Contoh Resume Fresh Graduate Menarik dan Cara Membuatnya

Masih saja bingung menulis resume ketika hendak melamar pekerjaan karena baru saja lulus? Tenang saja, karena ada banyak contoh resume fresh graduate yang bisa Anda dapatkan.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Meskipun belum memiliki pengalaman kerja di sebuah perusahaan, Anda tetap bisa menulis resume yang menarik.

💡Fact : Menurut Kemnaker pada Agustus 2020, masih ada 9,77 juta atau 7,07% tenaga kerja yang belum terserap ke pasar kerja. Jumlahnya terus meningkat di tahun 2021, sebuah kesempatan yang terbuka lebar ini tentu tidak boleh disia-siakan khususnya Anda yang baru saja lulus. Salah satu caranya adalah mengasah kemampuan dalam menulis resume.

Bagaimana cara Anda menulis resume dan seperti apakah contoh resume Fresh graduate bahasa Indonesia yang bagus? Anda bisa menyimak contoh hingga cara membuatnya di sini.

Templat resume untuk lulusan baru

Charlie Frederick
Software Developer
California
(124) 567-25642
charlie@frederick.com

‘’Saya memiliki tujuan agar dapat berperan sebagai software developer di perusahaan XYZ agar dapat menerapkan semua pengetahuan menggunakan sistem perangkat lunak.

Saya mampu bekerja berjam-jam dengan keterampilan terhadap detail yang tinggi. Mahir dalam mengoperasikan aplikasi coding seperti GEdit, Notepad++, dan Atom.’’

Pendidikan

  • SMP DCA, 2010-2013
  • SMA ABC, 2013-2016
  • Sarjana Komputer, Universitas Teknologi XYZ, 2016-2021, IPK : 4.0

Pengalaman

Perusahaan Teknologi SYZ
Texas
Magang Software Developer

  • Menguji coba software baru ABC
  • Bekerja sama mengembangkan aplikasi ABC
  • Membuat desain aplikasi yang sesuai kebutuhan pengguna

Keterampilan Teknis 

  • Menguasai bahasa pemrograman Javascript
  • Memahami algoritma
  • Mengerti struktur data yang baik
  • Computer Programming
  • Menguasai Framework Laravel
  • Terbiasa melakukan testing
  • Menguasai Software debugging
  • Aplikasi coding, GEdit, Notepad++, dan Atom 

Soft Skills 

  • Komunikasi
  • Kolaborasi dan kerjasama tim
  • Manajemen waktu
  • Problem Solving
  • Berpikir Kritis

Penghargaan

  • Juara 2 dalam FAST TEKNO 2020

Bahasa

Native : Indonesia
Fluent : Inggris

Anda juga perlu menyertakan keterampilan dasar yang dimiliki, disesuaikan dengan posisi software developer. Contohnya adalah menguasai dan update bahasa pemrograman, menguasai software testing, debugging, database, dll. 

Cara Menulis Resume yang Baik bagi Lulusan Baru

Sekilas dilihat dari contoh resume fresh graduate untuk dua posisi di atas, pengalaman kerja bisa digantikan dengan tujuan bekerja. Tujuan ini bisa ditulis dalam bentuk rangkuman visi serta misi Anda.

Perlu diperhatikan juga bahwa format dari resume terbaik akan menentukan apakah Anda dapat melalui seleksi administrasi. Karena kebanyakan perusahaan besar memanfaatkan sistem pelacakan pelamar atau ATS.

Sistem ATS sendiri memanfaatkan teknologi yang bertujuan untuk menyaring semua aplikasi yang masuk. Oleh karena itulah, Anda harus berhati-hati dalam memilih format resume supaya memenuhi standar ATS.

Ketika lolos dari penyaringan metode ATS ini, resume Anda bisa lanjut ke tahapan selanjutnya. Berikut ini cara penulisan resume dengan format yang tepat agar dapat lolos ke tahapan selanjutnya.

FRESH 1

Tata Letak yang Tepat

Hal pertama yang selalu diperhatikan adalah tata letak dari penulisan, harus dimulai dari bagian apa dan diakhiri seperti apa. Contoh resume fresh graduate biasanya hanya dibuat satu lembar saja yang isinya sudah memenuhi informasi yang dibutuhkan perusahaan. 

Dalam satu lembar ini akan memuat header hingga isi yang menceritakan tentang diri Anda. Baik itu nama hingga pendidikan dan keterampilan. Anda bisa membuat layout dua kolom dalam satu lembar.

