Contoh CV Simple Dan Menarik + Tips Menulisnya

Buat resume saya

  • 1. Pilih templat favorit kamu

  • 2. Gunakan contoh yang sudah kami siapkan

  • 3. Dapatkan bimbingan langkah demi langkah

Banyak orang yang sedang melamar kerja kebingungan bagaimana cara menulis cv menarik yang juga simple. Ada banyak juga pelamar kerja yang tidak yakin apakah cv sederhana dapat meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan.

Peringkat rata-rata untuk template ini

5
Rated 5 out of 5
Dari 1 ulasan pelanggan

Sebenarnya, proses membuat cv simpel sendiri juga tidak rumit. Anda tidak perlu menambah komponen curriculum vitae khusus, ataupun juga menggunakan desain template cv yang unik dan warna – warni.

Sesuai namanya sebuah cv simple harus memiliki isi yang sederhana dan dapat dibaca dengan cepat oleh HRD. Desain cv yang dipilih juga tidak perlu terlalu Anda perhatikan. Yang penting, daftar riwayat hidup Anda berpenampilan estetik, terlihat jelas, dan memiliki format rapi.

Kalau Anda masih bingung bagaimana cara membuatnya, baca artikel ini sampai akhir agar Anda mempelajari unsur – unsur yang perlu diperhatikan. Lalu, kami akan memberi contoh cv lamaran kerja simple yang menarik serta tips – tips membuat cv dengan efektif.

Klik di sini untuk melihat contoh cv bahasa Inggris yang simple atau di sini untuk melihat contoh cv untuk profesi tertentu.

Daftar Riwayat Hidup Simple Vs Desain CV Yang Kreatif

Ada 2 opini yang dipegang para pelamar kerja. Sebagian dari mereka berkata kalau CV yang sederhana lebih baik, sedangkan sisanya berpendapat bahwa CV berdesain kreatif justru lebih efektif.

Tapi sebenarnya, jawabannya tidak semudah itu. Kedua jenis Curriculum Vitae memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Anda juga perlu mempertimbangkan keperluan Anda sebagai seorang pelamar kerja saat memilih tipe resume yang akan dibuat.

Salah satu kelebihan terbesar yang dimiliki cv lamaran kerja simple adalah kemampuannya untuk lolos sistem ATS dengan mudah. Ini dikarenakan desainnya yang berpenampilan minimalis dan mudah untuk dibaca oleh mesin.

Anda tidak tahu apa itu sistem ATS?

Applicant Tracking System (ATS) adalah sebuah program yang kerap digunakan oleh perusahaan untuk screening awal cv lamaran kerja yang diterima. Cara kerja software ini adalah dengan mencari berbagai kata – kata kunci dalam daftar riwayat hidup Anda lalu mencocokannya dengan kriteria yang dicari HRD.

Kunci penting untuk lolos ATS adalah format cv. Format yang sederhana, didominasi oleh teks, dan minim elemen visual akan memudahkan sistem untuk membaca curriculum vitae Anda. Oleh karena itu, sebuah cv simple dapat dengan mudah dibaca oleh ATS dan lolos penyaringan.

Curriculum Vitae simple juga sangat cocok bagi kalian yang ingin menjelaskan pengalaman kerja dan riwayat pendidikan secara detail namun singkat. Ini paling efektif untuk:

  • Melamar CPNS
  • Melamar ke perusahaan besar
  • Melamar ke industri keuangan
  • Melamar posisi insinyur
  • Melamar posisi administrasi
  • Melamar posisi programmer
  • Dan lain – lain

Cara Membuat CV Sederhana Yang Juga Menarik +Tips

Gunakan Contoh CV Sederhana Dari Internet Sebagai Panduan

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari contoh cv sederhana yang bisa digunakan sebagai referensi. Contoh dapat berfungsi sebagai inspirasi menulis dan juga memastikan kalau CV Anda tetap lengkap walaupun minimalis.

Anda bisa terus scroll kebawah untuk melihat sejumlah contoh curriculum vitae sederhana yang sudah kami siapkan.

Pakai Jenis Font Yang Dapat Dibaca Dengan Mudah

Selanjutnya Anda harus memilih jenis font dengan desain simpel untuk menulis cv Anda. Jenis font yang dipilih harus dapat dibaca dengan mudah oleh perekrut agar kesan yang Anda beri positif.

Anda juga kami sarankan untuk menggunakan ukuran font yang berbeda untuk teks header dan teks biasa untuk menunjukkan perbedaan antara keduanya. Ukuran font ideal untuk header adalah sekitar 14 pt, sedangkan teks biasa cukup 11 pt saja.

Berikut ini sejumlah jenis font yang cocok untuk menulis cv menarik dan simple:

  • Arial
  • Helvetica Neue
  • Times New Roman
  • Calibri
  • Trebuchet MS

Berikut ini adalah beberapa jenis font yang sulit dibaca dan tidak cocok untuk membuat cv simpel:

  • Impact
  • Caveat
  • Lobster
  • Pacifico
  • Satisfy

Pilih Template CV Dengan Desain Simple

Ini mungkin saja faktor terpenting dalam menentukan apakah cv Anda terlihat sederhana. Daftar riwayat hidup Anda perlu ditulis menggunakan template yang simple tanpa elemen visual berlebihan dan juga tanpa desain yang terlalu warna – warni.

