Tips Merancang Lamaran Kerja Manajer Makanan dan Minuman (F&B) Yang Efektif

Buat resume saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Peran seorang Manager F&B sangatlah penting dalam industri perhotelan dan makanan minuman, karena mereka adalah otak di balik kesuksesan bisnis kuliner. Jadi, jika kamu bermimpi untuk menjadi seorang Manager F&B yang sukses, penting bagi kamu untuk memahami betapa krusialnya sebuah CV Manager F&B.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5.0
Rated 5.0 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Seorang Manager F&B harus mampu membuktikan kemampuan, pengalaman, dan dedikasinya kepada calon pemberi kerja. Inilah mengapa CV Manager F&B menjadi perangkat yang sangat penting dalam proses pencarian pekerjaan.

Melalui CV, kamu dapat menggambarkan pengalaman kerjamu, pencapaian, dan keterampilan yang akan membuatmu menjadi kandidat yang sangat diinginkan. CV tidak hanya berfungsi sebagai lembaran kertas biasa, tetapi juga sebagai alat pemasaran pribadi yang efektif. 

Lamaran Kerja Manajer Makanan dan Minuman

Di dalam CV, pastikan untuk menyertakan informasi kontak yang jelas, seperti alamat email dan nomor telepon yang aktif. Kemudian, buat ringkasan diri singkat yang menonjolkan pengalaman dan keterampilanmu dalam industri F&B.

Yakinlah bahwa setiap kata dan pengalaman yang kamu disertakan dalam CV-mu adalah representasi yang kuat dari potensimu untuk memimpin dan berinovasi dalam industri ini.

Daftar isi

Contoh CV Manager F&B yang Baik

Lamaran Kerja Manajer Makanan dan Minuman

Berdasarkan pemahaman kamu tentang peran seorang Manager F&B dan mengapa CV Manager F&B sangat penting, kamu dapat melihat bahwa sebuah CV yang baik adalah kunci untuk membuka pintu menuju kesuksesan dalam dunia kuliner. 

Pastikan untuk menyoroti prestasi-prestasi yang signifikan, seperti peningkatan pendapatan, penurunan biaya, atau keberhasilan dalam mengelola tim. Simak contoh komprehensif berikut untuk lebih memahami langkah menulis CV:

JULIA MULYANI

MANAGER F&B

(+62) 8139876543
Jalan Kuliner Lezat No. 88, Kota Surabaya, 54321
julia.managerfnb@email.com
www.juliamanagerfnb.com
www.linkedin.com/in/juliamanagerfnb
10 November 1980

Tentang Saya
Saya adalah seorang Manager Food & Beverage (F&B) yang berkomitmen untuk menyajikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Dengan lebih dari dua belas tahun di industri F&B, saya telah sukses mengelola operasional restoran dan kafe, serta menginspirasi tim untuk mencapai standar tertinggi dalam pelayanan dan kualitas makanan.

Pengalaman Kerja
Food and Beverage Manager
A Food and Beverage Social House, Bali
Februari 2018 – Sekarang

  • Bertanggung jawab atas pengelolaan harian restoran dan bar, termasuk pemesanan bahan baku, pengawasan staf, dan peningkatan pengalaman pelanggan.
  • Meningkatkan pendapatan restoran sebesar 25% dengan memperkenalkan menu kreatif dan mengatur acara tema.
  • Mengimplementasikan pelatihan pelanggan untuk staf dalam hal pelayanan pelanggan yang lebih baik.

Asisten Manager F&B
Gourmet Elegance Hotel, Jakarta
Agustus 2014 – Januari 2018

  • Mendukung Manager F&B dalam mengelola semua aspek operasional restoran hotel, termasuk mengawasi kebersihan dan keamanan.
  • Berkontribusi dalam strategi peningkatan pendapatan restoran dan mengurangi biaya operasional.
  • Menerapkan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan staf dalam layanan dan kepatuhan protokol kesehatan.

Pendidikan
Sarjana Manajemen Perhotelan
Universitas Kuliner Terbaik, Bandung
2000-2004

Keterampilan

  • Kemampuan strategis dalam merencanakan dan mengelola operasional F&B.
  • Pemahaman yang mendalam tentang berbagai masakan internasional dan tren kuliner terkini.
  • Kemampuan memimpin dan menginspirasi tim untuk mencapai tingkat pelayanan tertinggi.
  • Pengetahuan tentang perangkat lunak manajemen restoran seperti POS System.
  • Keterampilan manajemen proyek untuk mengorganisir acara khusus dan promosi.

