Panduan Interview Bahasa Inggris: Tips dan Contoh Pertanyaan Yang Akan Anda Hadapi

Mendapatkan panggilan interview menjadi salah satu hal yang sangat dinanti - nantikan bagi para pencari kerja. Namun, bagaimana jika interview atau wawancara kerja itu dilakukan dalam bahasa Inggris?
interview bahasa inggris

Buat resume Anda dalam hitungan menit

Seperti yang Anda tahu, bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan saat ini. Tak jarang, beberapa perusahaan sering menggunakan bahasa Inggris untuk interview kerja supaya dapat menentukan kandidat terbaik mereka.

Jika suatu saat Anda dihadapkan dalam suatu wawancara kerja bahasa Inggris, apakah Anda sudah mempersiapkannya dengan baik?

Walaupun sudah mahir dalam berbahasa Inggris, terkadang wawancara atau interview kerja akan tetap membuat Anda gugup.

Nah, supaya bisa mengatasi masalah tersebut, Anda bisa simak panduan interview kerja Bahasa Inggris yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Tips – Tips Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan menghadapi interview kerja bahasa Inggris, yaitu:

  • Lakukan Riset Perusahaan dan Posisi Pekerjaan

Melakukan riset perusahaan dan posisi pekerjaan akan membantu Anda untuk menjalankan wawancara kerja dengan lancar. Langkah ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan secara tepat saat ditanya oleh recruiter.

Dalam arti lain, Anda tidak akan kehabisan konteks saat pertanyaan terus dilontarkan oleh perusahaan. Namun ingat, dikarenakan Anda akan menjalani interview kerja bahasa Inggris, maka pastikan untuk menerjemahkan semua informasi yang telah Anda rangkum, ya.

Adapun informasi yang mesti Anda terjemahkan terdiri dari produk perusahaan, industri hingga deskripsi pekerjaan dari posisi yang dilamar.

  • Cari Tahu Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Jangan malas untuk mencari tahu pertanyaan – pertanyaan yang sering muncul untuk ditanyakan, terutama dalam bahasa Inggris. Jika Anda sudah mengumpulkan semua pertanyaan itu, selanjutnya Anda bisa mempersiapkan jawaban terbaik dari masing – masing pertanyaan tersebut.

Selain mengasah pengucapan agar fasih dalam bahasa inggris, tips ini juga dilakukan supaya Anda tidak kehilangan kata – kata saat ditanya oleh recruiter.

  • Latihan Secara Rutin

Tips interview kerja bahasa Inggris berikutnya Anda harus meluangkan waktu untuk rutin latihan wawancara secara rutin supaya tidak gugup saat berhadapan langsung dengan recruiter.

Anda bisa meminta tolong kepada salah satu anggota keluarga, teman maupun siapapun untuk membantu latihan.

Saat latihan, Anda dapat melatih artikulasi pengucapan, gaya bahasa, bahasa tubuh dan lainnya. Kalau perlu, Anda pun bisa merekam semua proses latihan supaya mengetahui mana yang mesti diperbaiki.

Latihan secara rutin akan membantu Anda mengurangi perasaan gugup yang muncul saat berhadapan dengan recruiter nanti. Terlebih lagi interview yang akan Anda lakukan menggunakan bahasa Inggris. Jadi, latihan rutin bisa menjadi kunci sukses saat proses wawancara tiba.

  • Gunakan Kalimat Efektif

Sebisa mungkin, Anda harus memberikan jawaban dengan menggunakan kalimat efektif, ya. Anda bisa mulai menulisnya dulu dalam secarik kertas atau dimanapun sebelum interview kerja. Kemudian, hafalkan semua poin – poin penting dengan baik.

Ingat, jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Soalnya, hal ini akan membuat Anda lebih sering mendapatkan kesalahan dan membuat recruiter kesulitan dalam menangkap maksud dari jawaban yang Anda sampaikan.

