal mulai dari menyelesaikan konflik dan manajemen bisnis hingga berkomunikasi dengan orang lain secara profesional.

Karena seorang pemimpin tim perlu mencontohkan keterampilan yang disebutkan di atas, menunjukkannya kepada orang banyak atau selama wawancara harus segera dilakukan untuk anda. 

Namun, apa yang anda lakukan untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilan pemimpin tim anda saat harus menuliskannya di atas kertas? Ini mungkin tantangan yang berbeda untuk anda. 

Untungnya, kami di sini untuk memandu anda dalam menulis resume yang kuat untuk pemimpin tim dengan bantuan sampel, contoh, dan tip resume pemimpin tim kami.

anda dapat melihat lebih banyak contoh resume dan pembuat resume kami dengan mengklik di sini . 

Apa yang Dicari Pengusaha dalam Resume Pemimpin Tim 

anda bisa menjadi pemimpin tim yang hebat yang mencontohkan semua keterampilan kepemimpinan yang diperlukan untuk memimpin sekelompok orang. anda mungkin bisa menggerakkan orang banyak dan menginspirasi kepercayaan pada lister dengan pidato-pidato besar. 

Namun, ketika anda sedang dalam proses mencari pekerjaan, anda harus menuliskan semua pengalaman kerja, pencapaian, keterampilan, dan kualifikasi lainnya di atas kertas. 

anda menulis untuk mendapatkan perhatian manajer perekrutan dan mendapatkan kesempatan untuk mengesankan mereka lebih jauh selama wawancara. Resume yang solid adalah langkah besar pertama dalam mengamankan peran sebagai pemimpin tim. 

Banyak faktor yang berperan ketika kita berbicara tentang membuat resume pemimpin tim yang efektif. 

Aplikasi yang baik akan dipisahkan menjadi beberapa bagian. Setiap bagian perlu menunjukkan kepada manajemen perekrutan mengapa anda adalah pilihan terbaik untuk memimpin tim, mengelola proyek, mengawasi kru di konstruksi, dll. 

Setiap bagian perlu menyoroti mengapa anda adalah pemimpin tim yang baik. 

Apa Format Sempurna untuk Resume Pemimpin Tim? 

Sebelum kita menulis dan menyempurnakan bagian resume pemimpin tim anda, penting untuk dicatat bahwa resume tidak akan kuat tanpa tata letak dan struktur yang cukup baik. 

Memang, agar resume pemimpin tim anda benar-benar bersinar, itu perlu diformat secara logis dan dapat dimengerti. Format resume menentukan alur dan struktur aplikasi, jumlah halaman, serta font dan ukuran font. 

Sebaiknya gunakan pemformatan kronologis terbalik saat menulis bagian resume pemimpin tim anda. Ini berarti bahwa informasi yang anda berikan di bagian riwayat pekerjaan atau pendidikan anda akan dimulai dari yang terlama hingga yang terbaru. 

Berikut tip pro, cobalah untuk memasukkan semua informasi pemimpin tim anda ke dalam satu halaman. Sumber daya manusia jarang membaca seluruh resume, dan memiliki banyak halaman terbukti menghambat kesuksesan pencarian kerja anda. 

Selain itu, kami menyarankan untuk memilih font dan pemformatan yang serupa. anda dapat menyesuaikan font untuk area seperti menebalkan nama posisi dalam riwayat pekerjaan dan judul bagian anda. 

Mulailah dengan Memilih Template yang Tepat untuk Resume anda 

Selain memberikan resume anda format yang efektif, anda juga harus fokus untuk membuat aplikasi mudah dibaca. anda dapat melakukan ini dengan memberikan resume struktur yang mudah diikuti. 

Struktur yang baik, atau dikenal sebagai template resume , akan membedakan resume pemimpin tim anda dari kompetisi dan menarik perhatian manajer perekrutan. Template yang baik akan memastikan bahwa tata letak semua bagian logis dan ditempatkan dengan tepat. 

Saran kami adalah menulis bagian resume anda dengan templat dalam pikiran. Untuk ide template resume lainnya, kunjungi situs web kami . 

