Resume Manajer Pemasaran

Manajer Pemasaran adalah pakar ahli dalam keterlibatan dengan audiens target mereka, dengan alat seperti kampanye kreatif, pengoptimalan mesin telusur (SEO), dan yang lainnya. Dengan seperangkat keterampilan yang tepat dan contoh resume Manajer Pemasaran serta tips yang terdapat di bawah ini, anda akan berada di jalur yang tepat untuk menjadi Manajer Pemasaran yang sukses.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan
Sebagai Manajer Pemasaran yang profesional, anda dapat berasumsi bahwa anda terlibat dalam pengembangan dan distribusi produk, membuat dan menerapkan strategi pemasaran, membuat salinan penjualan, berhubungan dengan stakeholder perusahaan, merencanakan acara, dan mengelola aktivitas di media sosial.

Membuat produk menjadi lebih menarik adalah keahlian anda. Perusahaan kami berspesialisasi dalam menempatkan kekuatan dan keahlian anda di bagian depan resume anda dengan cara yang paling dapat dipasarkan.

Tujuan kami adalah memberikan anda saran terbaik dan contoh resume Manajer Pemasaran yang membuat resume anda terlihat tajam, tepat, dan efektif.

Bagaimana Cara Menulis Resume Untuk Manajer Pemasaran?

Menulis resume Pemasaran yang baik sangat mirip dengan praktik pemasaran. Bayangkan bahwa anda adalah produknya, dan resume anda adalah cara anda mengkomunikasikan nilai jual yang anda miliki kepada manajer perekrutan. Anda harus menunjukkan keahlian dan pengalaman anda agar menjadi menarik dan menyenangkan bagi manajer perekrutan.

Memang, permintaan untuk pekerjaan pemasaran saat ini terus meningkat. Hal ini sebagian disebabkan oleh ledakan sektor pemasaran digital. Perusahaan membutuhkan pemasar baru yang berwawasan lebih dari sebelumnya.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, pekerjaan Manajer Pemasaran telah diperhitungkan meningkat sebesar 6 persen pada tahun 2029. Hal tersebut bisa jadi baik dan buruk bagi pemasar pemula. Akan ada lebih banyak peluang, tetapi persaingan juga akan meningkat. Agar berhasil menavigasi pasar kerja yang selalu berubah, anda harus mulai dengan membuat resume Manajer Pemasaran yang terlihat seprofesional mungkin.

Cara terbaik untuk mengukur seberapa baik surat lamaran anda adalah dengan melihat format resume dan bagian pengalaman anda yang mengkomunikasikan kekuatan utama anda sebagai Manajer Pemasaran. Sebelum menulis pengalaman anda sebagai pemasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana anda akan memulai surat lamaran Manajer Pemasaran.

Pilih Antara Tujuan dan Rangkuman

Langkah pertama untuk membuat resume apapun adalah mencari tahu bagaimana memulai. Ada dua pilihan: bisa mulai dengan menyatakan tujuan utama sebagai pencari kerja pemasaran atau langsung merangkum pengalaman kerja anda sebelumnya.

Bagian resume ini berada di bawah nama, telepon, dan alamat email. Untuk contoh resume Manajer Pemasaran yang lebih detail, klik di sini

Pernyataan tujuan resume biasanya satu atau dua baris yang berbicara tentang tujuan anda. Hal ini dilakukan agar perekrut anda memahami motivasi anda secara ringkas menyatakan posisi apa yang anda cari. Tujuan juga cenderung mencakup beberapa kata tentang diri anda. Berikut contoh pernyataan tujuan:

 “Pembelajar yang cepat dan penuh motivasi yang baru saja lulus dengan gelar [___]; mencari peluang di bidang [___] yang akan memungkinkan saya untuk meningkatkan keterampilan [___] saya.” 

Lulusan perguruan tinggi baru-baru ini biasanya menggunakan pernyataan tujuan untuk mendapatkan perhatian perekrut dengan cepat. Namun, metode ini sudah ketinggalan zaman akhir-akhir ini dan tidak terlalu efektif dalam menarik perhatian surat lamaran anda.

Di sisi lain, rangkuman adalah tempat anda menunjukkan kreativitas, prestasi kerja sebelumnya, dan keterampilan anda di bidang pemasaran. Rangkuman profesional, juga dikenal sebagai profil, harus ditampilkan dengan cara terbaik; sangat dianjurkan menggunakan kata kunci yang menggugah untuk menjelaskan kualifikasi anda pada posisi tersebut. Bagian resume ini memungkinkan anda untuk menjelaskan mengapa anda layak mendapatkan posisi tersebut daripada hanya menyatakan tujuan anda.

