Resume Politisi

Sebagai seorang Politisi, anda harus memiliki sejumlah besar keterampilan sosial dan teknis serta pengetahuan yang cukup tentang manajemen, ekonomi dan politik.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 2 ulasan pelanggan

Memang, menjadi Politisi bisa sangat menuntut dan menantang. Bahkan jika anda telah bekerja di bidang politik selama beberapa tahun, anda mungkin masih kesulitan menempatkan keahlian anda di atas kertas.

Tidak peduli seberapa baik anda berkomunikasi dengan sekelompok besar orang dan bekerja dengan tim politik besar, anda mungkin masih merasa sulit untuk menulis resume Politisi yang efektif. 

Untungnya, kami di sini untuk membantu hal tersebut! Artikel kami akan memandu dalam menulis resume Politisi paling sukses, dengan bantuan contoh resume kami.

Apa yang Harus Disertakan dalam Resume Penasihat Politik 

Dunia politik adalah tempat yang besar. Ada banyak bidang dan industri di bidang pekerjaan ini. Jadi anda tidak perlu menjadi Barack Obama atau Hillary Clinton untuk menemukan kesuksesan! 

Namun, agar berhasil dalam pencarian pekerjaan anda, anda harus mulai dari suatu tempat. Langkah pertama dan terpenting dalam pencarian anda untuk pekerjaan impian adalah menulis resume politik yang efektif. 

Ingatlah bahwa ada banyak pencari kerja lain di pasar tersebut yang mencoba pekerjaan yang anda lamar. 

Untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan, resume politik anda harus ditulis dengan baik.  Kualitas aplikasi politik tergantung pada beberapa faktor. 

Selain menyusun dan memberikan resume tata letak yang tepat, anda harus mempertimbangkan bagaimana membagi resume politik anda. 

Membagi konten aplikasi anda menjadi beberapa bagian akan membuat teks dan informasi yang anda masukkan tampak jauh lebih terlihat dan logis. 

Berikut daftar semua elemen penting untuk resume politik yang sukses yang akan kita bahas dalam artikel ini: 

  • Format
  • Template
  • Bagian

Cara Memformat Resume Politisi 

Bidang politik penuh dengan pesaing sengit. Semua orang mencoba untuk lebih cemerlang dari satu sama lain dengan kredensial dan keahlian mereka. Ini juga berlaku untuk pencari kerja politik. 

Untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan selama pencarian pekerjaan anda, langkah pertama yang penting yaitu memutuskan format resume yang efektif. 

Diketahui perekrut hanya akan menghabiskan 6 detik untuk melihat surat lamaran yang mereka terima. 

Karena rentang waktu yang singkat untuk memperkenalkan resume anda, penting untuk dipahami bahwa resume anda harus memiliki materi yang ringkas dan tidak basa basi serta mudah dibaca secara visual. 

Pemformatan yang tepat akan memastikan bahwa resume politik anda ditulis dengan cara yang akan memberikan dampak terbesar bagi pembaca. 

Berikut adalah daftar pendek elemen penting untuk memformat resume politik: 

  • Gunakan resume terkini : Dunia politik selalu dalam keadaan berevolusi. anda harus menunjukkan bahwa anda dapat mengikuti tren dan kemampuan baru. Biasakan memperbarui resume anda secara teratur.
  • Gunakan format Kronologis : Saat ini, format yang diterima untuk menulis tentang pengalaman dan riwayat pekerjaan anda sebelumnya adalah dengan menggunakan tata letak urutan kronologis . Memformat bagian resume anda dari pengalaman terlama hingga terbaru adalah cara terbaik agar aplikasi anda menonjol.
  • Gunakan Kata Kunci : Bukan rahasia lagi bahwa Perekrut saat ini menggunakan program pemindaian kata, juga dikenal sebagai sistem pelacakan pelamar (ATS). Program-program ini dibuat untuk memindai melalui berbagai aplikasi yang diterima perusahaan setiap hari.

Program bekerja dengan memindai aplikasi dengan cepat dan hanya menyimpan yang berisi kata kunci yang tepat, seperti jargon yang relevan dengan industri. 