Sertifikat

  • Sertifikat Pengelolaan Kebersihan Makanan (2019)
  • Sertifikat Pelatihan Manajemen Restoran (2017)
  • Sertifikat Pelayanan Pelanggan Profesional (2016)
  • Sertifikat Food Service – The Food and Beverage Association (2015)

Hobi

  • Memasak dan mencoba berbagai hidangan baru.
  • Mengikuti konferensi kuliner dan seminar industri F&B.
  • Mengunjungi restoran-restoran baru dan kafe untuk mendapatkan inspirasi.
  • Terlibat dalam komunitas lokal kuliner dan mendukung acara amal makanan.
Masih ada referensi CV lainnya, lengkap dengan template dan panduan di sini!

Langkah Menulis CV dari Nol

CV adalah kartu identitas tertulis dalam dunia kerja, yang akan menjadi penentu pertama apakah kamu akan dipanggil untuk wawancara atau tidak. CV adalah representasi tertulis dari dirimu dan harus mempresentasikan pengalaman serta kualifikasimu secara jelas kepada calon pemberi kerja. 

Oleh karena itu, penting untuk menulisnya dengan cermat. Sebagai seorang Manager F&B, kamu bertanggung jawab untuk mengatur semua aspek operasional restoran atau fasilitas F&B, dan itu membuat posisi ini sangat menuntut. 

Dengan CV yang efektif, kamu dapat menonjolkan pengalamanmu, pencapaianmu, dan keterampilanmu dalam industri ini. Jadi, mari kita mulai dengan langkah pertama, yaitu data diri. Di bawah ini adalah panduan langkah demi langkah untuk membuat CV Manager F&B yang kuat:

  • Data diri: Sertakan informasi kontak yang jelas seperti nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan tautan ke profil LinkedIn atau situs web pribadi jika ada
  • Ringkasan profil: Buatlah ringkasan singkat tentang dirimu sebagai Manager F&B, menyoroti pengalaman, keterampilan, dan pencapaian utama yang dapat menarik perhatian calon pemberi kerja
  • Latar belakang pendidikan: Tuliskan pendidikanmu, termasuk nama universitas, jurusan, tahun lulus, dan pencapaian akademis yang relevan.
  • Pengalaman kerja sebelumnya: Rinci pengalaman kerjamu terkait F&B, mulai dari pekerjaan terbaru hingga yang terlama, sertakan nama perusahaan, posisi, tanggal mulai dan selesai, serta deskripsi tugas dan pencapaian yang dihasilkan
  • Keterampilan: Jelaskan keterampilan khusus yang kamu miliki dalam manajemen F&B, termasuk kemampuan komunikasi, kepemimpinan, pemahaman tentang tren kuliner, dan kemampuan manajemen tim.
  • Sertifikasi atau penghargaan: Sertifikat atau penghargaan yang relevan seperti pelatihan manajemen restoran atau pengelolaan kebersihan makanan harus dicantumkan untuk mendukung kualifikasimu.
  • Hobi dan minat: Tambahkan bagian ini untuk memberikan gambaran pribadi yang lebih lengkap, seperti minat dalam mengikuti perkembangan industri F&B, berpartisipasi dalam komunitas kuliner lokal, atau hobi memasak.

Membuat CV Manager F&B yang efektif adalah langkah pertama yang penting dalam meraih kesuksesan dalam industri kuliner yang kompetitif ini. 

📌Tips: Pastikan CV-mu mencerminkan kualifikasi, keterampilan, dan minatmu yang membuatmu menjadi kandidat yang diinginkan oleh perusahaan F&B.

Format dan Struktur CV Manager F&B

Lamaran Kerja Manajer Makanan dan Minuman

Mencari pekerjaan dalam industri Food & Beverage (F&B) adalah tantangan besar. Dalam persaingan yang sengit, kamu harus menonjol dari para pesaingmu. Salah satu cara utama untuk melakukannya adalah dengan memiliki CV yang kuat.

Format penulisan CV yang tepat mampu memberikan kesan pertama yang kuat kepada calon pemberi kerja. Ketika mereka membuka CVmu, mereka akan melihat struktur yang rapi, informasi yang terorganisir dengan baik, dan mudah dipahami.

