Contoh Resume Manajer Proyek

Buat resume saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Sebagai manajer proyek profesional, Anda dituntut untuk efisien dalam beragam keterampilan. Seorang manajer proyek harus memiliki pengalaman dalam segala hal mulai dari administrasi bisnis dan memimpin tim lintas fungsi hingga bahasa pemrograman.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Meskipun menjadi manajer proyek dapat menjadi tanggung jawab yang menakutkan, terkadang para profesional merasa lebih sulit untuk menempatkan keterampilan dan pengalaman mereka di atas kertas.

Memang, banyak manajer proyek dari semua bidang yang berbeda menemukan proses lamaran pekerjaan yang sulit. Ini karena mereka mengalami kesulitan dalam menulis contoh resume manajer proyek yang efektif dan ringkas .

Untungnya, kami di sini untuk membantu memandu Anda dalam menulis resume manajer proyek terbaik. Dengan contoh resume manajemen proyek kami, Anda akan dapat membuat resume manajer proyek yang sempurna dengan mudah.

example resume project manager

Pilih Format Terbaik untuk Resume Manajer Proyek Anda

Jika Anda ingin menjadi pemimpin dan manajer tim yang terampil, maka kemungkinan posisi manajer proyek sangat cocok untuk Anda.

Sebuah pertanyaan muncul, industri apa yang Anda masuki, dan bagaimana Anda menyesuaikan resume manajer proyek Anda untuk bidang pekerjaan tertentu?

Langkah pertama yang penting adalah melihat deskripsi pekerjaan dan kualifikasi apa yang dicari manajer perekrutan dalam kandidat mereka. Ini akan memberi Anda gambaran tentang tugas pekerjaan yang diperlukan di perusahaan tempat Anda akan menulis resume Anda.

Setelah Anda melihat deskripsi pekerjaan dan melakukan sedikit riset tentang industri yang akan Anda lamar, sekarang saatnya untuk mulai memformat resume Anda.

Format resume yang sesuai sangat penting untuk resume yang efektif; ini memberikan resume tata letak dan alur yang dapat dipahami. Format yang tepat sangat penting untuk menarik perhatian manajer perekrutan.

Ketika datang ke peran proyek, salah satu format resume yang populer adalah tata letak urutan kronologis . Memformat bagian pengalaman Anda dari yang terlama hingga yang terbaru adalah cara terbaik agar resume Anda diperhatikan.

Apa yang Harus Disertakan dalam Resume Manajer Proyek Anda

Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, perkiraan upah rata-rata untuk Spesialis Manajemen Proyek adalah $40,53 per jam. Aman untuk mengatakan bahwa, umumnya, manajer proyek diberi kompensasi yang baik.

Memang, manajemen proyek adalah pekerjaan yang dicari. Banyak yang percaya bahwa mereka memiliki apa yang diperlukan untuk mengisi peran manajemen yang akan Anda lamar.

Karena persaingan yang begitu ketat, cara terbaik untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan selama proses perekrutan adalah dengan menggunakan template resume manajer proyek yang efektif. Ini berarti bahwa selain format resume yang kuat, Anda harus membagi resume Anda menjadi beberapa bagian.

Menulis aplikasi Anda bagian demi bagian akan membuat resume manajer proyek terlihat lebih ringkas dan logis. Manajer perekrutan akan lebih cenderung membaca resume yang ditata dengan baik.

Berikut daftar semua bagian yang direkomendasikan yang harus Anda sertakan dalam resume manajer proyek untuk membuatnya sekuat mungkin; Kami akan membahas semua bagian penting selangkah demi selangkah dalam artikel ini. Cobalah untuk menyusun bagian-bagian ini dalam urutan yang Anda lihat di sini:

  • Info Kontak
  • Lanjutkan Tujuan atau Ringkasan Profesional
  • Bagian Pendidikan
  • Bagian Pengalaman Kerja
  • Bagian Keterampilan
  • Bagian Prestasi

example resume project manager

Pilih Antara Ringkasan Profesional atau Tujuan untuk Resume Anda

Saat ini, perusahaan menerima begitu banyak aplikasi setiap hari sehingga manajer perekrutan tidak dapat membaca semuanya. Faktanya adalah bahwa banyak perekrut hanya akan membaca ringkasan resume manajemen proyek Anda.

Cara yang baik untuk tetap melibatkan manajer perekrutan dan menunjukkan keahlian dan nilai Anda kepada perusahaan adalah dengan menulis ringkasan profesional atau tujuan resume.