Rangkuman adalah elevator pitch anda ke perekrut kedepannya, beritahu mereka mengapa anda adalah kandidat terbaik untuk perusahaan mereka. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menulis rangkuman eksekutif yang baik.

  • Mengapa saya memenuhi syarat untuk posisi ini?
  • Bagaimana pengalaman, pendidikan, dan keterampilan saya dapat membantu untuk posisi baru tersebut?
  • Bagaimana saya menggunakan pengetahuan dan keterampilan saya dalam pekerjaan saya sebelumnya?

Menjawab tiga pertanyaan ini dalam rangkuman akan membuat bagian resume anda terlihat sangat profesional dan efektif. Lihat contoh rangkuman profesional di bawah ini untuk lebih memahami terdiri dari apa saja rangkuman Manajer Pemasaran yang kuat.

Contoh Rangkuman Resume Manajer Pemasaran

Rangkuman Efektif
“Manajer Pemasaran bertalenta dengan pengalaman lima tahun mengelola beberapa grup berorientasi konten. Saat mengelola tim yang terdiri dari 5 orang, meningkatkan keuntungan sebesar 64% untuk organisasi bisnis online melalui beberapa kampanye pemasaran konten selama tiga bulan. Kemudian, mengambil posisi kepemimpinan dari grup yang berpusat pada B2C sepuluh orang, meningkatkan CMS mereka, dan membantu menumbuhkan efisiensi keterlibatan pelanggan sebesar 45% sekaligus mengurangi perputaran pekerja dari 25% menjadi 0% pada tahun pertama. ”

Contoh di atas menyajikan cara yang “benar” dalam menulis profil profesional untuk resume anda. rangkuman tersebut cocok dengan banyak informasi dan menunjukkan kombinasi kekuatan berbeda yang tercantum di bawah ini:

  • Dengan berbicara tentang pengalaman anda bekerja di pemasaran konten, rangkuman tersebut memberi tahu Manajer Perekrutan bahwa anda adalah seorang profesional berpengalaman yang telah melakukan pekerjaan ekstensif di bidang tersebut sebelumnya.
  • Rangkuman tersebut menunjukkan bahwa anda adalah seseorang yang memiliki pengetahuan tentang metrik bisnis dan peduli dengan pembangunan nilai. Dengan menunjukkan bagaimana anda mempengaruhi nilai numerik dan statistik di dalam perusahaan, serta menjadi bagian dari kampanye pemasaran, perekrut dapat menyimpulkan bahwa anda memiliki keterampilan manajemen yang kuat.
  • Terakhir, rangkuman menyajikan informasi langsung dan mudah dipahami yang menciptakan nilai bagi anda sebagai Manajer Pemasaran dengan cita-cita tinggi. Gaya presentasi yang ringkas dan penuh info menunjukkan bahwa anda menyelesaikan banyak hal.

Rangkuman Lemah
Menulis rangkuman profil yang “Buruk” pada dasarnya berarti menulis sesuatu yang berlawanan dengan contoh di atas. Di sini anda dapat melihat rangkuman yang lemah dan tidak efektif:

“Manajer Pemasaran yang terampil dan berbakat dengan pengetahuan mengelola grup di berbagai wilayah promosi. Dengan berbagai pengalaman saya di masa lalu, saya mencari berbagai macam kebebasan untuk memimpin usaha dan grup periklanan.”
Kesimpulannya memiliki banyak kesalahan, mari kita bahas poin-poin penting apa yang bisa kita ambil:

  • Aturan pertama dalam menulis rangkuman yang baik adalah jangan pernah menulisnya sebagai orang pertama, jangan pernah menggunakan “saya” saat menulis profil kerja.
  • Kesalahan besar lainnya adalah betapa sedikitnya rangkuman yang dikatakan tentang orang tersebut. Kata-kata seperti “mempromosikan wilayah” serta “usaha dan kelompok” tidak berarti apa-apa; sebaliknya, mereka membingungkan pembaca. Alih-alih memberikan informasi yang berharga, kata-kata yang ambigu menimbulkan lebih banyak pertanyaan tentang pengalaman kerja anda.
  • Kurangnya detail dalam profil akan membuat perekrut berpikir bahwa rangkuman tersebut disalin dari beberapa jenis template. Jika apa yang anda katakan tidak secara khusus menggambarkan pengalaman dan keterampilan kerja anda, maka anda tidak boleh memasukkannya ke dalam rangkuman profesional anda sama sekali.
Setelah menyelesaikan bagian rangkuman resume profesional anda, sekarang waktunya untuk menyempurnakan isi utama surat lamaran anda, yaitu bagian pengalaman.

