Resume untuk Spesialis TI

Buat resume saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Inovasi dalam teknologi terus mendominasi kehidupan sehari-hari kTIa. Oleh karena itu, permintaan akan spesialis teknologi informasi telah meningkat secara signifikan selama beberapa dekade terakhir.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Baik lulusan baru, pemula, atau profesional, mempersiapkan resume yang mengesankan untuk spesialis TI adalah suatu keharusan. Meskipun ada banyak posisi yang menunggu untuk diisi oleh kandidat yang layak, ada juga semakin banyak individu berpengetahuan yang menunggu kesempatan mereka. Tampil menonjol dan jadilah orang yang akan dipilih oleh Perekrut. Tunjukkan pada mereka apa yang dapat anda tawarkan dan mengapa andalah yang harus mereka pekerjakan untuk pekerjaan itu.

resume for it specialist

Apa yang Harus Disertakan dalam Resume untuk Spesialis TI

Pekerjaan di industri TI biasanya sangat menguntungkan. Menjadi spesialis yang berpengetahuan luas dengan pengalaman kerja yang signifikan juga membuka banyak peluang karir. Dapatkan kesempatann wawancara dengan resume dan surat lamaran  mengesankan yang dikemas dengan semua detail penting yang akan menarik perhatian Perekrut.

Contoh resume spesialis TI bervariasi dalam desain, format, dan tata letak. Secara umum, resume anda harus menyertakan nama anda, informasi kontak yang jelas, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, sertifikasi yang relevan, dan keterampilan. Gunakan template sehingga anda tidak akan melewatkan detail penting apa pun.

Pilih Template Resume TI dengan Bijak

Jika anda ingin dipekerjakan, anda harus pastikan bahwa Perekrut tertarik kepada anda terlebih dahulu. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan templat resume spesialis TI terbaik yang tersedia.

Cari contoh resume spesialis TI. Lebih baik lagi, cari beberapa contoh resume sehingga anda dapat memilih salah satu yang sesuai dengan gaya dan selera anda.

Dalam industri yang begitu kompetitif seperti TI, anda harus mengerahkan semua upaya yang anda bisa untuk memastikan bahwa anda tetap di puncak. Saat melamar posisi TI di sebuah perusahaan, Perekrut ingin tahu apa yang dapat anda tawarkan. Cara terbaik untuk memberi tahu mereka adalah dengan menyiapkan resume — resume yang cukup jelas untuk diperhatikan oleh Perekrut.

Untuk menunjukkan contoh resume yang jelas, ringkas, dan terlihat profesional, lihat templat resume kami .

Menggunakan template sebagai panduan akan memastikan bahwa anda tidak akan kehilangan detail atau informasi penting yang harus anda miliki di resume anda. Ini juga akan membantu anda menyoroti bagian yang paling penting bagi calon Perekrut.

Cara Memformat Resume Spesialis TI

Saat melihat contoh resume spesialis dukungan TI, keterampilan dan sertifikasi disorot dan akan menonjol. Rangkuman profesional yang secara singkat menjelaskan riwayat pekerjaan dan keterampilan khusus anda juga harus tepat di atas resume.

Anda juga dapat memilih antara format kronologis atau kronologis terbalik dan format resume fungsional, atau kombinasi keduanya.

Resume kronologis menunjukkan pengalaman kerja anda secara berurutan, berdasarkan tanggal dengan pekerjaan pertama anda di atas. Format kronologis terbalik adalah pilihan yang paling umum, dan sebenarnya merupakan pilihan yang lebih baik untuk resume TI anda karena menunjukkan pengalaman kerja terbaru anda terlebih dahulu.

Resume fungsional berfokus pada keterampilan dan pengalaman yang relevan. Catat area utama dan spesialisasi yang secara khusus disebutkan di pengumuman lowongan pekerjaan tersebut. Jika anda memiliki kualifikasi tersebut atau yang setara, pastikan kualifikasi tersebut disorot dan ditempatkan di dekat bagian atas resume anda.

resume for it specialist

Rangkuman Resume Spesialis TI

Seperti kebanyakan jenis resume, yang terbaik adalah menyertakan rangkuman resume atau tujuan pada resume. Jika anda melihat contoh resume, paragraf pendek yang merangkum seluruh resume biasanya muncul di atas.