Berikut daftar semua bagian yang harus anda sertakan dalam resume pemimpin tim anda untuk membuatnya sekuat mungkin; Kami akan membahas masing-masing langkah demi langkah dalam artikel ini. Kami menyarankan untuk menyusun bagian-bagian ini dalam urutan yang anda lihat di sini: 

  • Info Kontak
  • Lanjutkan Tujuan atau rangkuman Profesional
  • Bagian Keterampilan
  • Bagian Pengalaman Kerja
  • Bagian Pendidikan

Cara Menulis Bagian Pendidikan dari Resume Pemimpin Tim 

Sekarang setelah anda memahami pentingnya memformat aplikasi anda dengan benar dan menggunakan templat resume yang kuat, sekarang saatnya untuk membahas bagian resume pemimpin tim pertama yang akan kita bahas dalam artikel ini – bagian pendidikan. 

Menyertakan bagian pendidikan dalam resume anda pasti akan meningkatkan minat perekrut pada aplikasi dan pencalonan anda. 

Bagian ini menawarkan wawasan tentang latar belakang akademis anda dan memberi pembaca pemahaman tentang jenis pendidikan dan pengetahuan yang anda bawa ke meja. 

Bagian pendidikan adalah kesempatan lain untuk menunjukkan nilai anda. Hal ini terutama berlaku untuk pelamar yang tidak memiliki banyak pengalaman kerja di bawah ikat pinggang mereka. 

Selalu Sertakan Informasi Pendidikan di Resume anda 

Berikut tip pro, buat bagian ini singkat dan buat daftar semua aspek penting dari pendidikan anda dengan poin-poin, seperti gelar sarjana anda. Selain itu, sebutkan IPK anda hanya jika 3,7 atau lebih tinggi. 

Biasanya, sampel resume pemimpin tim operasi yang efektif akan memiliki bagian pendidikan yang ditulis di bawah bagian pengalaman kerja dari aplikasi. 

Ini adalah daftar informasi untuk dimasukkan dalam bagian pendidikan: 

  • Nama dan Lokasi Sekolah
  • Tahun di Sekolah
  • Gelar sarjana atau lebih tinggi
  • Kursus yang Relevan
  • Klub dan Kegiatan Ekstrakurikuler yang Relevan

Pilih antara Tujuan atau rangkuman untuk Resume Pemimpin Tim anda 

Memang benar bahwa saat ini, sebagian besar manajer perekrutan bahkan tidak repot-repot membaca setiap resume yang mereka terima setiap hari. Ini selalu terjadi dengan perekrut. 

Karena tingginya jumlah resume yang akan diterima oleh perusahaan perekrutan, staf departemen SDM akan membaca resume dengan sangat singkat. 

Cara yang baik untuk mengalahkan peluang, dalam hal ini, dan mendapatkan perhatian perekrut adalah dengan memasukkan tujuan resume atau bagian rangkuman profesional di resume anda. 

Bagian ini biasanya berada di atas resume anda, tepat di bawah informasi kontak anda. rangkuman atau tujuan memungkinkan anda untuk menampilkan diri anda kepada perekrut tanpa membicarakan semua pengalaman anda.

Bayangkan bahwa bagian ini adalah promosi penjualan yang anda lakukan kepada manajer perekrutan. 

Apa perbedaan antara rangkuman dan tujuan, anda mungkin bertanya? Perbedaannya adalah sebagai berikut: 

rangkuman Profesional : rangkuman adalah pilihan yang lebih baik untuk pemimpin tim yang lebih berpengalaman yang pernah bekerja dan mengelola grup di masa lalu. anda harus berbicara secara singkat tentang pencapaian masa lalu anda, keterampilan terbaik, dan mengapa anda sangat cocok untuk perusahaan. 

Tujuan Resume : Tujuan resume cocok untuk manajer tim baru yang tidak memiliki banyak pengalaman. anda akan menggunakan bagian ini sebagai cara untuk memperkenalkan diri kepada perekrut. Bicarakan secara singkat tentang tujuan karir anda dan tuliskan keahlian anda. Coba sebutkan juga prestasi dan pendidikan masa lalu. 

Pastikan untuk menyelaraskan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian anda dengan deskripsi lowongan pekerjaan. 

Cara Menulis Tujuan atau rangkuman Resume yang Sempurna 

Pastikan bahwa tujuan resume anda mencakup keterampilan komunikasi anda, kelayakan untuk posisi pemimpin tim, serta tujuan karir anda, dan ingatlah untuk membuatnya singkat. 