Ringkasan resume dan bagian objektif adalah cara sempurna untuk menampilkan keahlian Anda secara efisien kepada pembaca. Perbedaan antara ringkasan resume profesional dan tujuan resume adalah sebagai berikut:

Ringkasan Profesional : Ringkasan resume adalah pilihan yang lebih baik untuk manajer proyek yang lebih berpengalaman yang telah memimpin banyak proyek dan memiliki pengalaman profesional selama bertahun-tahun. Anda harus berbicara secara singkat tentang pencapaian masa lalu Anda, keterampilan terbaik, dan mengapa Anda sangat cocok untuk nama perusahaan.

Tujuan Resume : Tujuan resume lebih cocok untuk manajer proyek entry level baru yang tidak memiliki banyak pengalaman. Anda akan menggunakan bagian ini sebagai cara untuk memperkenalkan diri kepada perekrut. Bicarakan secara singkat tentang tujuan karir Anda dan tuliskan keahlian Anda, seperti soft skill. Lihat apakah Anda juga dapat menyebutkan prestasi masa lalu dan pendidikan Anda juga.

Pastikan untuk menyelaraskan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian Anda dengan deskripsi pekerjaan.

Contoh Tujuan Resume Manajer Proyek Sempurna

Berikut adalah contoh resume manajer proyek untuk manajer proyek tingkat pemula:

BENAR
Objektif

Lulusan Ilmu Komputer yang cerdas mencari posisi pelatihan di departemen TI dari organisasi yang dihormati. Didorong oleh tenggat waktu. Sangat terampil dalam memprioritaskan tugas sambil membangun hubungan dekat dengan semua jenis individu.

Contoh Ringkasan Resume Manajer Proyek Sempurna

Berikut adalah contoh resume manajer proyek – ringkasan resume:

BENAR
Ringkasan

Manajer Proyek Senior yang termotivasi dengan pengalaman delapan tahun di sektor TI dan latar belakang yang kuat dalam memimpin tim lintas fungsi untuk menciptakan dan mengembangkan solusi teknologi kelas dunia dengan bahasa pemrograman. Berkomitmen dan didorong oleh nilai dengan keterampilan interpersonal yang sangat baik.

Cara Menulis Bagian Pendidikan yang Menarik untuk Resume Anda

Setelah menulis resume profesional yang kuat atau tujuan resume dengan bantuan contoh resume manajer proyek kami, sekarang saatnya untuk menunjukkan kredensial akademik Anda kepada manajer perekrutan.

Saat ini, sebagian besar perusahaan yang akan Anda lamar akan membutuhkan gelar universitas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memasukkan bagian pendidikan dalam resume Anda.

Bagian pendidikan menunjukkan kepada manajer perekrutan bahwa Anda memiliki latar belakang pendidikan yang tepat. Bagian ini juga dapat menciptakan minat dengan menampilkan informasi lebih lanjut tentang kualifikasi Anda.

Kami telah membuat daftar faktor penting yang harus Anda pertimbangkan saat menulis bagian pendidikan:

  • Tambahkan pendidikan tertinggi Anda terlebih dahulu . Pastikan untuk menyatakan bentuk pendidikan tertinggi Anda; pendekatan kronologis dianjurkan. Jangan sertakan pendidikan sekolah menengah Anda jika Anda memiliki gelar sarjana.
  • Pastikan untuk mencantumkan gelar, nama, alamat, dan tahun kuliah di universitas yang Anda tuju.
  • Hanya sertakan IPK Anda jika 3,6 atau lebih tinggi.
  • Jika Anda tidak memiliki gelar sarjana, tulis saja nama sekolah menengah yang telah Anda selesaikan.

Contoh Bagian Pendidikan yang Efektif

BENAR
Pendidikan
BA dalam Biologi
Universitas St. Joseph
2015 – 2019
SALAH
Pendidikan
BA dalam Biologi

example resume project manager

Jangan Lupa Sertakan Bagian Pengalaman Kerja di Resume Anda Your

Sekarang setelah Anda selesai dengan bagian pendidikan, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, apa langkah selanjutnya?

Saatnya untuk mulai mengerjakan bagian terpenting dari resume Anda – bagian pengalaman manajemen proyek.

Bagian surat lamaran Anda ini mencakup bagian terbesar dari aplikasi Anda dan harus sangat jelas dan dapat dimengerti.

Bagian pengalaman manajemen proyek adalah tempat Anda akan mendiskusikan jabatan pekerjaan yang relevan di masa lalu dan menjelaskan tanggung jawab kerja, pencapaian, dan kemampuan. Cobalah untuk selengkap namun sesingkat mungkin saat menjelaskan pekerjaan Anda sebelumnya untuk menunjukkan bagaimana Anda dapat menguntungkan perusahaan perekrut. Gunakan poin-poin.

