Contoh CV asisten hukum

Buat resume saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Jika anda pernah bekerja atau bercita-cita untuk memulai karir di bidang hukum sebagai pengacara atau paralegal, maka anda sudah memiliki pengetahuan hukum tingkat tinggi. Memang, profesi hukum mengharuskan anda memiliki berbagai keterampilan dan pengetahuan.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Sebagai seorang pengacara, anda perlu memahami masalah hukum dan dapat berkomunikasi dengan orang lain secara efektif. Ini benar. Namun, bagaimana jika anda perlu menuliskan kualifikasi dan keterampilan hukum anda di CV hukum anda?

Orang yang mengejar karir hukum mungkin tidak tahu bagaimana menulis resume hukum yang efektif saat melamar pekerjaan. Untungnya, itu tidak perlu dikhawatirkan.

Kami di sini untuk membantu memandu anda dalam menulis resume hukum yang paling efektif menggunakan contoh resume hukum kami .

paralegal resumes

Cara Menulis Resume Hukum untuk Firma Hukum

Apakah anda seorang pengacara profesional atau paralegal tingkat pemula yang baru memulai karir di bidang hukum, dalam kedua kasus tersebut, anda akan membutuhkan resume yang efektif. CV hukum yang kuat akan membuat anda, dan keterampilan anda diperhatikan dan dipilih untuk pekerjaan baru.

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, pekerjaan pengacara diproyeksikan tumbuh 4% dari 2019 hingga 2029. Persaingan untuk pekerjaan hukum dalam sepuluh tahun ke depan diperkirakan akan kuat karena lebih banyak siswa lulus dari sekolah hukum setiap tahun daripada pekerjaan yang tersedia.

Bisa dikatakan bahwa banyak pencari kerja lain akan mencari pekerjaan yang sama dengan yang anda lamar. Jadi, anda harus mengambil langkah-langkah lebih terdepan dalam persaingan di pasar kerja yang legal.

Resume anda harus sekuat mungkin. Bagaimanapun, resume anda adalah satu-satunya cara anda dapat mengkomunikasikan kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman yang relevan kepada Perekrut.

Resume hukum yang sukses harus terstruktur dan diformat dengan baik. Itu juga harus mencakup informasi tentang riwayat pekerjaan anda sebelumnya yang menunjukkan kepada firma hukum bagaimana anda dapat menguntungkan firma mereka di masa depan.

Kami akan membahas langkah demi langkah melalui setiap bagian tentang bagaimana seharusnya contoh resume hukum dan memandu anda menuju kesuksesan dalam pencarian pekerjaan anda.

paralegal resumes

Rangkuman profesional

Penting untuk dicatat bahwa Perekrut di sebagian besar firma hukum dan departemen hukum perusahaan tidak membaca banyak resume yang mereka terima setiap hari. Sebaliknya, mereka membaca resume yang menurut mereka menarik.

Cara yang baik untuk melibatkan Perekrut dan membangun minat segera adalah dengan memasukkan rangkuman profesional dalam resume hukum anda.

Rangkuman profesional seharusnya hanya terdiri dari beberapa kalimat. Bagian ini berfungsi sebagai pengantar singkat untuk karir hukum anda, pengalaman kerja yang relevan, keterampilan, dan prestasi.

Bayangkan bahwa ini adalah promosi penjualan anda kepada pemberi kerja yang sah tentang mengapa mereka harus mempekerjakan anda; anda membuat pernyataan tentang bagaimana anda dapat menguntungkan perusahaan melalui keterampilan dan keahlian anda.

Bagian rangkuman profesional juga dapat ditulis menggunakan poin-poin. Setiap poin-poin akan menggambarkan pencapaian masa lalu di bidang hukum dan menggambarkan keahlian anda.

paralegal resumes

Contoh Profesi Hukum

Ini adalah contoh bagian rangkuman profesional hukum yang efektif:

BENAR
Rangkuman

Asisten hukum yang berpengetahuan luas dengan latar belakang yang kuat memelihara dokumentasi litigasi, bertemu dengan klien, dan menyelidiki prosedur pengadilan. Berpengalaman bekerja dengan afiliasi pihak ketiga. Terampil dalam penulisan hukum, statistik tenaga kerja, dan proses pengadilan.