Kolom pertama bisa berisi mengenai detail informasi pribadi seperti nama, kontak dan skill. Sedangkan kolom kedua berisi informasi yang lebih banyak seperti tujuan melamar, pendidikan, kegiatan sukarelawan atau prestasi yang pernah didapatkan.

Penulisan Struktur yang Menonjol

Selain soal layout Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara menuliskan struktur yang menonjol. Tujuannya agar resume Anda mudah dibaca dan dipahami hanya dengan sekali pandang.

Pada bagian atas selalu dimulai dengan Header resume yang berisi soal nama lengkap, sebutan, gelar dan juga kontak. Header ini sangat penting supaya perusahaan mengenali siapa Anda.

Setelah header Anda bisa melanjutkan pada bagian isi yang dimulai dengan deskripsi atau rangkuman yang berisi tujuan melamar, kemudian soal pendidikan dan berbagai keterampilan. Soal keterampilan ini harus disesuaikan dengan posisi yang dilamar. 

Anda juga bisa memberikan informasi mengenai kegiatan sukarelawan yang bisa menunjang informasi penting terkait posisi. Letakkan informasi ini pada bagian akhir saja.

🛑 Jangan lupa setiap pendidikan dan informasi lainnya harus disertakan tanggal.

Menonjolkan Pendidikan

Masih soal isi resume, pengalaman dapat digantikan dengan ulasan mengenai tujuan melamar. Supaya resume dapat lebih menonjol lagi Anda bisa menuliskan secara detail pada bagian pendidikan.

Misalnya saja untuk pendidikan, Anda bisa mencantumkan beberapa hal berikut ini.

  • Pengalaman organisasi selama kuliah
  • Penghargaan yang didapatkan dari universitas
  • IPK yang diperoleh
  • Sertifikat lomba atau kursus
  • Judul skripsi yang disesuaikan dengan posisi pekerjaan.

Menyertakan Kegiatan Menarik

Selama kamu mengikuti organisasi pasti ada beberapa kegiatan yang pernah diikuti. Kegiatan ini juga bisa disertakan dalam resume yang akan menjadi poin plus. Berikut ini beberapa kegiatan menarik yang bisa disertakan.

  • Menjadi penyelenggara acara
  • Menjadi tutor
  • Membuat dan mengelola website kampus
  • Sertakan hasil karya yang pernah dibuat 

Beberapa contoh resume fresh graduate menuliskan kegiatan ini secara detail. Contohnya mulai dari jenis acara yang diselenggarakan, tanggal, posisi kamu dalam penyelenggara acara tersebut.

Selain mengikuti keempat cara tersebut, ada penulisan yang lebih detail lagi untuk bisa diikuti dari masing-masing struktur yang dibuat. 

Metode Penulisan Header yang Benar

Semua contoh resume bahasa indonesia fresh graduate yang benar wajib diawali dengan header.  Penulisan header pun bukan seperti judul resume dan posisi yang dilamar. Anda hanya perlu menuliskan informasi pribadi.

Cara Menulis Header

Penulisan header sangat simpel, Anda bisa mengisinya hanya dengan nama, posisi yang diinginkan atau lulusan dari jurusan apa. Kemudian sertakan informasi kontak yang berupa nomor hp, email, dan akun sosial media.

Berikut ini contoh resume fresh graduate dalam penulisan header yang benar:

BENAR
Riyadi Brian
Programmer
(125) 489-256478
brian@gmail.com
linkedin.com/brian

Dilihat dari pembuatan header ini, perusahaan akan langsung mengetahui posisi apa yang Anda inginkan. Hindari untuk menulis header dengan informasi yang kurang menarik sebagai berikut ini.

SALAH
Riyadi Brian
(125) 489-256478
brian@gmail.com

Hanya ada tiga informasi yang bisa diperoleh perusahaan, nama dan juga kontak. Perusahaan harus membaca pendidikan bahkan sampai dengan pengalaman untuk mengetahui posisi apa yang Anda lamar.

Meskipun singkat, penulisan header tetap harus lengkap. Oleh karena itulah informasinya harus lengkap dan akurat. Khususnya untuk akun sosial media dan nomor hp pastikan masih aktif digunakan. 

Perlukah Menambahkan Foto

Hampir semua contoh resume fresh graduate akan menyarankan Anda untuk menambahkan foto pada bagian header. Foto berperan sangat penting untuk membedakan tampilan fisik dari pelamar apakah menarik dan tidak cacat.