Di bawah ini kami akan menunjukkan kepada anda contoh tujuan resume yang efektif dan tidak efektif: 

Objektif 

Lulusan Administrasi Bisnis yang berorientasi pada tujuan dan berorientasi pada hasil dengan catatan sukses mengelola orang sebagai Ketua Tim untuk 3 kelompok kelas tesis. Ambisi saya adalah menjadi Pemimpin Tim untuk Johnson Retailers Incorporated. Saya yakin bahwa keterampilan, pola pikir, dan dedikasi saya akan membantu perusahaan anda melampaui rekor profitabilitasnya sebesar $200 juta yang tercatat pada tahun 2018.

Tujuan ini ringkas dan mencakup semua dasar, pengenalan, tujuan karir, dan keterampilan. 

Objektif 

Sarjana Administrasi Bisnis yang memimpin 3 kelompok kelas tesis. Ingin menjadi Ketua Tim. Saya memiliki pola pikir dan dedikasi yang kuat, yang dapat bermanfaat bagi perusahaan anda. 

Tujuan resume ini lemah. Ini terlalu kabur dan tidak memberikan gambaran yang cukup baik tentang keterampilan, pengalaman, dan tujuan orang tersebut. 

rangkuman profesional harus ringkas dan to the point. Pastikan untuk mencantumkan keahlian dan pencapaian terbaik anda untuk membangun nilai resume pemimpin tim anda. 

Di bawah ini kami akan menunjukkan kepada anda contoh rangkuman profesional yang efektif dan tidak efektif:

rangkuman 

Pemimpin tim yang berorientasi pada hasil dengan keahlian dalam saldo terutang, faktur, kontrol dokumen, dan pelaporan keuangan. Efektif dalam mengelola berbagai departemen dan karyawan baru untuk mencapai tujuan bisnis. Berorientasi pada detail dan efisien, mampu mendorong staf dan membentuk hubungan yang kuat, dengan kekuatan dalam pelatihan kandidat, serta manajemen proyek dan waktu. 

rangkuman ini kuat. Ini singkat namun menggambarkan keterampilan dan pencapaian seseorang dengan sempurna. Semuanya sudah jelas. 

rangkuman 

Pemimpin tim dengan pengetahuan tentang pelaporan keuangan. Berpengalaman dalam mengelola tim yang beragam, terampil dalam manajemen proyek dan waktu. 

rangkuman ini lemah karena beberapa alasan. Kami tidak dapat memahami dengan tepat apa yang dikatakannya: terlalu kabur, dan tidak ada spesifiknya. Resume ini tidak akan maju ke tahap wawancara. 

Tips Membuat Pengalaman Kerja anda Menonjol 

Sekarang setelah kita selesai dengan bagian tujuan dan rangkuman, saatnya untuk mulai menulis bagian terpenting dari resume pemimpin tim anda – bagian pengalaman kerja. 

Banyak pemimpin tim yang hebat akan memiliki beragam pengetahuan dan keahlian dari pengalaman kerja mereka. Namun, mereka tidak dapat maju karena mereka tidak dapat menempatkan riwayat pekerjaan sebelumnya ke dalam format resume. 

Memang, berhasil menulis bagian pengalaman adalah setengah dari perjuangan menulis resume pemimpin tim yang efektif. 

Pastikan untuk membuat daftar semua deskripsi pekerjaan yang penting dan sukses di bagian ini. Gunakan poin-poin untuk membuat deskripsi pekerjaan untuk setiap pekerjaan lebih terlihat. 

Selain itu, ingatlah bahwa manajer perekrutan cenderung menggunakan program pemindaian untuk menyaring resume yang mereka terima. Ini Sistem Pelacakan Pemohon (ATS) dirancang untuk memilih surat pengantar dengan jumlah tertinggi kata kunci. 

Sangat penting untuk menciptakan keseimbangan kata kerja tindakan, kata kunci, dan istilah industri yang terkait dengan bisnis yang anda lamar dan kata-kata biasa. Tolong jangan membebani bagian pengalaman kerja anda dengan jargon; itu masih harus dibaca. 

Penting juga bagi anda untuk melihat posting pekerjaan untuk menulis atau mengedit bagian pengalaman kerja anda agar lebih sesuai dengan pekerjaan itu. 