Kemampuan untuk mengkomunikasikan secara efektif semua prestasi dan keterampilan sekretaris hukum masa lalu serta tujuannya.

Rangkuman ini, di sisi lain, BUKAN cara anda menyajikan keterampilan hukum anda:

SALAH
Rangkuman

Asisten hukum berpengalaman dalam dokumen litigasi dan penelitian hukum. Mahir dalam menulis hukum dan keterampilan lainnya.

Contoh rangkuman ini terlalu pendek; itu tidak mengatakan sesuatu yang berharga. Ini terlalu kabur.

paralegal resumes

Pendidikan dan Sertifikasi

Sekarang setelah anda menulis Rangkuman profesional anda, template resume hukum yang sukses menentukan bahwa anda mulai mengerjakan bagian pendidikan resume anda.

Bagian ini memberi anda kesempatan untuk memamerkan latar belakang pendidikan anda serta penghargaan, gelar, dan sertifikasi. Bagian pendidikan yang ditulis secara efektif dapat membedakan anda dari pesaing anda.

Yang terbaik adalah menulis tentang kehormatan dan gelar anda dengan menggunakan poin-poin. Format resume yang tepat ini membuat informasi yang anda berikan lebih terlihat dan mudah dipahami.

Selain mencantumkan nama sekolah, gelar, dan penghargaan yang anda terima, pastikan untuk menambahkan sertifikasi tambahan.

Untuk tampilan yang lebih rinci tentang bagaimana seharusnya bagian pendidikan, lihat templat resume hukum kami di situs web kami .

Sertifikasi akan membantu anda mendapatkan perhatian dan naik tangga karier lebih cepat. Berikut daftar sertifikasi yang menurut kami berguna untuk berkarir di bidang hukum:

  • Penyusun Pajak Terakreditasi
  • Perencana Kawasan Terakreditasi
  • Sertifikasi Ahli Hukum Perencanaan Perkebunan untuk Institutional Review Board (IRB)
  • Manajer Kontrak Komersial Bersertifikat

paralegal resumes

Contoh Resume Hukum

Ini adalah contoh bagian pendidikan profesional hukum yang efektif:

BENAR
Pendidikan

BA di bidang Ekonomi
Universitas St. Olaf
2015 – 2019

  • IPK: 2.97 ; Peringkat Kelas: 100/300 ( 33,3% Teratas )
  • Penghargaan: Tinjauan Hukum Mitchell Hamline, Anggota Staf Vol. 40

paralegal resumes

Pengalaman Kerja

Sekarang kita telah melalui bagian rangkuman pendidikan dan profesional, saatnya untuk fokus pada bagian terpenting dari resume anda – pengalaman kerja.

Bagian pengalaman kerja dapat membuat atau menghancurkan resume hukum anda. Untuk menulis riwayat kerja yang efektif, anda perlu mempertimbangkan 3 faktor:

Format Resume – memberikan bagian format resume yang tepat sangat penting. Formatnya menentukan tata letak dan alur resume anda. Disarankan untuk menggunakan pemformatan kronologis terbalik .

Penggunaan Kata Kerja dan Kata Kunci Tindakan – Pastikan untuk menyertakan kata kerja tindakan yang secara akurat menggambarkan tanggung jawab anda dan memberikan resume anda pukulan yang lebih besar. Pasangkan kata kerja tindakan seperti Dianalisis, Diorganisir, Direkam dengan kata kunci yang terkait dengan industri untuk mendapatkan perhatian Perekrut.

Memberikan Informasi yang Jelas dan Berguna – Jangan membebani resume anda dengan terminologi hukum dan kalimat yang tidak jelas; selalu pastikan bahwa konten tetap jelas. anda juga dapat meningkatkan riwayat pekerjaan resume anda dengan menambahkan informasi numerik seperti berapa banyak kasus yang anda ambil per minggu.