Foto bisa saja tidak perlu ditambahkan pada bagian header jika perusahaan meminta foto pelamar secara terpisah. Seperti perlu menyertakan foto close up dan seluruh badan. Anda perlu menyertakan foto dalam file tersendiri dan dilampirkan ketika mengirim surat lamaran.

Menyertakan Rangkuman Pengalaman

Rangkuman pengalaman sangat dibutuhkan agar perusahaan mengenali kemampuan kamu dalam pekerjaan atau tugas yang pernah dijalani. Apa saja pencapaian dari hasil kerja tersebut menjadi nilai yang sangat penting untuk diperhatikan. 

Sesuai contoh resume kerja fresh graduate untuk posisi akuntan di atas, tanpa adanya pengalaman Anda tetap bisa menulis resume yang menarik dengan menuliskan tujuan melamar.

Tidak hanya itu saja Anda bisa juga bisa menambahkan pengalaman dari kegiatan baik itu sukarelawan atau dari organisasi yang pernah diikuti.  Semua informasi ini begitu penting bagi lulusan baru yang belum berpengalaman kerja langsung.

Contoh Penulisan Pengalaman Lulusan Baru yang Benar

Misalnya saja Anda ingin melamar sebagai database administrator di sebuah perusahaan besar. Sebelumnya Anda pernah melakukan kegiatan sukarelawan atau magang di sebuah perusahaan kecil.

Maka contoh resume fresh graduate untuk menuliskan pengalaman adalah sebagai berikut:

BENAR
Perusahaan XYZ, California
Database Administrator
03/05/2015 – 02/05/2021

  • Menjalankan tugas sebagai database administrator dalam membuat desain, pemeliharaan dan memperbaiki database organisasi.
  • Membuat data agar mudah untuk diakses oleh siapa saja.

Setiap pengalaman sukarelawan atau magang bisa Anda jelaskan secara detail, baik dari lokasi, jabatan hingga masa pekerjaan. Tidak lupa pula deskripsi pekerjaan yang dilakukan.

Contoh Penulisan Pengalaman Lulusan Baru yang Salah

Selain ada penulisan yang benar, Anda juga perlu tahu bagaimana cara menuliskan pengalaman yang salah. Supaya bisa menghindari kesalahan saat melamar pekerjaan. Berikut ini contoh resume fresh graduate dalam struktur penulisan pengalaman yang salah.

SALAH
Perusahaan XYZ, California
Database Administrator
03/05/2015 – 02/05/2021
⚠️Warning:
Penulisan yang kedua ini salah, Anda tidak boleh menggunakannya ketika menuliskan resume. Meskipun terdapat lokasi, jabatan dan masa kerja tapi tidak ada rangkuman pekerjaan yang dijelaskan. Hal ini bisa membuat pengalaman kerja Anda terlewatkan.

Menyertakan Pendidikan yang Pernah Ditempuh

Pendidikan adalah salah satu struktur yang wajib disertakan sebelum Anda menuliskan pengalaman. Bagian ini akan memperlihatkan keprofesionalitasan Anda dalam bekerja nantinya. Khususnya jika Anda sudah selesai menempuh pendidikan di jurusan tertentu.

Contoh resume fresh graduate yang menjelaskan bagian pendidikan setidaknya memenuhi dua komponen berikut ini. 

Penulisan Pendidikan yang Benar

Apapun posisi yang dilamar, pendidikan sangat penting untuk disertakan. Meskipun Anda tidak melamar sesuai dengan jurusan, tetapi pendidikan tetap harus dicantumkan. Penulisannya sendiri bisa termasuk pendidikan akademik dan non akademik.

Secara umum komponen yang harus dituliskan adalah sebagai berikut:

  • Gelar atau sertifikat yang didapatkan
  • Nama sekolah serta lokasinya
  • Tanggal mulai masuk sampai kelulusan
  • IPK
  • Jenis kursus yang diikuti dan sertifikatnya
  • Penghargaan akademik yang dimiliki
  • Sertifikasi jika Anda menempuh pendidikan profesi

Semua penulisannya setidaknya harus berurutan dengan baik agar mudah untuk dibaca. Soal penulisan sertifikat dan juga gelar, bisa juga dibuat dalam bagian lain secara khusus. Anda bisa menuliskan nama sekaligus keterangan sesuai dengan sertifikat yang dimiliki.

Contoh Penulisan Pendidikan dalam Resume

Berikut ini contoh resume untuk fresh graduate lulusan dari Desain Industri yang benar.

BENAR
Sarjana Komputer
Universitas Teknologi ABC, 2017-2021
Skor IPK : 4.0

Mengikuti Pelatihan Software Developer 2020

Kursus : programmer, developer, Java developer, computer programmer, programmer analyst.