Hal ini membuat proses seleksi calon karyawan menjadi lebih efisien dan menyelamatkan waktu mereka. Agar format CV Manager F&B yang kamu buat sesuai dengan standar yang benar, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:

  • Font Style: Disarankan menggunakan jenis font Arial atau Times New Roman atau Calibri, karena jenis font tersebut paling umum dipakai dalam konteks profesional
  • Font Size: Ukuran font yang umumnya diterima adalah antara 10 hingga 12, tetapi bagian judul boleh dibuat lebih besar, sekitar 14 atau 16
  • Spasi/Paragraf: Gunakan spasi ganda atau 1,5 untuk memberikan kejelasan visual, teks jadi tidak terlihat terlalu padat
  • Bentuk File: Supaya tampilan CV tetap konsisten ketika dibuka di perangkat perekrut, sebaiknya simpanlah CV dalam format PDF
  • Jumlah Halaman: Cobalah untuk memadatkan informasi seefisien mungkin, tetapi sebisa mungkin menahan agar CV-mu tidak lebih dari dua halaman
  • Margin: Pastikan ada margin yang cukup di sekeliling teks CV, umumnya sekitar 2,5 cm

Mengikuti format yang benar dalam penulisan CV Manager F&B adalah langkah pertama yang penting menuju sukses dalam industri kuliner yang kompetitif ini. Dengan memastikan CVmu rapi, mudah dibaca, dan memberikan informasi yang relevan dengan jelas, kamu akan mendapatkan keunggulan dalam merebut perhatian calon pemberi kerja.

📌Tips: Gunakan paragraf pendek dan poin-poin untuk memudahkan pembaca menemukan informasi yang mereka butuhkan.

Bukan hanya format, struktur pun juga perlu diperhatikan saat akan merangkai CV. Ada beberapa struktur yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan pengalamanmu.

Setiap jenis struktur memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda, dan pemilihan struktur yang tepat dapat membuat CV-mu lebih efektif dalam menarik perhatian calon pemberi kerja. Berikut adalah penjelasan tentang tiga struktur CV yang umum digunakan:

  • Struktur Fungsional: Menekankan pada keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki, bukan sejarah kerjamu secara kronologis
  • Struktur Kronologis: Mengikuti urutan waktu, dimulai dari pekerjaan terbaru dan mundur ke pekerjaan sebelumnya
  • Struktur Campuran: Menyoroti keterampilan dan pencapaian yang relevan pada bagian awal CV, diikuti oleh sejarah kerjamu yang terstruktur secara kronologis

Dalam memilih struktur yang tepat untuk CV Manager F&B, pertimbangkan pengalamanmu, tujuan kariermu, dan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada calon pemberi kerja. 

Setiap struktur memiliki kelebihan dan kelemahan, dan penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu agar CV-mu efektif

Mengenal Sistem ATS dalam Seleksi CV

Lamaran Kerja Manajer Makanan dan Minuman

Dalam industri kuliner, seperti untuk posisi Manager F&B, Applicant Tracking System (ATS) dipakai untuk mengevaluasi dan menyortir CV secara otomatis. ATS bekerja dengan mengidentifikasi kata kunci atau frase yang relevan dalam CV pelamar. 

Sistem ini kemudian membandingkan kata kunci ini dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh perusahaan yang memposting pekerjaan. Untuk posisi Manager F&B, kata kunci mungkin termasuk “manajemen restoran”, “pengelolaan staf”, “kualitas makanan”, dan “kebersihan”. 

Karena peran Manager F&B memiliki sejumlah keterampilan dan pengalaman yang khusus, sangat penting untuk memastikan bahwa CV-mu mencantumkan kata kunci yang relevan. Jadi, pastikan untuk merinci pengalaman dengan kata kunci yang sesuai dengan industri F&B.

Hindari penggunaan format yang tidak standar atau tabel yang rumit yang mungkin sulit dipahami oleh ATS. Simpan CV dalam format teks biasa atau PDF untuk memastikan ATS dapat membacanya dengan benar.

Selain itu, pastikan bahwa data diri dan kontak kamu yang tercantum dalam CV selalu terbaru, karena ATS mungkin akan menggunakan informasi ini untuk menghubungi kamu jika kamu lolos dalam seleksi awal.