Rangkuman resume atau tujuan adalah cara lain yang bagus untuk membuat resume anda menonjol. Rangkuman profesional harus singkat, langsung ke intinya, dan terperinci.

Tidak masalah jika anda memiliki pengalaman kerja yang sebenarnya di industri TI atau tidak, anda masih dapat membuat rangkuman resume dengan menulis tujuan, keterampilan, dan sertifikasi anda.

Contoh Rangkuman Profesional

Saat menulis rangkuman profesional, ingatlah untuk menyesuaikan rangkuman resume untuk memastikan bahwa itu menunjukkan bahwa anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Tunjukkan bahwa anda memang ahli dalam dukungan teknis dan segala hal TI.

Untuk lulusan baru TI, berikut adalah contoh rangkuman profesional.

BENAR
AS Lulusan Teknologi Informasi Komputer mencari posisi spesialis TI di Max Software Solutions, Inc. Pengetahuan tingkat tinggi dalam keamanan TI dan sistem pendukung TI dengan sertifikasi khusus sebagai Teknisi Meja Bantuan dan Spesialis Keamanan Internet. Menyelesaikan Program Magang 360 jam dengan Min Software Solutions, Inc.

Anda dapat mencoba jenis Rangkuman profesional ini jika anda sudah memiliki pengalaman kerja.

BENAR
Profesional TI bersertifikat CDP, CISSP dan CCIE dengan pengalaman dalam memelihara sistem komputer Mac OS, MS-Windows, dan Ubuntu. 5+ tahun pengalaman sebagai Manajer Keamanan Internet dan melatih 30+ anggota staf. Berhasil meluncurkan perangkat lunak keamanan komputer terbesar Zeus E-Commerce Co yang menghasilkan sistem operasi yang lebih cepat dan aman bagi karyawan dan pelanggan.

resume for it specialist

Tips Membuat Bagian Riwayat Pekerjaan anda Menonjol

Sebagian besar perusahaan mencari spesialis TI dengan pengalaman. Jika anda belum memiliki pengalaman kerja formal, mulailah membangun portofolio dan tingkatkan keterampilan anda sekarang.

Karena sebagian besar perusahaan yang digerakkan oleh teknologi sangat bergantung pada personel TI mereka, anda harus siap untuk bekerja di lingkungan yang kompetitif. Di TI, tidak ada ruang untuk kesalahan. Oleh karena itu, anda tidak dapat hanya berpura-pura memahami industri ini. Satu detail yang terlewatkan dapat menyebabkan masalah besar yang dapat memengaruhi seluruh bisnis dan semua pelanggannya.

Jadikan riwayat pekerjaan menonjol di resume anda. Perlihatkan pengalaman, perusahaan tempat bekerja, dan hasil positif yang anda hasilkan di tempat kerja.

Berikan lebih banyak kepentingan pada pengalaman yang anda miliki yang relevan dengan deskripsi pekerjaan.

Juga, anda harus yakin bahwa pengetahuan anda telah diperbarui. Karena inovasi dalam teknologi terjadi dari hari ke hari, apa yang anda pelajari 5 tahun yang lalu mungkin tidak lagi berguna hari ini. Jadi pastikan anda selalu memperbarui pengetahuan anda, dan terus belajar sebanyak mungkin setiap hari.

Tip: Gunakan kata kunci dan frase kunci yang relevan di resume sehingga nama anda muncul saat Perekrut mencari keterampilan atau pengalaman tertentu.

Saat menulis pengalaman kerja, sertakan nama dan lokasi perusahaan serta tanggal anda bekerja dengan mereka. Tambahkan juga tugas utama, indikator kinerja utama, dan pencapaian anda. Berikut adalah contoh.