Berikut beberapa saran, jika anda telah bekerja di industri hukum selama lebih dari 3 tahun, maka tempatkan bagian pendidikan di bawah bagian pengalaman kerja anda. Jika anda tidak memiliki pengalaman hukum selama 3 tahun, maka yang terbaik adalah memasukkan bagian pendidikan sebelum pengalaman kerja anda.

Di bagian mana pun anda memulai, gunakan gaya kronologis terbalik saat menjelaskan perkembangan karier anda: Utamakan pendidikan atau pengalaman terbaru anda.

Pengalaman sukarelawan

Dalam beberapa kasus, selama karir profesional, anda akan menemukan diri anda bekerja di posisi yang tidak dibayar. Mereka menyebutnya pro bono atau kerja sukarela di bidang hukum.

Menambahkan pengalaman kerja sukarela ke bagian deskripsi pekerjaan bisa sangat bermanfaat. Pekerjaan semacam ini menunjukkan kepada Perekrut bahwa anda telah melakukan pekerjaan ekstrakurikuler tanpa penggantian untuk meningkatkan keahlian. Menunjukkan kepada pembaca, ini akan membuat surat lamaran lebih menarik.

Pekerjaan sukarela biasanya dilakukan oleh mahasiswa hukum, dan itu sangat membantu dalam menyediakan pekerjaan di masa depan. anda dapat membantu memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan untuk bantuan hukum dan organisasi hukum kepentingan publik yang memberikan layanan hukum kepada orang-orang dengan sarana terbatas.

Pekerjaan Pro Bono meliputi:

  • Mewawancarai klien di hotline atau klinik bantuan hukum setempat;
  • Meneliti masalah hukum;
  • Menyusun mosi hukum, memorandum, atau briefing;
  • Membantu persiapan sidang atau administratif;
  • Membantu tugas-tugas hukum transaksional pro bono, yang dapat mencakup pekerjaan di bidang-bidang seperti perusahaan, pajak, kekayaan intelektual, dan pekerjaan real estat, kepada pengusaha usaha kecil berpenghasilan rendah atau organisasi nirlaba berbasis masyarakat yang terlibat dengan masalah pengembangan ekonomi masyarakat;
  • Membantu klien untuk menavigasi proses hukum yang kompleks di pusat-pusat pengadilan atau meja nasihat, atau klinik lingkungan;
  • Membuat presentasi dan/atau mengembangkan materi pendidikan hukum masyarakat tentang masalah hukum yang menarik bagi orang-orang yang memiliki keterbatasan.

Sama seperti pengalaman kerja berbayar, saran kami adalah memberikan informasi yang diperlukan saat anda menggambarkan pengalaman sukarelawan. Ikuti panduan deskripsi pekerjaan kami saat menulis tentang pengalaman sukarelawan.

Temukan contoh dan pembuat resume kami di sini .

paralegal resumes

Tekankan Keterampilan Profesional Anda

Bidang hukum mengharuskan anda untuk terbiasa dengan berbagai keterampilan dan informasi. Resume profesional yang sukses harus menunjukkan keterampilan komunikasi yang kuat serta pengetahuan hukum yang mendalam.

Sekarang setelah menulis deskripsi pekerjaan dan memberikan format yang tepat, sekarang saatnya untuk fokus pada bagian penting lain dari resume anda – bagian keterampilan.

Bagian tersebut harus terdiri dari keterampilan hukum serta keterampilan lunak. Ini akan menunjukkan bahwa anda adalah kandidat yang berpengetahuan luas dan cocok untuk peran tersebut. Cobalah untuk memasukkan keterampilan yang sesuai dengan posting pekerjaan.