Menyebutkan Keterampilan Apa Saja yang Dimiliki

Setiap lulusan baru pasti telah memiliki keterampilan meskipun belum menerapkannya langsung di perusahaan besar. Skill inilah yang harus Anda jelaskan pada resume secara terperinci.

Keterampilan ini juga harus menyesuaikan dengan posisi yang dilamar dan masukkan yang sesuai saja. Berikut ini contoh resume fresh graduate untuk bagian keterampilan ketika melamar menjadi IT specialist

Keterampilan Teknis

  • Webmaster
  • drone end developer
  • back end developer
  • web developer
  • web administrator
  • net developer
  • Java developer
  • data analytics
  • cybersecurity
  • big data

Selain keahlian secara teknis, Anda juga perlu menyertakan soft skills yang sesuai dengan posisi. Berikut ini beberapa contoh softskill jika Anda ingin melamar sebagai IT specialist.

Soft Skills

  • Kolaborasi
  • Komunikasi
  • Koordinasi
  • Berpikir Kritis
  • Interpersonal

Masing-masing keterampilan pada contoh resume lamaran kerja fresh graduate akan berbeda-beda dan disesuaikan dengan posisi yang dilamar. Sesuaikan juga dengan kemampuan sebenarnya yang Anda miliki khususnya soal keterampilan pengoperasian software.

Hindari untuk menulis keterampilan yang sebenarnya tidak Anda miliki, apalagi tidak sesuai dengan posisi yang dilamar. 

Menyertakan Ringkasan Profesional

Contoh resume fresh graduate yang benar juga selalu menyertakan ringkasan profesional yang akan memberikan kesan baik pada perusahaan. Ringkasan ini tidak boleh terlalu panjang, hanya satu paragraf pendek, tapi sudah bisa menggambarkan diri Anda.

Pada ringkasan profesional ini, Anda bisa menjelaskan soal prestasi, sertifikasi dan keterampilan secara teknis. Berikut ini penulisan ringkasan profesional yang benar untuk melamar posisi web developer.

BENAR
“Web developer berpengalaman menjadi webmaster di perusahaan ABC. Membantu mengelola website marketplace. Berorientasi pada ketepatan dan tampilan website yang simpel”.

Penulisan rangkuman profesional tersebut sudah benar, tapi ada juga penulisan yang salah dan harus dihindari. Berikut ini contoh yang salah.

SALAH
“Web developer, terbiasa membuat website. Memiliki kemampuan membuat website yang bagus’’.

Contoh tersebut memang sangat ringkas bahkan tidak akan memenuhi layout, tapi kurang menarik. Karena hanya berbentuk seperti pemaparan tanpa adanya penjelasan seperti apa hasil karya yang bisa ditunjukkan.

Bagian Lain yang Ditambahkan untuk Resume Menarik

Bukan hanya header, pendidikan, pengalaman, rangkuman profesional saja yang perlu ditambahkan. Sebagai lulusan baru Anda juga harus menambahkan beberapa bagian untuk memperlihatkan keterampilan yang lebih.

Berhubung tidak adanya pengalaman pekerjaan, maka beberapa bagian ini bisa ditambahkan.

Keterampilan Komputasi

Sebagian besar pekerjaan ini kini sudah memanfaatkan komputer sebagai kemampuan utama yang harus dimiliki. Jadi walaupun Anda adalah lulusan baru kemampuan ini perlu disertakan selain pada keterampilan teknis.

Anda bisa menuliskan jenis keterampilan komputasi apa yang dimiliki, sejauh mana menguasainya dan sertifikat yang dimiliki jika pernah mengikuti kursus tertentu. Contoh resume fresh graduate

Minat

Anda juga perlu menyertakan soal minat yang akan menjawab pertanyaan: Perlukah saya menambahkan minat untuk agar resume terlihat lengkap? Apakah minat yang harus disertakan?

Jawabannya, Anda perlu menambahkan minat ini jika sesuai dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Misalnya saja pekerjaan yang berhubungan dengan IT Specialist, Anda bisa menambahkan bidang khusus IT apa yang diminati. 

Bahasa

Kemampuan bahasa kini juga perlu ditonjolkan pada resume, karena bisa menjadi keterampilan yang sangat dibutuhkan. Khususnya untuk perusahaan asing yang membutuhkan keahlian bahasa tertentu.