Hal tersebut disebabkan template cv yang kreatif dapat mengganggu perekrut saat membaca cv Anda. Desain berlebihan dapat memberikan kesan tidak profesional dan seperti berkata pada perusahaan kalau Anda tidak serius untuk melamar. Hindari desain macam begitu untuk membuat sebuah cv formal.

Pastikan juga Anda telah meletakan masing – masing komponen pada posisi yang tepat sehingga curriculum vitae terlihat elegan.

Gunakan Struktur Cv Yang Pas

Ada 3 macam struktur cv yang bisa digunakan untuk Anda para pencari kerja. Memilih struktur yang tepat sangat krusial bagi memastikan kalau cv simpel Anda tetap efektif dan menarik.

Jenis struktur pertama yang bisa dipilih adalah struktur kronologis. Struktur ini mengurut semua pengalaman kerja dan riwayat pendidikan dengan rapi secara kronologis terbalik, yang berarti yang terbaru akan ditulis lebih dahulu. Karena ini, struktur kronologis sangat cocok bagi Anda para profesional berpengalaman.

Berikutnya ada struktur fungsional, yang populer di kalangan para fresh graduate dan di industri yang mementingkan portfolio. Struktur ini tidak begitu menekankan pengalaman, namun menonjolkan skill, kualifikasi, dan kemampuan secara singkat, padat, dan jelas.

Terakhir ada yang disebut struktur hybrid. Seperti namanya, struktur ini menggabungkan kedua poin struktur sebelumnya. Jadi tata letak ini pas bagi Anda yang tidak yakin ingin memilih struktur apa.

Tuliskan Semua Informasi Sesuai Kebutuhan & Secara Lengkap

Sebuah cv sederhana tidak akan berisi semua informasi Anda secara detail. Untuk memastikan cv tetap minimalistik, Anda hanya perlu menulis data dan informasi lain yang diperlukan oleh HRD.

Beberapa bagian yang sudah pasti Anda perlukan adalah summary cv, riwayat edukasi, pengalaman profesional, dan keterampilan. Pastikan Anda hanya menulis bagian tambahan jika secara spesifik diminta oleh perusahaan.

Ada beberapa informasi yang tidak patut Anda tambahkan, seperti:

  • Informasi diri yang bersifat terlalu pribadi seperti status pernikahan atau agama. Hanya tulis hal – hal seperti itu jika diharuskan.
  • Info kontak yang tidak up to date atau email yang tidak profesional.
  • Hal yang tidak penting untuk melamar lowongan tersebut, seperti pengalaman kerja di industri lain atau skill tidak relevan.

Cek Ulang CV

Sudah selesai membuat CV simple Anda? Sekarang saatnya Anda melakukan pengecekan ulang. Proses ini sangat penting untuk memastikan seluruh bagian cv sudah ditulis dengan tepat dan semua informasi betul. Sejumlah hal – hal yang perlu Anda perhatikan termasuk:

  • Informasi kontak yang sudah tidak digunakan
  • Kesalahan tata ejaan atau tata bahasa
  • Informasi tidak lengkap atau tidak relevan
  • Penempatan komponen yang tidak betul
  • Pemformatan yang kurang optimal
  • Dan lain – lain

Anda bisa menggunakan alat pengecek tata ejaan & bahasa online, kamus besar Bahasa Indonesia, atau meminta orang lain untuk membantu cek curriculum vitae Anda.

Contoh CV Lamaran Kerja Yang Simple: 5 Template CV Pilihan Kami

Berikut ini merupakan sejumlah contoh cv sederhana yang dibuat menggunakan template cv kami yang modern dan profesional. Anda bisa melihat dan download template – template kami dengan mengklik di sini.

Budapest – Paling Populer

contoh cv simple

Chicago – Paling Kami Rekomendasikan

contoh cv simple

Prague – Paling Sederhana

contoh cv simple

Rotterdam – Templat Terbaru

contoh cv simple

Sydney – Paling Cocok Untuk Melampirkan Portfolio

contoh cv simple

Penutup

Begitulah panduan kami mengenai menulis cv menarik dan simple. Seperti yang sudah Anda lihat, cara pembuatannya tidak rumit sama sekali. Anda hanya perlu memastikan semua isi dan penampilan dokumen Anda sudah sesuai dengan arahan kami.

Anda merasa malas untuk menulis Cv sendiri?

Biar kami bantu. Ayo klik di sini untuk mulai membuat cv sederhana Anda menggunakan resume builder inovatif kami.

tulis cv sederhana

template cv sederhana Contoh CV Sederhana
unduh cv sederhana cv tanpa pengalaman tapi sederhana