Contoh Pengalaman Kerja 

Deskripsi pekerjaan yang baik harus mencantumkan semua tanggung jawab pekerjaan, pengalaman, dan pencapaian anda yang relevan dengan jelas dan dapat dipahami. Jangan membuat resume sangat berdasarkan tingkat layanan, cobalah untuk menunjukkan kemampuan anda sebagai pemimpin tim juga. 

Berikut adalah contoh deskripsi pekerjaan yang efektif: 

Pengalaman
Ketua Tim Operasi

Telekomunikasi Gotham
   06/2015 – 11/11/2018
   New York, New York

  • Menyiapkan laporan evaluasi kinerja tim dengan bantuan dari analis kinerja untuk diserahkan kepada manajemen senior selama rapat tim.
  • Program dialer prediktif yang dikalibrasi untuk mengurangi panggilan mati hingga 80% dan meningkatkan produktivitas sumber daya manusia hingga 400%.
  • Menganalisis data pribadi anggota tim individu untuk menunjukkan kelemahan, kemudian menjadwalkan sesi pelatihan satu lawan satu untuk mengatasi faktor-faktor yang mungkin dan meningkatkan kinerja.
  • Memanfaatkan program telekomuter untuk meningkatkan produktivitas sebesar 40% dan mengurangi biaya sebesar 25%.
  • Menetapkan tolok ukur untuk penjualan, kepuasan pelanggan, dan manajemen anggota tim baru.

Resume pemimpin tim operasi ini mencakup semua basis; itu menyebutkan keterampilan utama dan metrik utama dalam deskripsi, menciptakan bagian pengalaman kerja yang kuat dan profesional.

Di bawah ini, di sisi lain, kita dapat melihat deskripsi pekerjaan yang tidak efektif: 

Pengalaman
Ketua Tim Operasi

Telekomunikasi Gotham
   06/2015 – 11/11/2018
   New York, New York

  • Laporan evaluasi kinerja tim disiapkan berdasarkan data pribadi dan program pelatihan yang disarankan.
  • Memanfaatkan program telecommuter untuk meningkatkan efisiensi tim.
  • Program dialer prediktif yang diprogram ulang untuk meningkatkan produktivitas.
  • Berurusan dengan afiliasi pihak ketiga dan memastikan kepuasan pelanggan untuk pelanggan internal dan eksternal.

Seperti yang anda lihat, tidak banyak yang bisa dilakukan dalam resume pemimpin tim operasi ini. Berbeda dengan contoh pertama, deskripsi pekerjaan ini terlalu singkat dan tidak melibatkan metrik kunci atau keterampilan utama yang digunakan pemimpin tim. 

Kami tidak melihat bagaimana operasi pemimpin tim dilakukan, atau bagaimana dia berinteraksi dengan anggota tim. Ini adalah resume pemimpin tim operasi yang lemah . 

Jika anda ingin melihat resume yang lebih berorientasi manajemen bisnis, klik di sini untuk contoh resume pemimpin tim. 

Buat Daftar Keterampilan Kinerja Tim untuk membantu anda Mengelola Anggota Tim 

Setelah menulis pengalaman kerja, anda harus memberi tahu manajer perekrutan tentang keterampilan kepemimpinan spesifik anda yang lain untuk memberi manfaat bagi perusahaan perekrutan. anda dapat melakukan ini dengan bagian keterampilan. 

Bagian ini umumnya harus terdiri dari 6 – 12 hard skill. Menyertakan soft skill tidak akan meningkatkan minat karena lebih umum dan sulit untuk diuji. Sertakan keterampilan yang membutuhkan lebih banyak pelatihan. 

Berikut daftar keterampilan teratas untuk pemimpin tim: 

  • Layanan Pelanggan
  • Komunikasi yang Efektif
  • Lantai Penjualan
  • Darurat
  • Sasaran Penjualan
  • Prosedur Keselamatan
  • Kebijakan Perusahaan
  • Perjanjian Tingkat Layanan
  • Peningkatan Proses
  • Membuat Laporan
  • Memberikan Pelatihan
  • Manajemen Bisnis
  • Pengambilan Keputusan
  • Pelatihan
  • Alokasi sumber daya
  • Mengelola Pengembangan
  • Ulasan Kinerja
  • Pemecahan Masalah

Kami merekomendasikan untuk melihat lowongan pekerjaan agar sesuai dengan bagian keterampilan resume anda dengan apa yang dicari oleh perusahaan perekrutan. 

