Cara Membuat CV Di HP – Panduan Lengkap Menggunakan Resume Builder Kami

Cara Membuat CV Di HP

Buat resume Anda dalam hitungan menit

Melamar kerja memang adalah proses yang melelahkan sekali. Ada sekian banyak dokumen yang para pelamar kerja perlu buat dan siapkan untuk dikirim ke perusahaan.

Salah satu dokumen yang Anda harus tulis dengan baik adalah Curriculum Vitae. CV dapat disebut sebagai dokumen terpenting untuk melamar pekerjaan. Ini karena sebuah daftar riwayat hidup akan berisi semua informasi – informasi terpenting mengenai diri Anda, termasuk pendidikan, pengalaman,

Tapi hal ini tidak berarti kalau menulis cv lamaran kerja itu sulit! Justru kebalikannya; Anda hanya memerlukan HP dan internet untuk membuat sebuah resume yang menarik dan profesional.

Mungkin ada beberapa dari Anda yang bertanya: bukannya sulit untuk membuat CV di hp karena layarnya kecil?

Walaupun memang lebih mudah Cv maker di laptop atau komputer, sekarang ini sudah ada banyak sekali website dan app pembuat cv di hp yang membuat seluruh proses ini menjadi simpel, termasuk resume builder miliki kami sendiri.

Penasaran bagaimana jadinya cara membuat cv di hp dengan efektif? Baca terus artikel sampai akhir ya!

Website Atau Aplikasi Pembuat CV Di HP Mana Yang Terbaik?

Untuk menulis resume Anda di HP, tentu saja langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah download aplikasi pembuat cv dari play store atau app store. Anda juga bisa memilih salah satu dari sekian banyak website cv maker yang ada di internet.

Salah satu website cv maker terbaik adalah cvmenarik.com. Dengan website ini, Anda dapat membuat resume yang menarik dengan mudah. Template tampilan cv yang ditawarkan juga memiliki desain rapi dan terlihat profesional.

Website CVmenarik bisa Anda akses melalui browser apapun, dan dapat dipakai oleh pengguna hp android maupun iOS. Proses pembuatan cv juga cukup simpel karena Anda hanya perlu langsung memasukkan data. Jika Anda ingin mengetahui langkah – langkah menulis resume menggunakan resume builder online ini, silahkan terus scroll kebawah.

Langkah – Langkah Menulis CV Lamaran Kerja Menggunakan Resume Builder Kami

Berikut ini merupakan penjelasan terperinci langkah – langkah untuk membuat daftar riwayat hidup menggunakan resume builder kami:

1. Masuk Ke Website Cvmenarik.com

cara membuat cv di hp

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja masuk ke website kami. Anda bisa melakukannya dengan mencari cvmenarik.com atau dengan klik tombol ini.

Setelah itu, Anda bisa saja langsung menekan tombol “Buat Resume Saya”. Resume builder kami tidak mengharuskan Anda untuk registrasi akun pengguna pada titik ini.

2. Pilih Format Template CV Yang Tersedia

cara membuat cv di hp

Tampilan resume adalah hal yang sangat penting untuk melamar kerja karena Anda perlu memberi kesan pertama positif pada perusahaan. Oleh karena itu, kami menyediakan beragam template cv profesional namun estetik.

Anda bisa memilih template dengan swipe ke kiri atau kanan, lalu tekan tombol “Pilih”

3. Isi Informasi Pribadi Anda

cara membuat cv di hp

Selanjutnya, Anda perlu mengisi data pribadi dan kontak Anda. Ingat: info kontak harus yang terbaru dan ditulis dengan benar. Jika Anda salah menulis informasi kontak atau menulisnya dengan salah, perusahaan tidak akan bisa menghubungi Anda untuk masuk ke tahap interview.

Dalam bagian ini, Anda bisa langsung mengisi kolom Nama Depan, Nama Belakang, Alamat Tempat Tinggal, Kota, Kode Pos, Nomor HP, dan Alamat Email. Untuk kolom alamat tempat tinggal, pastikan Anda memilih alamat yang benar dari daftar drop-down. Anda bisa klik tombol “Berikut” jika sudah selesai.