Cukup gunakan kalimat – kalimat singkat yang jelas dan efektif supaya wawancara kerja bahasa Inggris bisa berhasil Anda lakukan.

Tak ada salahnya untuk mengambil waktu selama beberapa detik supaya dapat menjawab pertanyaan dengan tepat dan efektif.

  • Jangan Ragu Bertanya Kalau Belum Mengerti

Saat sesi wawancara bahasa Inggris, pasti ada beberapa pertanyaan yang tidak Anda mengerti. Kalau hal itu terjadi, tidak ada salahnya Anda meminta recruiter untuk mengulang pertanyaan kembali.

Ada kemungkinan pihak recruiter akan mengulang pertanyaan dengan nada lebih lambat atau bahasa yang lebih simpel supaya Anda mengerti.

Jangan sampai Anda menjawab pertanyaan saat belum mengerti sepenuhnya pertanyaan yang diberikan. Jawaban yang tidak sesuai akan menjadi penilaian kurang baik tentang diri Anda sendiri, lho.

Selain itu, recruiter juga pasti memaklumi kalau Anda meminta untuk mengulangi pertanyaan karena bahasa Inggris bukan bahasa sehari – hari yang digunakan.

  • Perhatikan Bahasa Tubuh Anda

Selain melatih kemampuan bahasa Inggris, Anda harus memperhatikan juga bahasa tubuh saat akan menjalani interview bahasa Inggris. Dalam komunikasi, bahasa tubuh bisa menyampaikan lebih banyak hal daripada kata – kata yang Anda ucapkan. Jadi, pastikan Anda tidak mengabaikan bahasa tubuh saat wawancara kerja bahasa Inggris, ya.

Mengingat diri Anda bukan seorang native speaker bahasa Inggris, maka sudah pasti ada beberapa kesalahan yang akan terjadi. Namun, kesalahan itu bisa Anda tutupi dengan bahasa tubuh serta kepercayaan tinggi yang Anda miliki.

  • Perhatikan Kecepatan Berbicara

Saat berbicara dalam bahasa asing, beberapa orang seringkali kurang memperhatikan kecepatan berbicaranya. Grogi dapat membuat seseorang berbicara terlalu cepat atau terlalu berhati – hati karena takut salah bicara.

Oleh karena itu, sebelum mulai memasuki sesi interview kerja, ada baiknya Anda latihan berbicara dengan tempo yang ideal. Jangan berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat saat wawancara kerja bahasa Inggris berlangsung.

Anda bisa berlatih dengan mendengarkan rekaman atau menonton film bahasa Inggris supaya mengetahui kecepatan bicara yang ideal saat menggunakan bahasa tersebut.

  • Follow Up Interview Kerja

Jika interview kerja bahasa Inggris sudah selesai, Anda bisa melakukan follow up mengenai hasil kepada recruiter. Kirim email dengan menggunakan bahasa Inggris dalam jangka dua minggu setelah jadwal interview kerja dilaksanakan. Pastikan pula Anda mengirimkan email itu saat jam kerja, ya.

Contoh Pertanyaan Interview Kerja Dalam Bahasa Inggris

Setelah Anda mengetahui beberapa tips wawancara kerja  bahasa Inggris, Anda bisa menyimak contoh pertanyaan interview kerja bahasa Inggris di bawah ini.

  • Tell me about yourself (Ceritakan tentang diri Anda)

Pertanyaan ini kemungkinan besar akan ditanyakan oleh recruiter dalam interview bahasa Inggris. Anda bisa menceritakan tentang diri sendiri secara singkat, mulai dari pendidikan, hobi hingga pengalaman kerja yang pernah dilakukan.

  • Why do you want this job? (Kenapa Anda ingin pekerjaan ini?)

Biasanya, perusahaan ingin tahu alasan Anda menginginkan pekerjaan tersebut. Untuk menjawabnya, Anda bisa menjelaskan ketertarikan terhadap posisi kerja tersebut dan bagaimana mengimplementasikannya ke dalam perusahaan nanti.