Kriteria Judul CV yang Akurat

Lamaran Kerja Manajer Makanan dan Minuman

Judul CV yang baik tidak hanya memberikan identitas yang jelas tentang siapa kamu, tetapi juga memberikan petunjuk mengenai pekerjaan yang kamu lamar. 

Dalam dunia Food & Beverage (F&B), di mana persaingan ketat dan setiap detail bisa membuat perbedaan, judul CV yang tepat dapat membantu CVmu menonjol dan menarik perhatian calon pemberi kerja.

Oleh karena itu, mari kita bahas dengan lebih detail apa yang seharusnya ada dalam judul CV Manager F&B. Hal-hal berikut ini harus ada pada judul CV yang kamu tulis:  

  • Nama identitas
  • Nama profesi
  • Nomor telepon
  • Alamat tempat tinggal
  • Alamat email
  • Link ke website pribadi
  • Link ke akun LinkedIn
  • Tanggal lahir

Judul CV yang baik memberikan kesan profesionalisme, memudahkan calon pemberi kerja untuk menghubungi kamu, dan memastikan bahwa CVmu berada di tumpuan yang tepat untuk posisi Manager F&B yang kamu impikan.

📌Tips: Pastikan kamu memiliki profil LinkedIn yang lengkap dan relevan, dan tambahkan tautan ke profil ini di judul CVmu.

Bagi yang belum terbiasa, menulis judul CV mungkin akan membingungkan. Namun, sebenarnya menulis judul tidaklah sulit. Kamu bisa mencontoh referensi berikut saat akan merangkai judul CV-mu: 

JULIA MULYANI

MANAGER F&B

(+62) 8139876543
Jalan Kuliner Lezat No. 88, Kota Surabaya, 54321
julia.managerfnb@email.com
www.juliamanagerfnb.com
www.linkedin.com/in/juliamanagerfnb
10 November 1980

Contoh di atas adalah gambaran judul CV yang benar. Bagian nama dan profesi sudah ditebalkan dan menggunakan ukuran font yang lebih besar. Lalu, di bawahnya diikuti informasi dasar seperti nomor kontak dan alamat email. 

Cara Menambahkan Foto di CV 

Menambahkan foto diri ke dalam CV Manager F&B adalah pilihan yang penting dan dapat memberikan dampak positif dalam proses pencarian kerja. 

Foto diri tidak hanya memberikan wajah pada CV-mu, tetapi juga memberikan dimensi personal yang lebih kepada calon pemberi kerja. Ini bisa membantu membangun koneksi manusia pertama dalam proses seleksi, memberikan kesan lebih kuat tentang identitas profesionalmu.

Penting untuk memperhatikan beberapa ketentuan foto agar penambahan gambar diri ini efektif. Foto yang dipakai pada CV sebaiknya memenuhi ketentuan berupa: 

  • Pastikan foto diri memiliki kualitas yang baik dan tajam
  • Pilih latar belakang yang sederhana dan netral, misalnya dinding berwarna solid atau latar belakang yang tidak terlalu ramai
  • Kenakan pakaian yang sesuai dengan industri F&B, pakaian formal atau busana yang terkait dengan industri kuliner
  • Hindari ekspresi yang terlalu senyum lebar atau terlalu serius, tapi tetap percaya diri
  • Ukuran foto yang ideal untuk CV adalah sekitar 2×2 hingga 2,5×2,5 inci (5×5 hingga 6,35×6,35 cm)
  • Simpan foto dalam format umum seperti JPEG atau PNG
  • Foto bisa diposisikan di dekat judul, di sisi sudut kanan atas atau pada sisi sudut kiri atas CV

Mencantumkan Pengalaman Kerja di CV Manager F&B

Pengalaman kerja adalah salah satu bagian terpenting dalam CV Manager F&B. Ini adalah tempat di mana kamu dapat merinci perjalanan kariermu, mencantumkan pencapaian-pencapaian terkini, serta memberikan gambaran jelas tentang kualifikasi dan keterampilan yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. 

Pengalaman kerja adalah bukti konkret yang dapat meyakinkan calon pemberi kerja bahwa kamu adalah kandidat yang tepat untuk menjadi seorang Manager F&B yang sukses.