Berikut adalah daftar keterampilan profesional teknis dan hukum lunak umum yang dapat disertakan dalam resume anda:

  • Arbitrase dan litigasi
  • Proses penemuan
  • Penulisan hukum
  • Komunikasi verbal dan tertulis yang luar biasa
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan sebagai bagian dari tim
  • Interpretasi kasus
  • Pengetahuan tentang terminologi hukum
  • Persiapan pernyataan
  • Pengelolaan dokumen hukum di sidang pengadilan
  • Persiapan nota percobaan trial
  • Penelitian hukum
  • Keterampilan kepemimpinan
  • Penulisan singkat dan opini
  • Keterampilan membuat keputusan
  • Kemampuan untuk mengatur dan mengelola staf
  • Kemampuan untuk menangani situasi yang serba cepat dan terkadang membuat stres
  • Komitmen terhadap perilaku etis
  • Pengetahuan sebelumnya
  • Keterampilan berpikir dan bernalar kritis
  • Penyelesaian sengketa
  • Mencatat
  • Keterampilan negosiasi

Anda juga dapat memasukkan bidang keahlian ke dalam bagian keterampilan, seperti:

  • Pelanggaran merek dagang
  • Hukum dan litigasi lingkungan
  • Transaksi perusahaan
  • Hukum perusahaan
  • Hukum keluarga
  • Hukum hak sipil
  • Hukum pidana

paralegal resumes

Tips dan Trik Menulis Resume Legal

Faktor penting dalam membuat resume hukum yang sukses adalah memahami bagaimana Perekrut melalui proses penyaringan aplikasi. Karena tingginya jumlah resume yang diterima firma hukum, Perekrut biasanya tidak membaca lamaran sama sekali.

Memang, Perekrut akan menggunakan sistem pelacakan pelamar (ATS) yang memindai dan menyaring resume dan memilih yang menurut program paling disukai.

Untuk membuat surat lamaran menonjol, pastikan resume hukum berisi keseimbangan yang sehat dari kata-kata biasa dan jargon industri. Sebutkan keterampilan dan terminologi di bagian rangkuman dan pengalaman kerja yang terkait erat dengan posting pekerjaan, tetapi jangan berlebihan.

Selain itu, anda harus menambahkan kata kunci dan kata kerja tindakan saat menjelaskan tanggung jawab anda dalam riwayat pekerjaan tersebut. Gunakan kata kerja yang kuat yang menggambarkan dengan tepat tindakan apa yang anda ambil, seperti meneliti, menganalisis, memecahkan, atau dinegosiasikan.

Ingat, bagian rangkuman dan riwayat pekerjaan harus tetap jelas dan dapat dibaca oleh Perekrut.

FAQ

Berapa panjang dan format terbaik untuk resume hukum?

Disarankan untuk membuat resume sepanjang satu halaman. Gunakan font standar seperti Times New Roman dan ukuran font 11 poin dengan huruf tebal pada judul pekerjaan.

Apakah saya perlu menampilkan semua pekerjaan hukum yang telah saya kerjakan di resume hukum?

Anda tidak perlu memasukkan setiap pekerjaan yang pernah anda kerjakan. Cobalah untuk memasukkan riwayat pekerjaan yang paling relevan dengan posting pekerjaan serta posisi relevan terbaru ini.

Pencari kerja tingkat pemula tidak akan mengalami masalah ini karena kumpulan pengalaman mereka tidak cukup besar.

Bagaimana cara menulis proyek tinjauan dokumen dan penelitian hukum di resume?

Sertakan ini dalam deskripsi pekerjaan di bawah perusahaan tempat anda melakukan peninjauan proyek. Gunakan poin-poin untuk menggambarkan pencapaian dan tugas anda.

Bagaimana cara menulis resume hukum tanpa pengalaman?

Jika anda memulai sebagai paralegal tingkat pemula dan tidak tahu apa yang harus ditulis di resume, jangan khawatir, kami di sini untuk membantu.

Cobalah untuk memasukkan pengalaman kerja yang relevan di masa lalu dari luar bidang hukum, serta sertakan pekerjaan sukarela yang telah anda lakukan yang menyerupai tugas yang tercantum pada posting pekerjaan.

Pastikan Rangkuman profesional juga berbicara tentang tujuan karir anda: jenis pekerjaan apa yang anda kerjakan dan bagaimana anda dapat memberi manfaat bagi perusahaan dan juga diri anda sendiri.