Pastikan untuk menjaga keseimbangan yang sehat dari kata-kata umum dan kata kunci yang sesuai dengan pekerjaan. Jangan terlalu sering menggunakan terminologi industri, karena dapat menghambat aplikasi anda lebih dari bantuan. 

Pilih Template yang Tepat untuk Resume Politisi Anda 

Selain berhasil memformat resume anda, anda harus mempertimbangkan bagaimana membuat aplikasi terlihat bagus. anda dapat membuat resume tampak menyenangkan secara visual dengan memberikan struktur yang tepat dan tertata dengan baik. 

Struktur yang efektif, juga dikenal sebagai templat resume, akan membedakan resume politik anda dari kompetisi dan mendapatkan minat Perekrut. 

Template yang baik memastikan bahwa tata letak dan alur semua bagian logis dan sesuai. 

Saran kami adalah menulis bagian resume anda dengan template tertentu. Cobalah untuk memvisualisasikan tampilan aplikasi dengan memberikan desain tata letak sebelum mulai menulis. 

Berikut daftar semua bagian yang harus disertakan dalam resume politik anda. Kami akan membahas setiap langkah dalam artikel ini. Kami menyarankan untuk menyusun bagian-bagian ini sesuai dengan urutan yang anda lihat di sini: 

  • Info Kontak
  • Rangkuman Profesional
  • Bagian Pendidikan
  • Bagian Pengalaman Kerja
  • Bagian Keterampilan

Untuk ide template resume lainnya, klik di sini.

Mulai Resume Politisi Anda dengan Informasi Kontak 

Setelah memutuskan format dan template yang tepat untuk resume politik anda, sekarang saatnya untuk mulai menulis bagian surat lamaran. Bagian pertama yang akan kita lalui adalah, tentu saja, informasi kontak. 

Bahkan jika anda adalah ibu negara, atau presiden, anda tetap perlu memberikan info kontak anda. Di bagian paling atas aplikasi anda, tulis nama anda. Ini akan menjadi judul resume anda. Pastikan untuk memperbesar ukuran nama anda dan tulis informasi kontak anda di bawah ini. Ini akan menjadi bagian pertama dari resume anda. 

Setelah anda menulis nama, alamat email, dan nomor telepon kantor anda, masih ada beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan untuk membuat resume anda lebih bersinar. 

Sebaiknya gunakan alamat email profesional. Jangan menambahkan email yang terkesan lucu dengan nomor yang tidak jelas. Alamat email harus sesuai dengan nada resume politik. 

Kami juga menyarankan untuk menambahkan profil LinkedIn, untuk berjaga-jaga jika pesaing anda juga melakukannya! 

Cara Menulis Rangkuman Profesional untuk Resume Politik Anda 

Resume yang efektif bergantung pada kualitas struktur dan penulisannya; Selain itu, sebuah aplikasi harus menarik perhatian pembaca. Lagi pula, seperti yang disebutkan di atas, resume hanya memiliki 6 detik untuk mengesankan Perekrut. 

Cara yang terbukti untuk menarik minat Perekrut adalah dengan menulis rangkuman profesional di bawah informasi kontak aplikasi. 

Beberapa resume akan memiliki tujuan resume, bukan rangkuman; namun, kami percaya bahwa rangkuman profesional dapat mencakup keterampilan dan nilai anda dengan lebih baik, dengan cara yang lebih bermakna. 

Rangkuman profesional melayani beberapa tujuan. 

Bagian ini memberi anda kemampuan untuk menampilkan diri anda sebagai pekerja di lingkungan politik. 

Anda harus menjelaskan dengan cepat keterampilan, pencapaian, dan motivasi karier yang terkait dengan industri teratas untuk memilih peran tertentu di perusahaan. 

Pastikan untuk menyebutkan secara singkat pengalaman kerja anda sebelumnya dengan penasihat politik atau waktu yang dihabiskan di kantor politik atau lingkungan politik. 

Semua informasi ini harus kompak dan hanya beberapa kalimat. Bayangkan bahwa ini adalah elevator pitch anda, dan anda mencoba menunjukkan nilai anda kepada pembaca. 