4. Cantumkan & Jelaskan Pengalaman Kerja Anda

cara membuat cv di hp cara membuat cv di hp

Langkah berikutnya adalah untuk menulis pengalaman kerja yang Anda punya. Anda dapat menekan tombol “Tambahkan Pekerjaan” untuk menambah satu komponen untuk tiap pengalaman kerja.

Lalu, Anda perlu mengisi sejumlah info penting termasuk jabatan Anda, tempat Anda bekerja, tanggal Anda mulai dan selesai kerja disitu, dan kota dimana Anda bekerja. Anda juga bisa mencentang box “Saat ini Saya bekerja di sini” jika Anda masih bekerja diperusahaan tersebut.

Untuk menulis deskripsi tugas dan prestasi Anda selama bekerja disitu, Anda bisa klik “Tambahkan Deskripsi”. Akan keluar sebuah teks box dimana Anda bisa mendeskripsi pengalam kerja dengan terperinci.

Anda bisa menggunakan format bold, underline, dan italic, memilih alignment, memakai bullet point, dan menggunakan beberapa pilihan format lainnya. Klik “Berikut” setelah Anda selesai. Oh iya, Anda juga bisa klik tombol titik tiga di sebelah kanan tiap pengalaman kerja untuk melakukan beberapa perubahan seperti edit, merubah urutan, atau menghapus pengalaman tersebut. Tombol ini juga dapat ditemukan di semua komponen Cv lain.

cara membuat cv di hp

Jika Anda tidak memiliki pengalaman, Anda bisa melewati langkah ini.

5. Tulis Riwayat Pendidikan Anda

cara membuat cv di hp cara membuat cv di hp

Selesai menulis pengalaman, sekarang saatnya memasukkan riwayat pendidikan Anda. Klik tombol Tambahkan Pendidikan untuk menambahkan satu riwayat pendidikan. Anda lalu perlu menulis nama sekolah, jenis gelar, tanggal kelulusan, dan kota dimana Anda sekolah.

Sama seperti pengalaman pekerjaan, Anda juga bisa menekan tombol Tambahkan Deskripsi untuk menjelaskan pencapaian Anda semasa periode belajar. Klik tombol Berikut kalau sudah selesai

6. Jangan Lupa Tulis Semua Keterampilan Relevan Anda

cara membuat cv di hp cara membuat cv di hp

Keterampilan atau skill adalah hal penting yang harus dimiliki semua pencari kerja. Pada bagian ini, Anda dapat menekan tombol Tambahkan Keterampilan untuk menambah satu skill. Anda lalu perlu menulis nama keterampilan dan mengatur level kemampuan. Anda juga bisa menyembunyikan level kemampuan dengan menekan tombol Sembunyikan Level Pengalaman.

Pastikan Anda menulis kedua hard skill dan soft skill untuk menarik perhatian perusahaan ya!

7. Tulis Ringkasan Atau Objektif CV

cara membuat cv di hp

Bagian selanjutnya yang perlu Anda isi adalah bagian ringkasan.

Dalam bagian ini, Anda perlu menulis paragraf pendek sepanjang 3 – 4 kalimat dan jelaskan poin – poin terpenting lamaran Anda. Ini bisa termasuk skill yang paling Anda mahir, pengalaman paling berkesan, atau prestasi terhebat.

Anda juga dapat menggunakan sejumlah setelan format, seperti yang bisa dilihat dari foto diatas. Klik tombol Berikut ketika sudah selesai.

8. Pilih Format CV

cara membuat cv di hp

Selesai menulis semua informasi krusial tadi, sekarang saatnya memilih format penulisan resume. Memilih penyetelan format sangat mudah dengan cv maker kami karena Anda hanya perlu klik pilihan yang sesuai dengan preferensi Anda. Anda bisa merubah template, jenis font judul, jenis font teks badan, bahasa CV, hingga warna aksen resume Anda.

9. Cek Informasi Pribadi, Isi Posisi Yang Ingin Dilamar, Tambahkan Foto

cara membuat cv di hp cara membuat cv di hp

Berikutnya, Anda bisa mengecek kembali data Anda dalam bagian Informasi Pribadi. Pastikan semua informasi sudah benar dan tidak ada typo penulisan. Anda juga bisa menulis posisi lowongan yang sedang Anda lamar pada kolom Jabatan. Ini agar perusahaan dapat mengetahui dengan cepat dan jelas apa pekerjaan yang Anda inginkan.