Bagaimana Menulis Bagian Pengalaman Resume Pemasaran?

Menjabarkan pengalaman kerja anda secara profesional dan mudah dimengerti adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian perekrut. Langkah ini penting untuk semua jenis resume dan karier.

Saat mengecek resume anda, perekrut menggunakan sistem pelacakan kata kunci yang disebut Sistem Pelacakan Pelamar atau ATS. Program ini menyaring surat lamaran yang tidak memiliki cukup kata kunci dalam teks.

Rata-rata, perekrut hanya melihat resume anda sekitar 6 detik setelah surat lamaran anda melewati pemeriksaan ATS. Penting untuk dipahami bahwa rangkuman harus memiliki materi yang ringkas dan langsung pada intinya serta mudah dibaca secara visual. Anda hanya memiliki 6 detik untuk mendapatkan perhatian manajer perekrutan.

Cara efektif untuk memformat resume Manajer Pemasaran adalah dengan menulis pengalaman kerja anda dalam urutan Kronologis Terbalik.

Anda menuliskan dimana anda pernah bekerja dan apa yang diperlukan pekerjaan anda, dari pekerjaan terkait pemasaran pertama hingga yang terbaru. Ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan panggilan kembali dari pekerjaan impian anda.

Berikut tip pro, menambahkan format yang efektif dan template resume ke surat lamaran anda adalah cara terbaik untuk menunjukkan prestasi masa lalu dan pengalaman kerja anda yang relevan.

Untuk ide pemformatan, contoh resume Manajer Pemasaran, dan template resume yang telah disesuaikan, silakan kunjungi https://cvmenarik.com/resume-template/.

Contoh Resume Manajer Pemasaran
Jujur saja; seberapa bagusnya rangkuman resume dan bagian keahlian anda tidak berarti jika bagian pengalaman tidak sesuai dengan standar. Bagian pengalaman kerja adalah bagian terpenting dan krusial dari surat lamaran anda. Disinilah anda mengkomunikasikan nilai nyata anda sebagai Manajer Pemasaran kepada pembaca.

Di bawah ini Anda dapat melihat deskripsi yang efektif tentang bagaimana pengalaman kerja harus ditulis: Berikut anda dapat melihat bagaimana seharusnya deskripsi efektif pada pengalaman kerja:

BENAR

PENGALAMAN
Manajer Pemasaran Produk
GeoDome Industries
06/2015 – 11/2018
New York, New York

  • Menerapkan strategi kampanye SEO alami untuk grup dengan 10 orang, meningkatkan lalu lintas situs web secara keseluruhan sebesar 145% dalam 6 bulan, serta meningkatkan rasio konversi sebesar 55%.
  • Inisiatif yang diterapkan, misalnya, laporan hasil pemasaran, prosedur penilaian baru, yang menunjukkan peningkatan 20% dalam hasil eksekusi periklanan kepada para eksekutif dalam waktu kurang dari 6 bulan.
  • Memanfaatkan Google Analytics untuk mengumpulkan dan melacak metrik situs web. Mengembangkan file Excel berbasis formula baru untuk mengatur rasio pentalan dan durasi sesi rata-rata..

Di sini, kita dapat melihat bahwa pelamar adalah Manajer Pemasaran yang sukses. Poin-poin penting menyajikan representasi kuat dari pengalaman orang tersebut. Kita dapat melihat bahwa pelamar adalah Pemasar yang baik berdasarkan nilai yang dia ciptakan pada pekerjaan sebelumnya. Hal ini selanjutnya diperkuat oleh metrik pemasaran yang ditampilkan di poin-poin penting, serta pencapaian seperti meningkatkan kesadaran merek; pelamar menunjukkan nilainya dengan menyentuh poin-poin penting dan menggambarkan pengalaman kerja sebagai seorang profesional.

Terkadang, mendeskripsikan pengalaman kerja anda bisa jadi menakutkan; kita semua pernah mengalaminya. Meski begitu, anda harus memastikan bahwa pekerjaan anda dijelaskan secara lengkap dan dengan cara yang mudah dimengerti. Usahakan semuanya singkat, tetapi pertahankan bagian yang penting agar pengalaman anda terlihat jelas. Berikut adalah contoh bagaimana anda TIDAK boleh mendeskripsikan pengalaman kerja anda.