BENAR
Ketua Tim Dukungan TI
ABC International, Inc., Sacramento, CA
Januari 2019-Sekarang

  • Keamanan internet dan perangkat lunak utama yang dikelola untuk departemen eksekutif
  • Melatih 50+ spesialis dukungan TI Junior
  • Mengelola tim yang terdiri dari 10 spesialis dukungan TI Senior
  • Pemecahan masalah jaringan dan perangkat keras
  • Menghilangkan pelanggaran keamanan dengan memperbarui versi perangkat lunak dan menginstal perangkat lunak baru bila diperlukan.
  • Kapasitas sistem yang dihitung untuk instalasi server baru untuk 300+ komputer desktop
SALAH
Ketua Tim Dukungan TI
ABC Internasional.
Tim yang dikelola 10
Memberikan dukungan untuk perusahaan
Menjawab panggilan telepon dan pertanyaan
Pertanyaan perangkat keras
Pertanyaan perangkat lunak
BENAR
Teknisi Dukungan TI Senior
Perusahaan XYZ, Los Angeles, CA
September 2015-Januari 2019

  • Dipromosikan menjadi Teknisi Dukungan TI Senior dari Posisi Junior 1 tahun sejak tanggal perekrutan
  • Melatih 20+ teknisi dan spesialis dukungan TI Junior
  • Personel pendukung TI yang disukai dari CEO dan eksekutif puncak Perusahaan XYZ
  • Menanggapi pelanggan [Jenis] yang mengalami masalah konektivitas dan memberikan petunjuk langkah demi langkah untuk menyelesaikan masalah termasuk me-reboot perangkat keras.
  • Manajemen keamanan internet dan perangkat lunak
  • Menghilangkan pelanggaran keamanan dengan memperbarui versi perangkat lunak dan menginstal perangkat lunak baru bila diperlukan.
  • Merancang dan menyiapkan stasiun kerja baru untuk +200 staf, termasuk perangkat keras, perangkat lunak menggunakan aksesori yang diperlukan pengaturan server Windows.
Catatan: Meskipun spesifik sangat penting pada resume spesialis TI, anda juga harus mengingat keamanan perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Terutama jika anda telah menandatangani NDA di masa lalu, jangan sertakan perangkat lunak tertentu, terutama yang terkait dengan keamanan, yang pernah atau sedang digunakan oleh perusahaan tersebut jika bertentangan dengan NDA.

resume for it specialist

Keterampilan Terbaik untuk Disertakan dalam Resume untuk Spesialis TI

Keterampilan keras anda sangat penting dalam pekerjaan spesialis TI. Jadi, anda harus memastikan untuk memasukkannya ke dalam resume anda.

Bergantung pada posisi yang anda lamar, ini adalah beberapa keterampilan keras dan kualitas yang biasanya dicari oleh Perekrut:

  • Pengetahuan tentang keamanan internet
  • Memahami cara kerja jaringan
  • Keterampilan komunikasi
  • Manajemen proyek
  • Pengetahuan tentang bahasa pemrograman
  • Pengetahuan tentang beberapa sistem operasi
  • Kesediaan untuk memberikan dukungan teknis 24/7
  • Kemampuan untuk melakukan pembaruan sistem
  • Kemampuan untuk mengatasi masalah konektivTIas
  • Diperbarui dengan semua teknologi baru

Soft skill juga penting. Jika anda telah membuat Perekrut terkesan dengan semua pengetahuan dan keterampilan terukur yang dapat anda tawarkan, sekarang anda perlu memberi tahu mereka mengapa mereka harus menjadikan anda bagian dari tim mereka. Ini adalah beberapa keterampilan yang bagus untuk dimiliki di resume:

  • Kemampuan analitis dan keterampilan memecahkan masalah
  • Kecerdasan
  • Ketekunan
  • Pemain tim
  • Rasa urgensi
  • Kreativitas
  • Rasa akuntabilitas dan kepemilikan

Rasa tanggung jawab anda sangat penting. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahkan kesalahan terkecil pada perangkat lunak sistem atau masalah TI yang tidak segera diselesaikan dapat mengakibatkan masalah besar bagi perusahaan dan pengguna akhirnya. Jika anda jujur ​​dan tahu bagaimana bertanggung jawab atas insiden baik dan buruk, Perekrut akan menghargai anda.