Dalam menggambarkan pengalaman kerjamu di CV, perlu memperhatikan sejumlah poin penting agar dapat memaksimalkan dampaknya. Berikut ini hal yang perlu ada di bagian ini: 

  • Nama perusahaan dan lokasi
  • Jabatan atau posisi yang dimiliki
  • Tanggal mulai dan selesai bekerja
  • Deskripsi pekerjaan dan tanggung jawab

Semua informasi ini harus disajikan dengan jelas dan singkat untuk memudahkan calon pemberi kerja dalam memahami sejauh mana kamu memenuhi kualifikasi untuk posisi Manager F&B.

📌Tips: Karena posisi manajer, perlu mencantumkan pengalaman kepemimpinan atau peran manajemen dalam tim

Saat merangkai CV, penjabaran tanggung jawab sebaiknya disusun dalam bentuk poin-poin, bukan dalam paragraf.

Penggunaan poin-poin memudahkan pembaca, termasuk calon pemberi kerja, untuk dengan cepat menangkap informasi yang paling relevan dan penting dari setiap pengalaman kerja. Berikut contohnya: 

Pengalaman Kerja

Manager F&B
Culinary Delights Resort, Bali
Februari 2018 – Sekarang

  • Bertanggung jawab atas pengelolaan harian restoran dan bar, termasuk pemesanan bahan baku, pengawasan staf, dan peningkatan pengalaman pelanggan.
  • Meningkatkan pendapatan restoran sebesar 25% dengan memperkenalkan menu kreatif dan mengatur acara tema.
  • Mengimplementasikan pelatihan pelanggan untuk staf dalam hal pelayanan pelanggan yang lebih baik.

Asisten Manager F&B
Gourmet Elegance Hotel, Jakarta
Agustus 2014 – Januari 2018

  • Mendukung Manager F&B dalam mengelola semua aspek operasional restoran hotel, termasuk mengawasi kebersihan dan keamanan.
  • Berkontribusi dalam strategi peningkatan pendapatan restoran dan mengurangi biaya operasional.
  • Menerapkan program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan staf dalam layanan dan kepatuhan protokol kesehatan.

Alternatif Pengalaman Kerja di CV Fresh Graduate

Bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja yang relevan dalam industri Food & Beverage (F&B), mencantumkan pengalaman kerja mungkin menjadi tantangan. Namun, hal ini bukan alasan untuk tidak membuat CV yang kuat. 

Kamu dapat menggantinya dengan menyoroti pencapaian atau aktivitas yang pernah kamu lakukan selama masa sekolah atau kuliah yang relevan dengan industri ini. Misalnya, pengalaman berorganisasi di bidang kuliner, seperti menjadi anggota tim dapur dalam organisasi mahasiswa.

Selain itu, kamu juga bisa menyoroti keterampilan yang kamu kembangkan selama masa pendidikan yang dapat diterapkan dalam peran Manager F&B, seperti keterampilan manajemen waktu, kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi. 

Semua ini adalah bukti bahwa kamu memiliki potensi dan minat kuat dalam industri F&B, bahkan jika belum memiliki pengalaman kerja. 

Dengan menyajikan aktivitas dan pencapaian ini dengan baik di CV-mu, kamu dapat membuktikan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu adalah kandidat yang berdedikasi dan siap belajar untuk sukses dalam peran Manager F&B.

Informasi Latar Belakang Pendidikan pada CV Manager F&B

Lamaran Kerja Manajer Makanan dan Minuman

Penjelasan latar pendidikan dalam CV-mu haruslah jelas, padat, dan mudah dimengerti. Ini adalah peluang untuk menunjukkan bahwa kamu memiliki dasar pendidikan yang kuat yang relevan dengan dunia kuliner dan siap untuk mengejar karier di industri F&B.

Latar belakang pendidikanmu bisa menjadi indikator kuat mengenai kemampuanmu dalam memahami aspek-aspek teknis dan manajerial yang terlibat dalam manajemen restoran, pelayanan makanan dan minuman, dan segala aspek lainnya yang berkaitan dengan F&B.

Dalam bagian latar belakang pendidikan di CV Manager F&B, ada beberapa informasi yang perlu kamu sebutkan agar calon pemberi kerja dapat memiliki gambaran yang lengkap dan terinci. Berikut ini detailnya: 

  • Nama institusi pendidikan
  • Tanggal mulai dan selesai pendidikan
  • Gelar yang diperoleh
  • Jurusan atau program studi
📌Tips: Jika ada proyek penelitian, tesis, atau proyek akhir yang berhubungan dengan industri F&B yang pernah kamu kerjakan, dapat menjadi poin plus.