SALAH

PENGALAMAN
Manajer Pemasaran
GeoDome Industries
06/2015 – 11/2018
New York, New York

  • Mengelola tim yang terdiri dari banyak orang untuk meningkatkan lalu lintas situs.
  • Mengembangkan teknik orientasi baru yang menghasilkan peningkatan kinerja pemasaran.
  • Menggunakan Google Analytics untuk pengumpulan data.

Sangat sedikit yang bisa dilakukan di sini; pembaca tidak akan dapat membuat kesimpulan atau minat apa pun dari membaca deskripsi pekerjaan yang ambigu. Jangan pernah membiarkan deskripsi pekerjaan anda terlalu ambigu untuk dipahami, dan pastikan untuk menyertakan metrik penting.

Soroti Keterampilan Pemasaran Anda

Sangat penting untuk dipahami bahwa anda juga perlu mempromosikan diri sendiri saat menulis pengalaman kerja. Ini dapat dilakukan dengan menyatakan contoh numerik dan statistik pencapaian anda dan menjelaskan bagaimana pekerjaan anda mempengaruhi atasan dan rekan kerja anda. Sebagai manajer pemasaran yang bercita-cita tinggi, penting untuk mengetahui cara menyajikan dan memasarkan karya relevan masa lalu anda dengan sukses.

Tip profesional untuk menulis resume anda, jangan hanya mendeskripsikan proses kerja anda. Jelaskan bagaimana pekerjaan anda menciptakan lebih banyak nilai dan keuntungan bagi perusahaan. Jelaskan bagaimana layanan anda meningkatkan keuntungan atau menerapkan peningkatan logistik di dalam organisasi. Ini akan lebih menonjolkan keterampilan anda sebagai Pemasar. 

Karena pemasaran terkait erat dengan penjualan, contoh yang baik adalah sebagai berikut: 

“Membantu klien … meningkatkan penjualan bulanan kotor dari $ 10.000 menjadi $ 20.000 dalam lima bulan.”

Masukan Sertifikat Pemasaran ke dalam Resume Anda

Terkadang atasan akan meminta keahlian yang tidak sepenuhnya tercakup dalam bagian pengalaman kerja anda. Cara yang baik untuk mengakali permintaan semacam ini dalam waktu yang relatif singkat adalah dengan mendapatkan sertifikasi untuk keterampilan khusus tersebut.

Berikut adalah 5 Sertifikat Manajer Pemasaran Terbaik:

  • Google Analytics
  • Google Ads
  • Iklan Facebook
  • Sertifikasi Profesi Terakreditasi Bing Ads 
  • Sertifikasi YouTube

Poin Utama untuk Membuat Resume Manajer Pemasaran yang Layak

Pada akhirnya, poin-poin penting untuk membuat resume Manajer Pemasaran yang efektif adalah sebagai berikut:

  • Rancang dan persiapkan resume anda secara spesifik untuk pekerjaan yang anda lamar.
  • Rangkuman profesional anda harus menunjukkan kekuatan dan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan anda secara ringkas.
  • Menunjukkan nilai dengan menyentuh poin utama dan pencapaian dari pekerjaan anda sebelumnya, serta penyertaan metrik.
  • Tulis pengalaman kerja anda dalam urutan Kronologis Terbalik.
  • Tunjukkan keahlian dan pengalaman anda dengan cara yang menarik dan meyakinkan – pasarkan diri anda.
  • Gunakan sertifikat untuk meningkatkan keefektifan surat lamaran anda.

FAQs

  • Bagaimana cara mendeskripsikan pengalaman pemasaran di resume? 

Cobalah untuk memasukkan detail numerik dan pencapaian penting dari pekerjaan anda sebelumnya. Bangun nilai anda dengan menyatakan bagaimana perusahaan telah meningkat melalui upaya pemasaran dan manajemen anda — sebutkan proyek menarik yang pernah anda ikuti. Untuk meningkatkan perhatian, tulis pengalaman dalam urutan kronologis serta gunakan contoh resume kami untuk pemformatan yang sesuai.

  • Berapa gaji Manajer Pemasaran rata-rata?

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, pada Mei 2020, gaji tahunan rata-rata untuk Manajer Pemasaran adalah $142.170.

  • Apa tujuan yang baik untuk resume pemasaran?

Tujuan berfungsi agar perekrut anda memahami motivasi anda dalam mengejar karier pemasaran secara ringkas menyatakan posisi yang anda cari. Tujuan juga cenderung mencakup beberapa kata tentang diri anda.