Setelah itu, ada baiknya juga Anda mencantumkan foto Anda pada CV. melampirkan foto pada resume tidak selalu diperlukan. Jika Anda tidak yakin harus melampirkan atau tidak, atau Anda tidak tahu bagaimana memilih foto yang tepat, Anda bisa mencari tahu lebih lanjut dengan membaca artikel kami di sini.

Untuk menambah foto, silahkan klik tombol Unggah Foto. Lalu, Anda bisa menekan ikon dan upload foto Anda. Oh iya, bentuk file yang disupport hanya JPG dan PNG ya, jadi format PDF atau lainnya lebih baik di konversi dulu.

cara membuat cv di hp

Sehabis Anda memilih dan mengupload foto, Anda dapat menyesuaikannya dengan frame seperti pada contoh diatas. Anda bisa memperbesar, memperkecil, dan memutar foto. Anda juga bisa mengunggah foto baru. Kalau sudah puas dengan foto yang dipilih, tekan simpan dan beri beberapa detik agar foto Anda dapat di unggah.

10. Tambah Tautan Profil Media Sosial Anda

cara membuat cv di hp

Link profil media sosial, terutama profil Linkedin, sangat penting bagi perusahaan. Ini karena HRD ingin mengetahui lebih banyak hal mengenai diri Anda. Oleh karena itu, Anda kami sarankan untuk menambah akun media sosial Anda dalam bagian Tautan Situs Web & Media Sosial.

Jika pekerjaan membutuhkan sebuah portfolio, seperti seorang model atau fotografer, Anda juga bisa mencantumkan link portfolio Anda di sini.

11. Cek Kembali Informasi Yang Sudah Anda Masukkan

Jika Anda terus scroll kebawah, Anda dapat melihat komponen – komponen yang tadinya Anda sudah isi seperti ringkasan cv, pengalaman kerja, riwayat edukasi, dan skill. Pastikan Anda mengecek info – info ini lagi dan lihat apakah ada kesalahan tulis.

12. Tambahkan Bagian Ekstra Agar Dilirik Perekrut

cara membuat cv di hp

Sudah menulis semua informasi dasar tadi? Sekarang saatnya Anda menambah informasi ekstra. Ada beberapa bagian tambahan yang bisa pilih seperti:

Publikasi

cara membuat cv di hp

Anda bisa menulis judul publikasi Anda dan juga tanggal penerbitannya di sini.

Pelatihan

cara membuat cv di hp

Anda juga bisa menulis program pelatihan apapun yang pernah Anda ikuti. Hal – hal yang perlu ditulis termasuk nama program pelatihan, lembaga penyelenggara, tanggal mulai, dan juga tanggal selesai.

Magang

cara membuat cv di hp

Bagian ini sangat cocok bagi kalian para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman profesional. Anda bisa menulis pengalaman magang Anda termasuk nama posisi, nama perusahaannya, tanggal mulai dan selesai, kota dimana Anda magang, serta deskripsi pencapaian Anda selama periode magang.

Aktivitas Ekstrakurikuler

cara membuat cv di hp

Anda juga bisa menulis aktivitas – aktivitas ekstrakurikuler untuk menambah kepribadian pada CV Anda. Hal ini akan membuat resume Anda lebih mudah untuk diingat oleh perekrut.

Detail Data Pribadi Tambahan

cara membuat cv di hp

Untuk beberapa pekerjaan tertentu, Anda akan diminta untuk memberi sejumlah informasi tambahan. Hal – hal seperti kebangsaan, tanggal lahir, status visa, hingga status pernikahan bisa Anda tambahkan pada bagian ini.

Hobi

cara membuat cv di hp

Sama seperti aktivitas ekstrakurikuler, menulis hobi dapat membedakan CV Anda dari pelamar lain dan memberi kesan yang lebih baik pada perusahaan.

Surat Izin Mengemudi (SIM)

cara membuat cv di hp

Sebuah Surat Izin Mengemudi atau SIM tentu saja diperlukan untuk pekerjaan – pekerjaan yang memerlukan Anda untuk menyetir kendaraan. Beberapa contoh termasuk supir truk, driver ojek online, atau pengantar paket logistik.