Di bawah ini, kami telah memberikan contoh rangkuman profesional yang efektif. Jika anda mencari contoh resume politik lainnya, klik di sini . 

Contoh Rangkuman Resume Penasihat Politik 

Rangkuman 

BENAR
Penasihat Politik yang Didorong dengan pengalaman 3 tahun dalam manajemen kampanye dan analisis politik. Terampil dalam menganalisis iklim politik, menangani hubungan media, menyiapkan tindakan dan mengkoordinasikan pendanaan dan penjadwalan. Spesialisasi dalam melakukan polling dan penelitian untuk menentukan status politik, ekonomi dan memaksimalkan sumber daya yang tersedia.

Selalu Sertakan Bagian Pendidikan dalam Resume Politik Anda 

Dalam dunia politik, orang-orang seperti penasihat politik sangat menghargai dan memiliki minat yang kuat pada latar belakang rekan-rekan mereka. Ini berarti resume anda harus menampilkan citra yang kuat tentang latar belakang pendidikan anda. 

Untuk membuat resume lebih kuat dan lebih efektif, kami sarankan untuk menyertakan bagian pendidikan. 

Penting untuk memasukkan pendidikan dalam resume anda; ini terutama berlaku untuk resume politik tingkat pemula. 

Menulis gelar apa yang anda pegang dan dari sekolah mana anda mendapatkannya memberikan lebih banyak informasi tentang pengetahuan, keahlian, dan pengalaman politik anda. 

Jika anda memiliki pengalaman lebih dari dua tahun, sebutkan nama universitas, lokasi, tahun kuliah, dan gelar.

Jika anda baru saja memasuki sektor politik dan tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup, anda dapat memasukkan IPK dan kursus yang relevan. 

Kami merekomendasikan menggunakan poin-poin untuk informasi tambahan, seperti kegiatan ekstrakurikuler, kursus yang relevan, dan IPK. 

Umumnya, bagian pendidikan ditulis di bagian atas resume. Untuk melihat lebih banyak template khusus dan contoh resume, klik di sini . 

Cara Menulis Pengalaman Kerja untuk Resume Politisi Anda 

Setelah anda selesai menulis rangkuman profesional anda, anda harus fokus pada bagian lain dari aplikasi. 

Bagian pengalaman kerja adalah bagian penting dari aplikasi politik. Ini berlaku untuk resume politik profesional atau pemula. 

Di bagian ini, anda harus menjelaskan pengalaman dan pencapaian kerja sebelumnya. 

Kami menyarankan untuk menjelaskan pekerjaan terkait anda sebelumnya dengan kata-kata yang tepat dan jelas. Gunakan poin-poin untuk membuat informasi tampak lebih baik. 

Setiap poin-poin perlu membawa informasi tentang keahlian anda atau apa yang anda capai di posisi anda sebelumnya. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, yang terbaik adalah menulis tentang pengalaman kerja anda sebelumnya dalam urutan kronologis, dari yang terlama hingga yang terbaru. Selain itu, pastikan untuk menunjukkan jabatan dan tanggal kerja anda di atas deskripsi pekerjaan. 

Pastikan untuk menyeimbangkan terminologi industri dan kata kunci yang relevan dengan kata-kata biasa untuk membuat setiap poin-poin dapat dimengerti. 

Hindari menjadi tidak jelas. Tulis tentang pencapaian anda dan berikan metrik dan data numerik yang dihasilkan dari pekerjaan anda. Ini akan menciptakan minat lebih lanjut untuk kemampuan anda. 

Hard dan Soft Skill untuk Resume Politisi 

Dunia politik mengharuskan anda untuk terbiasa dengan berbagai keterampilan dan informasi. Resume profesional yang sukses harus menunjukkan kombinasi keahlian serta pengetahuan mendalam tentang ilmu politik. 

Setelah anda menyelesaikan bagian rangkuman dan deskripsi pekerjaan dan memberi mereka format yang tepat, sekarang saatnya untuk fokus pada bagian penting lain dari resume anda – bagian keterampilan. 