Struktur penulisan bahasa meliputi:

  • Nama bahasa
  • Tingkat kemampuan (beginner, intermediate, proficient, fluent)
  • Sertakan sertifikat bahasa 

Ringkasan Cara Membuat Resume Fresh Graduate yang Sempurna

Melalui semua contoh resume fresh graduate yang sudah dijelaskan, maka dapat diambil beberapa poin penting sebagai berikut:

  • Membuat header yang lengkap dari nama sampai kontak dan sosial media.
  • Menyertakan pengalaman dari organisasi dan kegiatan lain termasuk sukarelawan.
  • Buat ringkasan profesional yang menarik berdasarkan minat.
  • Jelaskan secara detail keterampilan teknis dan soft skills yang relevan.
  • Tonjolkan kemampuan lain pada bagian tambahan dari minat sampai bahasa.

Apabila mengikuti contoh resume summary untuk fresh graduate ini dengan baik, Anda akan menarik perhatian perusahaan dengan lebih mudah. 

Memperkuat Resume dengan Melampirkan Surat Lamaran

Resume sudah mencakup begitu banyak informasi yang dibutuhkan perusahaan terhadap pelamar. Meskipun pendidikan, ringkasan profesional, keterampilan sudah ada, tapi untuk memperkuat tetap dibutuhkan surat lamaran.

Hampir semua lowongan kerja selalu menuliskan bahwa pelamar wajib mengirim surat lamaran beserta resume. Surat lamaran sendiri berperan sebagai surat pengantar yang akan menyoroti pencapaian apa saja yang sudah Anda miliki.

Lalu bagaimana jika ternyata perusahaan membutuhkan resume berbahasa Inggris? Anda bisa melihat contoh resume lamaran kerja fresh graduate bahasa Inggris. Bisa juga membuat resume dengan bahasa Indonesia terlebih dahulu baru diterjemahkan ke bahasa Inggris.

Tentunya dengan semua contoh resume fresh graduate per bagian di atas Anda bisa dengan lebih mudah membuat resume dengan bahasa apapun.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berapa pendapatan yang diperoleh lulusan baru jurusan IT?

Gaji ini tentu jadi perhitungan yang sangat penting ketika Anda hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Rata-rata lulusan baru bisa mendapatkan US 112.680 per tahunnya.

Contohnya jika kamu berhasil masuk ke perusahaan Qualcomm Inc, Rockwell Collins Inc, Apple Computer, Medtronic, Inc, dan masih banyak lagi.

Pekerjaan bidang IT apakah yang pendapatannya paling besar?

Ada banyak pekerjaan bidang IT dan yang gajinya paling tinggi adalah system manager yang gajinya mencapai 120.950 dollar per tahun. Kemudian diikuti dengan hardware engineer yang bisa memperoleh gaji 100.920 dollar.

Pada peringkat ketiga gaji terbesar didapatkan oleh seorang software developer sebesar 92.660 dollar. Setelah itu ada pekerjaan sebagai network architect, information security analyst, system analyst yang pendapatannya 90.000 – 80.000 dollar.

Bagaimana jika saya belum berpengalaman bekerja di perusahaan?

Tidak masalah jika Anda belum memiliki pengalaman bekerja di perusahaan. Namun pada bagian pengalaman perlu diisi dengan pengalaman seperti magang atau proyek yang pernah dilakukan selama kuliah atau sekolah.

Penulisannya juga harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. Jadi jika Anda saat ini masih kuliah, sebaiknya dapatkan sebanyak mungkin pengalaman.

Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang IT?

Penulisan keterampilan paling penting adalah menyesuaikan dengan posisi. Misalnya melamar menjadi network architect maka keterampilan seperti penataan jaringan dibutuhkan. Begitu juga dengan hard skill lainnya.

Kombinasikan juga dengan soft skill seperti kemampuan berkomunikasi, manajemen konflik, fleksibilitas, dll.

Apakah semua templat penulisan resume fresh graduate sama?

Kurang lebih sama, setiap tamplate harus memiliki susunan yang benar dari header, ringkasan profesional, pendidikan, pengalaman, keterampilan dan minat.

Perlukah menuliskan alamat tempat tinggal pada header?

Tidak perlu, Anda hanya menyebutkan nama, posisi yang dilamar serta nomor telepon dan alamat email agar perusahaan mudah menghubungi. Ikuti penulisan header yang benar.

Lihat templat resume terbaik kami untuk lulusan baru

contoh resume fresh graduate Riga.pdf
contoh resume fresh graduate Chicago.pdf contoh resume fresh graduate Sidney.pdf
contoh resume fresh graduate Rotterdam.pdf contoh resume fresh graduate Prague.pdf