Bahasa

cara membuat cv di hp

Kemampuan bahasa semakin penting pada zaman sekarang ini. Jadi, kalau Anda bisa berbicara dalam berbagai bahasa, pastikan untuk menulisnya dan juga tingkat kemahiran Anda pada komponen ini.

Kontak Referensi

cara membuat cv di hp

Bagian tambahan terakhir adalah kontak referensi. Banyak perusahaan yang mensyaratkan para pelamar kerja untuk melampirkan surat referensi atau rekomendasi bersama resume lamaran kerja. Alhasil, Anda juga perlu mencantumkan kontak dan detail pemberi referensi. Tapi pastikan Anda bilang dulu pada pemberi referensi ya!

13. Tambah Juga Bagian Kustom

cara membuat cv di hp

Anda ingin menulis sebuah komponen yang belum kami bahas? Jangan khawatir! Anda bisa menulis komponen apapun dan menambah informasi dengan menggunakan fitur komponen kustom kami!

14. Masuk Ke Website Cvmenarik.com

cara membuat cv di hp cara membuat cv di hp

Selesai menulis semua informasi yang Anda inginkan dan memastikan semuanya tertulis dengan baik, Anda bisa menekan tombol Lanjut Untuk Mengunduh. Dalam halaman selanjutnya, Anda bisa melihat preview tampilan cv Anda.

Kalau ada yang ingin Anda ubah, Anda bisa menekan tombol “x” di layar atau menekan tombol kembali di hp Anda. Anda juga bisa menggunakan tombol setting di kiri atas untuk merubah template dan warna aksen dengan cepat. Jika sudah puas dengan resume, silahkan langsung saja download dengan mengklik tombol unduh diatas.

Tips Umum Untuk Menulis CV Di HP Yang Menarik

Memastikan resume Anda ditulis dengan sempurna adalah kunci untuk mendapatkan pekerjaan impian Anda. Berikut adalah sejumlah kiat kami untuk membantu Anda menyempurnakan cv lamaran kerja Anda.

Download & Kirim CV Dalam Bentuk PDF

Ada banyak bentuk file yang bisa Anda gunakan untuk mengirim CV. Dua yang paling sering digunakan adalah PDF dan Word. Kami sarankan Anda menggunakan file PDF karena file ini sangat mudah untuk dikirim dan dibuka oleh perekrut. Terlebih lagi, format word terkadang akan mengacak isi dokumen jika versi software Anda dan perekrut berbeda.

Tulis CV Sesuai Kebutuhan Lowongan

Menulis satu CV dan mengirimnya ke semua lowongan adalah yang disebut spam application. Ini adalah metode yang sangat buruk karena resume Anda akan terlihat terlalu generik dan tidak sesuai dengan lowongan.

Jadi, ada baiknya Anda membaca baik – baik iklan lowongan kerja dan gunakan informasi itu untuk menyesuaikan resume. Ini akan sangat membantu peluang Anda untuk lolos tahap screening.

Gunakan Contoh – Contoh Resume Di Internet Sebagai Contoh

Menulis resume mungkin terasa sulit bagi sebagian orang karena banyaknya hal yang perlu diperhatikan. Cara baik untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan contoh – contoh di Internet sebagai panduan untuk menulis Cv Anda sendiri.

Anda bisa melihat contoh – contoh resume untuk berbagai profesi berbeda di sini.

Kirim Juga Surat Lamaran Kerja

Tips terakhir kami adalah untuk menulis dan mengirim juga surat lamaran kerja. Dokumen ini sama krusialnya dengan resume, karena disinilah dimana Anda akan memperkenalkan diri secara lebih mendalam. Beberapa hal yang boleh Anda tulis termasuk alasan Anda melamar ke perusahaan itu, alasan memilih karir tersebut, dan visi masa depan Anda.

Perusahaan seringkali menganggap dokumen ini sama pentingnya dengan resume, jadi Anda perlu menulisnya dengan serius. Oh iya, surat lamaran kerja juga dikirim dalam bentuk PDF ya!

Kata Penutup

Begitulah panduan kami untuk menulis cv dengan menggunakan hp. Resume adalah dokumen yang sangat mempengaruhi peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Jadi pastikan Anda menggunakan metode terbaik untuk membuatnya, yaitu dengan CVMenarik.com.

Artikel serupa