Dengan merinci informasi latar belakang pendidikanmu secara lengkap dan jelas, kamu dapat membantu calon pemberi kerja untuk mengukur sejauh mana pendidikan sesuai dengan posisi yang kamu lamar dan mengapa kamu merupakan kandidat yang tepat untuk peran tersebut.

Pastikan informasi tersebut tersusun dengan rapi, dan mudah dimengerti oleh calon pemberi kerja. Kamu bisa melihat contoh seperti berikut: 

Pendidikan
Sarjana Manajemen Perhotelan
Universitas Kuliner Terbaik, Bandung
2000-2004

Hard Skill & Soft Skill di CV Manager F&B

Industri F&B adalah ranah yang sangat dinamis dan kompetitif, dan memiliki beragam tuntutan terhadap kandidat yang ingin berkarier di dalamnya. Oleh karena itu, skill yang kamu miliki adalah salah satu hal yang akan membedakanmu dari kandidat lainnya. 

Kombinasi skill teknis dan soft skill yang tepat dapat membuktikan bahwa kamu adalah pemimpin yang efektif, bisa beradaptasi dengan cepat, dan memiliki kemampuan untuk mengatasi tantangan yang muncul dalam dunia F&B.

Hard Skill

  • Manajemen Restoran: Memahami prinsip-prinsip dasar manajemen restoran, termasuk pengaturan stok, manajemen kualitas makanan, dan layanan pelanggan.
  • Pemahaman Kuliner: Pengetahuan tentang jenis-jenis makanan, teknik memasak, dan penyajian makanan.
  • Manajemen Keuangan: Kemampuan mengelola anggaran, menganalisis laporan keuangan, dan mengoptimalkan laba.
  • Pemahaman Mengenai Regulasi: Memahami peraturan dan regulasi kesehatan dan keamanan makanan serta perijinan yang berlaku dalam industri F&B.

Soft Skill

  • Keterampilan Komunikasi: Kemampuan berkomunikasi dengan baik dengan karyawan dan pelanggan sangat penting dalam manajemen F&B.
  • Keterampilan Manajemen Waktu: Mengelola berbagai tugas dan prioritas dalam lingkungan yang serba cepat adalah kunci keberhasilan dalam industri ini.
  • Kemampuan Beradaptasi: Industri F&B sering kali berubah dengan cepat, jadi kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi baru sangat berharga.
  • Kepemimpinan: Kemampuan memotivasi dan memandu tim adalah aspek penting dalam manajemen F&B.

Skill yang kamu miliki adalah aset berharga dalam industri F&B. Saat mencantumkan skill ini dalam CV-mu, pastikan untuk memberikan bukti konkret atau contoh penggunaan skill tersebut dalam pengalaman kerja atau kegiatan lainnya. Kamu bisa meniru contoh ini: 

Keterampilan

  • Kemampuan strategis dalam merencanakan dan mengelola operasional F&B.
  • Pemahaman yang mendalam tentang berbagai masakan internasional dan tren kuliner terkini.
  • Kemampuan memimpin dan menginspirasi tim untuk mencapai tingkat pelayanan tertinggi.
  • Pengetahuan tentang perangkat lunak manajemen restoran seperti POS System.
  • Keterampilan manajemen proyek untuk mengorganisir acara khusus dan promosi.

Ringkasan CV di Bagian ‘Tentang Saya’

Lamaran Kerja Manajer Makanan dan Minuman

Bagian “Tentang Saya” memberikan gambaran singkat dan kuat tentang siapa dirimu sebagai calon Manager F&B. Namun, meskipun harus to the point, ‘Tentang Saya’ juga harus dapat menggambarkan karakteristik dan kualifikasi kunci.

Mulailah dengan pernyataan singkat tentang tujuan kariermu di industri F&B. Sebutkan dengan jelas bahwa kamu ingin berperan sebagai seorang Manager F&B. Kemudian, sebutkan pengalaman kerjamu yang relevan dengan singkat. 