Buat Daftar Bahasa Pemrograman untuk Resume TI

Anda pasti sudah tahu sekarang bahwa menjadi spesialis TI itu tidak mudah. Beberapa bidang yang paling sulit untuk dikuasai dalam TI adalah bahasa pemrograman.

Karena ada begitu banyak bahasa pemrograman yang ada saat ini, alangkah baiknya jika anda menguasai semuanya, tetapi tidak apa-apa jika anda tidak menguasainya. Cukup cantumkan yang anda kenal dan memiliki pengetahuan kerja dan sertakan tingkat kemahiran anda.

TIPS: Jangan melebih-lebihkan keterampilan dan pengetahuan anda. Perekrut memahami bahwa seseorang harus menjadi jenius untuk menjadi ahli dalam semua bahasa pemrograman. Jujur saja dan tuliskan semua yang anda ketahui. Yang terbaik adalah memasukkan tingkat pengalaman atau jumlah tahun pengalaman anda juga.

Berikut adalah contoh bagaimana anda dapat menampilkan bagian bahasa pemrograman di resume spesialis TI:

Python – Tingkat Lanjut
Java Script – Menengah
C++ – Lanjutan
C – Lanjutan
PHP – Dasar

Anda dapat selalu menggunakan template resume untuk membuat bagian ini lebih mudah dibuat atau diatur. Anda juga dapat melihat contoh resume kami di sini untuk menemukan cara lain untuk menampilkan bagian ini.

Tampilkan Sertifikasi TI

Sekali lagi, dalam industri TI yang sangat kompetTIif, anda harus menonjol agar diperhatikan dan dipekerjakan. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mendapatkan sertifikasi. Bahkan, beberapa posisi memerlukan sertifikasi tertentu.

Ada banyak sertifikasi yang bisa anda dapatkan sebagai profesional TI. Berikut adalah beberapa sertifikasi TI terbaik yang bisa anda dapatkan dan harus ditampilkan di resume anda.

  • Arsitek Cloud Profesional Bersertifikasi Google
  • CISM – Manajer Keamanan Informasi Bersertifikat
  • CRISC – Bersertifikat dalam Pengendalian Risiko dan Sistem Informasi
  • Arsitek Solusi Bersertifikasi AWS
  • ITIL – Yayasan Perpustakaan Infrastruktur Teknologi Informasi
  • CISSP – Profesional Keamanan Sistem Informasi Bersertifikat
  • Administrator Database MySQL Bersertifikat Oracle ( CMDBA )
  • Pakar Internetwork Bersertifikat Cisco (CCIE)
  • Rekanan Jaringan Bersertifikat Cisco (CCNA)
  • Profesional Jaringan Profesional Bersertifikat Cisco (CCNP)

Informasi Pendidikan untuk Resume Spesialis TI

Karena permintaan yang besar untuk profesional TI, ada banyak program Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi yang ditawarkan di perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia.

Contoh resume spesialis TI dapat mencakup perincian Gelar Associate, Sarjana, Magister, atau bahkan Doktor jika anda memilikinya. Meskipun memiliki gelar adalah keuntungan besar, hal itu tidak selalu merupakan persyaratan untuk semua pekerjaan spesialis TI. Sering kali, kita telah melihat profesional TI, bahkan pemilik perusahaan TI besar, yang bukan pemegang gelar ketika mereka memulai.

Faktanya, sebagian besar sertifikasi TI tidak memiliki gelar sarjana sebagai prasyarat.