Kalau bisa, Anda dapat menjelaskan secara spesifik mengenai posisi yang Anda lamar. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk melakukan riset perusahaan dan pekerjaan terlebih dahulu supaya jawaban dari pertanyaan ini bisa dilakukan secara maksimal.

  • What is your greatest strength? (Apa kelebihan terbesar Anda)

Perusahaan ingin mengetahui seberapa baik diri Anda dalam memenuhi persyaratan dari pekerjaan tersebut. Selain itu, pertanyaan ini pun ditujukan untuk membedakan Anda dengan kandidat lainnya.

Oleh sebab itu, pilih salah satu kelebihan terbesar Anda dan ceritakan bagaimana Anda dapat mengaplikasikannya dalam pekerjaan nanti. Usahakan kelebihan yang akan Anda jawab relevan dengan posisi pekerjaan, ya.

  • What is your greatest weakness? (Apa kekurangan terbesar Anda?

Selain ingin mengetahui kelebihan, perusahaan juga ingin mengetahui apa kekurangan Anda. Untuk menjawabnya, Anda bisa mengambil salah satu kelemahan, lalu jelaskan kepada recruiter bagaimana Anda memperbaiki kekurangan tersebut.

  • What is your greatest professional achievement? (Apa pencapaian profesional terbesar Anda?)

Biasanya, pertanyaan ini akan muncul dalam interview kerja karena perusahaan ingin tahu apa saja pencapaian terbesar yang Anda miliki selama berada di dunia profesional. Pastikan Anda menjawabnya dengan jujur dan tidak mengada-ada. Kalau tidak ada, beritahu pencapaian yang membuat Anda bangga selama ini.

  • Why should we hire you? (Kenapa kami harus merekrut Anda?)

Recruiter pasti ingin mengetahui seberapa besar kualitas para kandidat untuk masuk dalam kualifikasi yang mereka cari. Oleh karena itu, pertanyaan ini menjadi peluang yang tepat untuk Anda mempromosikan diri dengan baik. Ingat, fokuskan terhadap apa yang akan Anda tawarkan kepada perusahaan, ya.

  • Why do you want to work at this company? (Kenapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?)

Pertanyaan ini sering diajukan kepada pelamar kerja karena perusahaan ingin tahu seberapa luas pengetahuan Anda tentang perusahaan. Jadi, jangan sampai jawaban yang Anda berikan terdengar standar dan sama seperti kandidat lain.

Ceritakan bagaimana Anda tertarik dengan perusahaan yang telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Cara Menjawab Pertanyaan – Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Interview Bahasa Inggris

Di bawah ini ada beberapa pertanyaan interview bahasa Inggris yang sering ditanyakan, yaitu:

  • Tell me about yourself

Arti: Ceritakan tentang diri Anda

Pastikan Anda memberikan informasi secukupnya atau tidak terlalu singkat dan tidak terlalu detail.

Contoh jawaban:

BENAR
My name is Cynthia Dewi. I am twenty six years old.  I have loved everything tech – related since I was in high school, and this passion for technology is what drove me to pursue a career as a software engineer. For the last 3 years I’ve been working as a junior software engineer for a tech company located in Bandung. There, I honed my skills and learned a lot about software and programming. After office hours I would also often join software engineer seminars to further enhance my abilities.
  • Tell me about your work experiences

Arti: Ceritakan pengalaman kerja Anda

Contoh jawaban:

BENAR
I have 5 years of experience as a freelance translator working with numerous Chinese and Taiwanese firms. I am extremely fluent in both oral and written English as well as Chinese, and I also have the ability to proofread and edit with the utmost accuracy. As a translator, I translated product descriptions and user manuals to aid clients in reaching customers with a different mother tongue. My biggest client was a Chinese unicorn tech company which operated out of Guangzhou.
  • Tell me about your education

Arti: Ceritakan tentang pendidikan Anda

Contoh jawaban:

BENAR
I graduated with an undergraduate degree in Logistics Management from the Faculty of Business and Economics at the University of Indonesia. During my studies, I learned a lot about the world of logistics as well as other business areas such as finance, marketing, operation management, and human resources. I also joined a couple clubs, specifically the debate club and the basketball club, to enhance my soft skills as well as carry out my hobby. Furthermore, I was elected as the head of the faculty’s student body during my senior year.
  • Why do you want this job?