Jelaskan kemampuan dan keahlian utama yang kamu miliki yang relevan dengan peran Manager F&B. Ini bisa berupa kemampuan manajerial, pengetahuan kuliner, atau kemampuan dalam menghadapi situasi berat dalam industri F&B.

Sebutkan komitmenmu dalam memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa. Manager F&B harus mampu memotivasi tim, mengambil keputusan strategis, dan memimpin dengan contoh.

Akhiri dengan menyatakan hasratmu terhadap industri F&B. Berikan alasan mengapa kamu merasa terhubung dengan dunia kuliner.

📌Tips: Di bagian ini, gunakan kata-kata yang positif, tampilkan rasa antusiasme dan dedikasimu

Pastikan agar pesan yang kamu sampaikan mencerminkan keyakinanmu bahwa kamu adalah individu yang sesuai untuk mengemban peran penting dalam industri F&B. Supaya lebih mudah dimengerti, silakan cek contoh ini: 

Tentang Saya

Saya adalah seorang Manager Food & Beverage (F&B) yang berkomitmen untuk menyajikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Dengan lebih dari dua belas tahun di industri F&B, saya telah sukses mengelola operasional restoran dan kafe, serta menginspirasi tim untuk mencapai standar tertinggi dalam pelayanan dan kualitas makanan.

Informasi Tambahan di CV Manager F&B

Informasi tambahan harus relevan dan mendukung klaim kamu sebagai kandidat yang cocok untuk posisi tersebut. Informasi tambahan ini dapat memperkuat CV-mu dan memberikan pandangan lebih dalam tentang kualifikasi serta minatmu.

Beberapa jenis informasi tambahan yang dapat dipertimbangkan untuk dimasukkan dalam CV Manager F&B meliputi:

  • Penghargaan atau pencapaian 
  • Sertifikasi atau pelatihan khusus
  • Kemampuan bahasa asing
  • Hobi dan minat

Penting untuk diingat bahwa informasi tambahan ini harus relevan dan memberikan nilai tambah yang jelas pada profilmu sebagai calon Manager F&B. Jangan menambahkan detail yang mungkin tak relevan ataupun terlalu pribadi.

Tips Membuat CV yang Profesional dan Akurat

Untuk meningkatkan kesempatan dalam seleksi, berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat kamu ikuti:

  • Jangan hanya menyebutkan tugas-tugas yang kamu lakukan, tetapi sebutkan prestasi konkret dan kontribusi yang kamu berikan 
  • Gunakan kata-kata yang kuat dan spesifik dalam CV
  • Gunakan format CV yang konsisten serta penerapan tata letak yang jelas
  • Buat CV-mu ringkas dan to the point.
  • Gunakan referensi yang dapat memberikan konfirmasi atas pengalaman dan prestasimu.

Ringkasan Artikel

  • Pastikan untuk menyoroti skill dan keterampilan yang paling relevan dengan industri F&B
  • Pengalaman kerja harus dicantumkan dalam urutan kronologis terbalik
  • Jika kamu adalah seorang fresh graduate, kamu dapat menekankan pencapaian, kegiatan organisasi, dan lomba yang relevan dengan industri F&B 
  • Bagian latar belakang pendidikan harus mencakup nama institusi, durasi pendidikan, jurusan, gelar yang diperoleh

FAQ

Berapa tahun pengalaman yang dibutuhkan untuk menjadi Manager F&B?

Sebagian besar perusahaan F&B akan mencari kandidat dengan pengalaman yang relevan selama minimal 5 hingga 10 tahun. Pengalaman ini harus mencakup berbagai peran dalam industri F&B, seperti bartender, pelayan, chef, atau supervisor restoran.

Apakah Manager F&B harus punya keterampilan memasak? 

Keterampilan memasak adalah aset yang berharga bagi seorang Manager Food & Beverage (F&B), tetapi tidak selalu menjadi persyaratan mutlak. Seorang Manager F&B bertanggung jawab atas manajemen operasional restoran atau properti F&B.

Apa lagi dokumen selain CV yang diperlukan untuk melamar lowongan kerja manajer makanan dan minuman?

  • Surat Lamaran Manajer F&B (klik disini untuk membaca contoh surat lamaran yang baik)
  • SKCK
  • Sertifikat
  • Ijazah
  • Transkip nilai
  • NPWP
  • KTP
  • Dll

Cari Lebih Banyak Template dan Informasi Pembuatan CV di Sini!