Gelar dapat diganti dengan sertifikasi dan pengalaman kerja yang relevan. Namun, memiliki ijazah perguruan tinggi adalah sesuatu yang bisa dibanggakan. Ini dapat memberi anda keunggulan dibandingkan pelamar lainnya.

Jika anda memiliki gelar, buatlah itu menonjol di resume anda. Berikut cara menulisnya:

BS dalam Ilmu Komputer (CSCI)
Universitas California Selatan
Los Angeles, CA
September 2014 hingga Juni 2018

Terutama jika anda baru saja lulus, sertakan penghargaan, magang, dan prestasi yang relevan yang mungkin anda terima.

resume for it specialist

Kiat Tambahan untuk Resume Spesialis TI anda

Jika anda sudah memiliki banyak pengalaman dan banyak sertifikasi, maka menulis resume spesialis TI anda akan cukup mudah. Gunakan pembuat resume untuk memastikan anda menggunakan format resume terbaik dan tidak akan melewatkan detail penting apa pun.

Di antara bagian terpenting dari resume adalah detail kontak, pengalaman kerja, sertifikasi, keterampilan teknis, keterampilan keras dan lunak, dan latar belakang pendidikan anda.

Berikut adalah beberapa tips lagi yang akan membantu anda membuat resume spesialis TI profesional:

  • Temukan contoh resume bagus yang sesuai dengan gaya anda. Ikuti format resume yang menyoroti keterampilan terbaik anda yang relevan dengan lowongan pekerjaan.
  • Periksa tiga kali untuk memastikan bahwa informasi kontak anda jelas dan diperbarui. Ini adalah satu-satunya cara bagi Perekrut untuk menghubungi anda.
  • Tampilkan keterampilan teknis anda serta berbagai keterampilan komputer anda, kemampuan jaringan secara keseluruhan, dan semua keterampilan lain yang relevan dengan posting pekerjaan.
  • Resume spesialis teknologi informasi biasanya mencakup semua sertifikasi TI yang anda miliki. Pastikan mereka terkini dan diperbarui.
  • Beberapa sertifikasi TI memiliki masa kedaluwarsa, sementara yang lain berlaku seumur hidup. Sertakan tanggal validitas sertifikasi anda, bila perlu.
  • Lampirkan surat lamaran ke resume profesional anda.

Jika anda tidak memiliki banyak pengalaman profesional sebagai spesialis teknologi informasi, lihat contoh resume spesialis TI dan bandingkan bagiannya dengan apa yang anda miliki sejauh ini. Ingatlah kiat-kiat ini:

  • Jika anda merasa rangkuman profesional mungkin tampak kurang, anda dapat menggunakan tujuan resume spesialis TI.
  • Anda juga dapat menyertakan Rangkuman resume spesialis TI umum yang mencakup semua sertifikasi yang telah anda miliki, keterampilan yang telah anda pelajari dari waktu ke waktu, pengetahuan anda dalam sistem operasi, bahasa pemrograman, sistem perangkat lunak, perangkat keras komputer, dan bahkan kemampuan anda untuk menemukan solusi masalah terkait jaringan, kegagalan sistem, dan banyak lagi.
  • Ada banyak teknologi baru yang keluar hampir setiap hari. Cari kursus online atau lembaga yang menyediakan pelatihan. Dapatkan sertifikasi, pelajari keterampilan terbaik, bahasa pemrograman baru, perangkat lunak baru, sistem operasi, dan banyak lagi. Semua ini dapat ditambahkan ke resume spesialis TI anda.
  • Biasakan diri anda dengan inovasi teknologi baru dan alat-alat baru.

Khusus untuk seseorang yang baru memulai di industri ini, surat lamaran dapat sangat meyakinkan calon atasan anda untuk memberi anda kesempatan diwawancarai. Jadi, pastikan anda menulis surat lamaran yang dibuat dengan baik dan mengesankan, lalu lampirkan ke resume spesialis teknologi informasi.