Anda harus mendiskusikan manfaat apa yang Anda bawa ke perusahaan dan bagaimana Anda menerapkan keterampilan Anda untuk memberi manfaat bagi atasan Anda. Sebaiknya gunakan poin-poin saat menulis tentang riwayat pekerjaan Anda.

Cobalah untuk memasukkan metrik dan info numerik, serta jargon industri, dalam deskripsi pekerjaan Anda. Ini akan menunjukkan kepada pembaca bahwa Anda memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk pekerjaan baru itu.

Contoh Pengalaman Kerja Manajer Proyek

Ini adalah contoh resume manajer proyek contoh yang efektif:

BENAR
Pengalaman
Manajer Proyek TI
Gotham Computers Inc.
06/2015 – 11/11/2018
New York, New York

  • Setiap kuartal tahunan, menyiapkan laporan status yang menguraikan kemajuan dan kendala bagi pelanggan dan manajemen senior.
  • Mengurangi biaya pemeliharaan infrastruktur TI sebesar 5% pada tahun 2019
  • Menyelesaikan 4 proyek yang berhasil setiap tahun dan secara konsisten memenuhi tenggat waktu dan batasan anggaran.
  • Data proyek terkelola dengan membuat laporan siklus hidup proyek agar para pemimpin tetap mengikuti perkembangan proyek.
Ini adalah contoh resume yang salah:

SALAH
Pengalaman
Manajer Proyek TI
Gotham Computers Inc.
06/2015 – 11/11/2018
New York, New York

  • Laporan kemajuan yang disiapkan untuk afiliasi.
  • Mengurangi biaya perangkat lunak manajemen proyek.
  • Berhasil menyelesaikan beberapa proyek sukses setiap tahun.
  • Diasumsikan peran manajer proyek dan memimpin tim proyek untuk penyelesaian proyek.

Ini omong kosong, pembaca tidak akan dapat membedakan pengalaman mengelola proyek dari ini.

Untuk tampilan yang lebih detail, lihat kiat menulis resume manajer proyek terbaik kami dan pembuat resume dengan mengklik di sini .

example resume project manager

Tampilkan Keterampilan Manajemen Proyek Anda

Anda mungkin bertanya pada diri sendiri: bagaimana lagi Anda bisa mengesankan manajer perekrutan, atau apa lagi yang bisa Anda masukkan ke dalam resume Anda selama mencari pekerjaan? Jawabannya sederhana – bagian keterampilan.

Mampu mencantumkan keterampilan utama pada resume dapat menjadi perbedaan dalam mendapatkan pekerjaan impian yang selalu Anda inginkan. Perekrut memperhatikan hard skill serta soft skill dan keterampilan manajemen proyek lainnya.

Bagian keterampilan memberi Anda kemampuan untuk menampilkan 5-8 keterampilan Anda yang relevan, baik keterampilan keras maupun lunak, untuk berjaga-jaga jika keterampilan tersebut tidak disebutkan di bagian lain.

Bagian surat lamaran Anda ini membantu meningkatkan efektivitas aplikasi dengan memberikan lebih banyak informasi tentang basis keahlian Anda.

Berikut adalah daftar keterampilan umum, termasuk soft skill, untuk profesional manajemen program yang dapat Anda sertakan dalam resume Anda:

Keterampilan teknis:

  • Bahasa pemrograman
  • Arsitektur TI
  • Kontrol biaya
  • Manajemen risiko dan kualitas
  • Manajemen proyek
  • Keterampilan komputer
  • Pelatihan
  • Kelola anggaran
  • Alokasi sumber daya
  • Administrasi bisnis
  • Menetapkan peran manajemen proyek

Keterampilan lunak:

  • Keterampilan interpersonal
  • Kepemimpinan Keterampilan organisasi
  • Keterampilan membuat keputusan
  • Keterampilan memecahkan masalah
  • Keterampilan manajemen waktu
  • Keterampilan komunikasi
  • Keterampilan negosiasi

Lihat resume manajer proyek lainnya di sini !

example resume project manager

Bagian Prestasi untuk Manajer Proyek

Karena kita berbicara tentang keterampilan, jangan lupa betapa bergunanya untuk menunjukkan bahwa Anda telah meningkatkan keterampilan ini di resume Anda. Bagaimana Anda dapat menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan yang lebih tajam?

Bagaimana Anda bisa menulis resume manajer proyek teknis untuk manajer proyek teknis?

Jawabannya adalah dengan memasukkan bagian pencapaian.

Bagian pencapaian dapat mencakup segala jenis bukti keahlian dalam industri pilihan Anda. Jika berlaku, coba sertakan hal-hal seperti sertifikat, penghargaan, dan penghargaan di bagian ini.