Bagian ini hanya boleh terdiri dari keterampilan teknis dan soft skill yang dapat ditransfer. Ini akan menunjukkan bahwa anda adalah pelamar yang berpengetahuan luas dan cocok untuk organisasi. Cobalah untuk memasukkan keterampilan yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan. 

Berikut adalah daftar keterampilan teknis dan soft skill umum yang dapat anda sertakan dalam resume politik anda: 

  • Pengembangan Hubungan
  • Persyaratan Kepatuhan
  • Penjualan
  • Pengembangan Strategis
  • Pengetahuan Asuransi
  • Perencanaan Bisnis
  • Penjualan Produk
  • Saran Akademik
  • Calon Klien
  • Liputan Media
  • Hubungan Masyarakat
  • Layanan Publik

Tips untuk Resume Jurusan Ilmu Politik Tingkat Awal 

Jika anda baru saja lulus dari perguruan tinggi dan ingin mengejar karir di bidang politik, anda harus mulai dengan menulis resume politik tingkat pemula yang efektif. 

Kami di sini untuk membantu anda dengan itu. 

Jika anda menemukan bahwa rangkuman atau bagian pengalaman kerja anda kurang dalam konten, cobalah untuk memasukkan pekerjaan dan aktivitas sebelumnya di mana anda memamerkan kemampuan dan pengetahuan yang relevan dengan industri. 

Tambahkan kalimat ke dalam rangkuman profesional anda yang berbicara tentang motivasi karier anda dan jenis kemampuan, pengalaman, dan keterampilan apa yang dapat anda manfaatkan bagi perusahaan. 

Juga, cobalah untuk memasukkan lebih banyak konten di bagian pendidikan anda. Melalui poin-poin, bicarakan kegiatan ekstrakurikuler anda yang dapat dikaitkan dengan deskripsi pekerjaan. Sebutkan mata kuliah yang relevan. 

Sebutkan teknis dan soft skill khusus industri yang disebutkan dalam deskripsi pekerjaan untuk pekerjaan yang anda lamar. 

Pastikan untuk memasukkan jargon politik dan kata kunci ke dalam teks untuk lulus pemindaian ATS. 

Kunci Utama

Berikut adalah beberapa poin kunci untuk membuat resume politik terbaik:

  • Rancang resume anda secara khusus untuk pekerjaan yang anda lamar.
  • rangkuman profesional anda harus menunjukkan kemampuan, motivasi karier, dan keterampilan terkait pekerjaan anda secara ringkas.
  • Menunjukkan nilai dengan menyentuh poin-poin penting dan pencapaian dari pekerjaan anda sebelumnya.
  • Tulis pengalaman anda dalam urutan kronologis.
  • Hubungkan keahlian dan pengalaman anda dengan pekerjaan dengan cara yang tepat.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

  • Apa yang dapat anda lakukan dengan gelar ilmu politik?
    Untuk mendapatkan pekerjaan di bidang politik, anda hampir pasti membutuhkan gelar ilmu politik atau sejenisnya. Saat ini, sebagian besar pekerjaan membutuhkan gelar sarjana.
    Berikut daftar pekerjaan yang dapat anda mulai dengan gelar sains:
    • Pelobi
    • Pengacara
    • Diplomat atau petugas dinas asing
    • Ilmuwan politik
    • Profesor
    • Eksekutif bisnis
    • Konsultan politik
    • Pejabat pemerintah
  • Keterampilan apa yang saya perlukan untuk menjadi Politisi?
    Politisi harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta pengetahuan yang mendalam tentang ilmu politik. Mereka juga harus selalu mengikuti perkembangan iklim politik di seluruh dunia, antara lain.
  • Berapa penghasilan Politisi?
    Gaji Politisi sangat bervariasi pada levelnya, tetapi seorang senator dapat memperoleh $ 174.000 per tahun.
  • Berapa lama resume seorang Politisi?
    Kami menyarankan agar resume anda tetap 1 halaman. Mempekerjakan manajer cenderung melewatkan resume yang berkepanjangan.

Sesuaikan kandidat politik resume anda sendiri dengan pembuat resume kami, dengan mengklik di sini !