Kunci Utama

Resume spesialis TI yang profesional, terperinci, dan tampak mengesankan dapat membantu anda mendapatkan pekerjaan impian. Resume anda bersama dengan surat lamaran anda harus menyertakan rangkuman resume, dan semua data pribadi yang diperlukan yang anda ingin calon atasan anda pelajari tentang anda.

Jika anda kehabisan ide tentang bagaimana membuat resume anda terlihat mengesankan, carilah contoh resume spesialis TI yang dapat menjadi panduan anda. Template dan pembuat resume juga dapat membantu anda menemukan format terbaik untuk digunakan sehingga resume anda terlihat bersih, detail, dan menyenangkan secara estetika.

Pastikan detail kontak anda benar dan diperbarui. Soroti pengalaman kerja, sertifikasi, dan latar belakang pendidikan anda. Gunakan kata kunci dan frasa kunci sehingga Perekrut akan dengan mudah menemukan resume anda dalam kumpulan besar resume dari pelamar lain yang bercita-cita tinggi.

Seorang spesialis teknologi informasi yang bertanggung jawab untuk menangani masalah teknis, yang terkadang dapat menjadi masalah yang kompleks, harus memiliki analisis masalah dan keterampilan pemecahan masalah yang diperlukan. Keterampilan lunak dan keras anda penting – kemampuan anda untuk membantu pengguna dan anggota tim dan kemampuan anda untuk menemukan solusi terbaik untuk masalah tiket dan masalah kompleks lainnya adalah hal-hal yang dicari perusahaan sebagai karakteristik seorang profesional TI.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bisakah anda mendapatkan pekerjaan TI tanpa gelar?

Latar belakang pendidikan dan gelar anda dapat membantu meningkatkan peluang anda untuk mengesankan Perekrut, tetapi itu tidak menjamin keterampilan kompetitif atau kemampuan anda dalam memenuhi kebutuhan bisnis. Jika anda tidak memiliki gelar, jangan berkecil hati. Tingkatkan keterampilan anda, bekerja keras untuk mendapatkan sertifikasi, dan segera, perusahaan impian anda mungkin akan memberi anda kesempatan.

Keterampilan TI apa yang harus saya masukkan ke dalam resume?

Baik keterampilan keras dan keterampilan lunak anda harus dimasukkan dalam resume anda. Keterampilan teknis anda dapat berupa pemecahan masalah Microsoft Windows, pengetahuan dalam migrasi data, pemeliharaan preventif untuk sistem perangkat keras untuk meningkatkan efisiensi dan meminimalkan biaya operasional, dan banyak lagi.

Jika anda ingin menonjol, berikut adalah beberapa keterampilan teratas yang dicari oleh Perekrut, jadi pastikan anda memasukkan ini ke dalam resume spesialis TI anda:

  • Keterampilan pembelajaran mesin
  • Keterampilan ilmu data
  • Keterampilan keamanan siber
  • Keterampilan bahasa pemrograman
  • Keterampilan kecerdasan buatan
  • Keterampilan otomatisasi
  • Keterampilan analisis data
  • Keterampilan desain UX
  • Keterampilan pengembangan perangkat lunak

Bagaimana seharusnya resume TI terlihat?

Contoh resume spesialis TI yang hebat menampilkan pengalaman kerja, sertifikasi, dan keterampilan yang relevan dengan lowongan pekerjaan.

Berapa lama seharusnya resume TI?

Contoh resume spesialis TI yang ideal adalah satu hingga dua halaman saja. Namun, dapat dimengerti bagaimana beberapa spesialis TI yang berpengalaman memiliki begitu banyak keterampilan dan rekam jejak yang panjang untuk dicatat. Selama semuanya terkait dengan pekerjaan yang anda lamar, maka anda harus memasukkannya ke dalam resume spesialis TI anda.

Sertifikasi seperti apa yang harus saya sertakan dalam resume TI?

Semua sertifikasi TI yang aktif dan relevan harus disertakan dalam resume spesialis TI anda. Pastikan anda menempatkan tanggal validitas di samping sertifikasi yang memiliki tanggal kedaluwarsa.