Arti: Kenapa Anda menginginkan pekerjaan ini?

Contoh jawaban:

BENAR
Creativity is in my blood and a career in graphic design is my destiny. I love to visualize things and this passion has stuck with me since elementary school. I enrolled in several courses over the years to improve my design skill into what they are today. Every single one of my past clients are extremely satisfied with my work as I give great emphasis on customer satisfaction. Now, I hope to join your team and help the company fulfill its design needs and visualize its ambitions.
  • What do you know about this company?

Arti: Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?

Contoh jawaban:

BENAR
I know that PT ABC is among the largest advertising companies in Indonesia and that you have experienced impressive exponential growth over the last 5 years. Since the company’s inception, PT ABC has also received countless awards and reached astounding milestones. To work for such a prestigious company has always been a dream of mine, and I believe I can join your team and help the company further its ambitions.
  • What is your greatest strength?

Arti: Apa kelebihan terbesar Anda?

Contoh jawaban:

BENAR
I am proficient in numerous programming languages including python, javascript, and html. I have completed various projects using the programming language with satisfactory results and always on time. Furthermore, I am also a team – player, so you can expect me to excel in any team – based projects.
  • What is your greatest weakness?

Arti: Apa kekurangan terbesar Anda?

Contoh jawaban:

BENAR
My greatest weakness is that I often don’t complete assignments on time. This lack of time management is a problem I often run into since my college days. To overcome this, I always make a strict schedule and to – list that helps me complete tasks on time.
  • What is your greatest accomplishment?

Arti: Apa pencapaian terbesar Anda?

Contoh jawaban:

BENAR
In my last role, I created a very successful application for my company. I saw other companies experimenting with immersive 4d gaming apps and receiving great reception from the public. So, I asked the boss if I could pursue such a project on a low budget. He agreed and I made my game application. Later on, this gaming app came second on the App Store’s trending list and my company’s overall revenue increased by almost 40% in less than 3 months.
  • What are your salary expectations?

Arti: Berapa gaji yang Anda harapkan?

Contoh jawaban:

BENAR
I expect my salary to be between Rp X to Rp Y. This is based on the average salary for a professional in my field with the same level of experience as myself. However, we can further discuss this if you’d like.
  • Why should we hire you?

Arti: Kenapa kami harus merekrut Anda?

Contoh jawaban:

BENAR
My skills and work experience are perfectly aligned with the requirements you laid out in your job advertisement. I have five years of progressive experience in the programming industry, advancing from my initial role as a junior programmer to my previous position as a senior programmer.

I am proud of my ability to work with a team, create websites and game applications, as well as being proficient in numerous programming languages. So I think I would be a great addition to your team.

  • Do you have any questions?

Arti: Apakah ada pertanyaan?

Contoh pertanyaan yang HRD suka pelamar untuk tanya:

BENAR
  • What would success look like in this role? (apakah arti “sukses” dalam posisi ini?)
  • What are some of the challenges people typically face in this position? (apa saja tantangan yang akan dihadapi seseorang yang mengisi posisi ini?)
Itulah panduan interview bahasa Inggris yang bisa Anda ikuti dan lakukan sebelum memulai wawancara kerja sebenarnya. Pastikan untuk berlatih dengan maksimal dan memberikan jawaban sejujurnya supaya pihak recruiter menjadikan Anda sebagai kandidat terbaik perusahaan.

Apakah Anda Ingin Melamar Kerja? Yok Gunakan Template CV Kami Yang Profesional Di Sini!

Artikel serupa