Jangan Lupa Tentang Informasi Kontak 

Di awal resume anda, di bagian terpisah pastikan untuk memperbesar ukuran nama anda dan tulis info kontak di bawah ini. Ini akan menjadi bagian pertama dari resume anda. 

Setelah menambahkan nama, alamat email, dan nomor telepon kantor anda, masih ada beberapa elemen yang perlu dipertimbangkan untuk membuat resume anda lebih bersinar. 

Berikut tip pro, gunakan alamat email yang terlihat profesional. Jangan menambahkan email dengan kata-kata lucu atau nomor yang tidak jelas. Email harus sesuai dengan nada resume pemimpin tim operasi. anda juga disarankan untuk menambahkan profil LinkedIn, hanya jika pesaing anda juga melakukannya. 

Takeaways Utama dan Tips Tambahan untuk Resume Pemimpin Tim 

Berikut adalah poin-poin penting untuk membuat resume terbaik: 

  • Rancang resume anda secara khusus untuk pekerjaan pemimpin tim yang anda lamar.
  • rangkuman atau Tujuan profesional anda harus menunjukkan kemampuan, kemajuan karier, pengembangan, dan keterampilan terkait pekerjaan anda secara ringkas.
  • Menunjukkan nilai dengan menyentuh poin-poin penting dan pencapaian dari pekerjaan anda sebelumnya.
  • Tulis pengalaman kerja anda dalam urutan format Kronologis Terbalik.
  • Hubungkan keahlian dan pengalaman anda dengan pekerjaan dengan cara yang tepat.

FAQ 

  • Apa itu resume?

Resume adalah dokumen tempat anda menulis tentang keahlian, riwayat kerja, pengembangan profesional, dan kualifikasi anda. anda menggunakan resume untuk mengirimkannya nanti dan melamar pekerjaan di manajemen perekrutan yang berbeda di perusahaan.

  • Apa tanggung jawab yang relevan dari seorang pemimpin tim?

Pemimpin Tim bertanggung jawab untuk memotivasi anggota tim dan menilai kinerja dan kemajuan mereka. Beberapa tugas operasional harian mereka termasuk, praktik keselamatan, dan tenggat waktu dengan tim yang ditunjuk.

  • Apa yang membuat Pemimpin Tim yang baik?

Contoh Pemimpin Tim yang baik harus berhasil mengelola dan memotivasi tim mereka, memiliki keterampilan komunikasi yang kuat serta kemampuan untuk memenuhi tugas tambahan mereka. Memiliki gelar sarjana juga dapat membantu.

Tanggung jawab Pemimpin Tim akan bervariasi berdasarkan pekerjaan, tetapi merupakan tanggung jawab Pemimpin Tim Operasional untuk memperhitungkan kinerja seluruh tim, melakukan pengambilan keputusan, melatih anggota tim, dan terkadang berurusan dengan afiliasi pihak ketiga.

  • Haruskah saya menyertakan referensi pada resume Pemimpin Tim Operasional?

Meskipun tidak perlu, menambahkan referensi ke riwayat pekerjaan anda akan meningkatkan peluang keberhasilan pencarian pekerjaan anda. Manajemen perekrutan yang tertarik dapat menghubungi referensi ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang keahlian anda.

Referensi juga dapat menambahkan lebih banyak legitimasi ke deskripsi pekerjaan dan resume Pemimpin Tim Operasional anda.

  • Bagaimana cara melampirkan surat lamaran ke resume untuk Pemimpin Tim Operasional?

Dalam satu atau dua paragraf, hubungkan pencapaian anda sebelumnya dengan persyaratan yang tercantum dalam deskripsi pekerjaan. Fokus pada pengalaman, kualifikasi, dan keterampilan anda yang paling relevan. Jika memungkinkan, ukur pencapaian anda dengan fakta dan data. Hindari mengulangi poin-poin dari resume anda.

Untuk contoh lebih lanjut tentang cara melampirkan surat lamaran ke resume pemimpin tim, klik di sini .