Sertifikat adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada perekrut keahlian dan keterampilan manajemen proyek Anda. Selain itu, mendapatkan sertifikasi dapat meningkatkan hard skill dan soft skill Anda.

Menambahkan ke bagian pencapaian dapat membuat Anda jauh di depan kompetisi.

Berikut daftar sertifikasi yang kami rekomendasikan untuk disertakan dalam resume manajer proyek:

  • Pemilik Produk Scrum Bersertifikat (CSPO)
  • Praktisi Tersertifikasi PMI Agile (PMI-ACP)
  • Associate Bersertifikat dalam Manajemen Proyek (CAPM)
  • Manajer Proyek Agile Bersertifikat (IAPM)
  • Bersertifikat Institut Manajemen Proyek

Untuk contoh resume manajer proyek dan manajer proyek lainnya, klik di sini .

Tips Tambahan untuk Menulis Resume Manajemen Proyek Terbaik

Kami ingin mendedikasikan bagian artikel kami ini untuk memberi Anda lebih banyak kiat tentang cara membuat resume manajer proyek TI Anda bersinar.

Karena tingginya frekuensi resume manajer proyek yang diterima perusahaan perekrutan setiap hari, manajer perekrutan akan menggunakan sistem pelacakan kata kunci yang disebut Sistem Pelacakan Pelamar atau ATS .

Program ATS menyaring aplikasi yang tidak memiliki cukup kata kunci dalam teks. Kata kunci ini dapat hard skill atau terminologi industri yang relevan. ATS scanner mengambil kata-kata ini dan menentukan apakah atau tidak sebuah aplikasi telah lulus uji memindai mereka.

Rata-rata, manajer perekrutan hanya akan melihat aplikasi selama sekitar 6 detik setelah resume melewati pemeriksaan filter ATS.

Pastikan untuk menulis resume Anda dengan cara di mana kontennya merupakan keseimbangan yang sehat antara terminologi industri, keterampilan keras dan lunak. Mampu berkomunikasi secara efektif keseimbangan ini dengan sukses sangat penting.

Penting untuk dipahami bahwa resume Anda harus memiliki informasi yang akurat dan to the point, serta dapat dimengerti secara visual. Gunakan poin-poin. Lagi pula, Anda hanya memiliki 6 detik untuk mendapatkan perhatian calon majikan.

Lihatlah contoh resume untuk lebih banyak ide dan inspirasi. Lihat contoh resume kami .

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Bagaimana menggambarkan manajemen proyek pada resume?

Anda tidak perlu menjadi manajer proyek utama untuk memiliki resume yang efektif dan kuat. Meskipun ini benar, ada beberapa karakteristik dan keterampilan utama yang perlu Anda sertakan dalam resume Anda agar terlihat sebagai manajer proyek yang memenuhi syarat.

Berikut daftar keterampilan yang harus Anda sertakan untuk dipamerkan dan dikembangkan dalam resume manajemen proyek Anda:

  • Pengetahuan tentang metodologi manajemen proyek
  • Kemahiran perangkat lunak
  • Kepemimpinan
  • Analisis data
  • Kontrol biaya
  • Manajemen waktu
  • Komunikasi yang efektif
  • Mendengarkan secara aktif
  • Prioritas
  • Siklus hidup proyek
  • Blog Karir

Apakah manajer proyek menggunakan format resume fungsional?

Tujuan format resume fungsional adalah untuk menyoroti keterampilan keras dan pencapaian yang diperoleh melalui pengalaman profesional, serta keahlian akademis dan komunitas sambil menyembunyikan perubahan karier atau penyimpangan dalam riwayat pekerjaan Anda.

Ini bisa menjadi ide format yang efektif, terutama saat Anda memasangkannya dengan tata letak urutan kronologis.

Apa tugas profesional manajemen proyek?

Manajer proyek bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penutupan rencana proyek dan persyaratan proyek. Mereka bertanggung jawab untuk seluruh ruang lingkup proyek, tim proyek, sumber daya, dan keberhasilan atau kegagalan proyek.

Selain itu, Anda harus memiliki pemahaman tentang perangkat lunak manajemen proyek dan memastikan kepuasan pelanggan dengan menyelesaikan tujuan bisnis.

Untuk contoh resume manajer proyek lainnya, klik di sini .

Berapa lama seharusnya resume manajer proyek Anda?

Kami menyarankan untuk menyimpan resume ke satu halaman. Karena sebagian besar manajer perekrutan hanya menghabiskan 6 detik per resume, penting bahwa resume manajer proyek teknis Anda singkat, singkat, dan to the point.